tiga kendala besar ketika belajar bahasa inggris

3 Kendala Besar Ketika Belajar Bahasa Inggris

Kendala belajar bahasa Inggris bisa terjadi pada siapapun yang sedang mempelajarinya, sekalipun orang yang sangat pintar. Saat seseorang sudah mempunyai strategi efektif dalam belajar bahasa Inggris, maka hal tersebut bisa membuat proses belajar terasa lebih mudah.

Hanya saja, kompetensi berbahasa Inggris bisa diperoleh jika proses belajar adalah dalam bentuk pembiasaan. Sehingga, dibutuhkan kedisiplinan dan juga kesadaran diri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa.

Kendala Pemula dalam Belajar Bahasa Inggris

Tidak sedikit para ahli berpendapat jika belajar bahasa diawali dengan diam, mirip seperti bayi yang baru belajar bahasa Inggris dengan cara mendengarkan, lalu menirukan bunyi. Itulah mengapa, seseorang yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris harus latihan mendengarkan terlebih dahulu.

Dengan cara inilah, maka dapat meningkatkan kosakata, belajar struktur bahasa, dan akhirnya bisa meniru ucapan. Saat latihan, terdapat sejumlah kendala belajar bahasa Inggris yang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, apalagi di Indonesia sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Tips Pintar Bahasa Inggris Secara Otodidak

1. Tidak Percaya Diri

Kamu mungkin akan sering menghadapi ejekan, bully-an yang menyebutkan bahwa belajar Bahasa inggris itu sok bule, sok keren, norak, atau kalimat lainnya yang membuat kamu jadi merasa tidak percaya diri. Sehingga, kamu jadi malas melanjutkan komitmen untuk mengasah kemampuan berbahasa.

Padahal, ketika semua percaya bahwa belajar bahasa Inggris bukanlah hal mudah, seharusnya sikap yang ditunjukkan yaitu memberikan pujian ataupun motivasi. Tujuannya supaya kamu terus mencoba berlatih meningkatkan kemampuan diri. Jangan mendengarkan stigma maupun ejekan bahkan dari teman terdekat. Menurut ilmu psikologi, olokan bisa muncul karena rasa iri atau cemburu.

2. Waktu Belajar Terbatas

Kendala ini bisa menjadi tantangan tersulit bagi kamu yang masih pemula dan duduk di bangku sekolah atau sudah kerja. Di sekolah, kamu bisa menikmati pelajaran Bahasa inggris dengan metode belajar tradisional. Belum banyak sekolah yang mampu menawarkan metode belajar lebih menarik. Apalagi jika kamu sekolah dari pagi sampai sore hari. Pasti kesulitan mencari waktu luang untuk belajar bahasa Inggris.

Solusi yang tepat yaitu dengan ikut kursus atau ikut lembaga yang dapat membantu mengembangkan kemampuan Bahasa sehingga kamu bisa belajar Bahasa inggris tanpa beban. Contoh, kamu dapat memilih bergabung di ICAN English untuk meningkatkan kemampuan Bahasa inggris tanpa harus bingung mencari materi apa, karena sudah disiapkan oleh lembaga tersebut.

3. Metode Belajar Tidak Sesuai

Kalau kamu sudah memilih kelas tambahan tapi tidak merasa adanya perkembangan atau peningkatan dalam Bahasa inggris, mungkin kamu belajar dengan teknik belajar yang tidak sesuai. Salah memilih metode belajar dapat membuat kemampuan untuk mengembangkan diri jadi tidak efektif. Gunakanlah metode belajar paling tepat, baik untuk hal waktu, cara penyampaian, dan kecepatan belajar.

Baca Juga:
Trik Belajar Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Kesalahan Saat Belajar Bahasa Inggris

Selain kendala belajar bahasa Inggris, ada juga kesalahan-kesalahan yang dapat mempengaruhi hasil belajar Bahasa tersebut. Contoh, kalau kamu kurang latihan dalam mendengarkan, maka tidak akan memperkuat kosakata ataupun struktur bahasa dan membantu pembelajar dalam melihat pola bahasa Inggris yang kamu pelajari.

Latihan mendengar dapat dilakukan secara mudah, karena kamu bisa menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris, film, podcast, atau lainnya. Selanjutnya, jika kamu tidak mempunyai antusias tinggi dalam belajar Bahasa inggris, maka membuat kamu hanya belajar di bagian itu-itu saja, sehingga kemampuan tidak akan dapat berkembang.

Terakhir, saat kamu memilih tidak bergeming, malu, dan tidak percaya diri, maka justru akan menghancurkan seluruh kerja keras. Banyak guru bahasa Inggris merasa bingung bahwa mengajar bertahun-tahun tidak serta merta membuat para pelajar tidak mau berbicara.

Baca Juga:
Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

Karena takut salah menggunakan grammar atau mengucapkan kata-kata yang tidak tepat, bisa menghambat kemampuan berbahasa Inggris. Kalau kamu takut salah, bagaimana bisa belajar dari kesalahan?

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi