Berapa Biaya Tes TOEIC? Ini Informasi Lengkapnya!

Berapa Biaya Tes TOEIC? Ini Informasi Lengkapnya!

Berapa biaya tes TOEIC? Informasi seputar biaya tes kemampuan bahasa Inggris TOEIC menjadi salah satu hal yang penting untuk dicari. TOEIC merupakan ujian yang digunakan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang, khususnya dalam konteks profesional atau bisnis.

Sebagaimana diketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting dalam perkembangan dunia modern. Kebutuhan akan penggunaan bahasa Inggris semakin meningkat seiring dengan kemajuan zaman. Saat ini, terdapat berbagai lembaga yang menyediakan kursus bahasa Inggris.

Beberapa lembaga tersebut bahkan menyelenggarakan tes kompetensi bahasa Inggris, seperti tes TOEIC. Hasil dari tes tersebut memiliki dampak positif pada masa depan, terutama bagi mereka yang akan terlibat dalam lingkungan kerja atau situasi yang memerlukan kemahiran bahasa Inggris.

Pahami Jenis-Jenis TOEIC

TOEIC, atau Test of English for International Communication, adalah suatu tes yang telah dirancang untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris seseorang dalam konteks internasional, terutama dalam situasi bisnis.

Tes ini mencakup berbagai aspek keterampilan berbahasa Inggris, termasuk pemahaman mendengarkan, pemahaman membaca, berbicara, dan menulis. Dikembangkan oleh Educational Testing Service (ETS), TOEIC lebih banyak digunakan oleh perusahaan dan organisasi di seluruh dunia sebagai alat evaluasi untuk menilai tingkat kemampuan berbahasa Inggris calon karyawan mereka.

Tes TOEIC terdiri dari empat bagian, dimana melibatkan keterampilan reading, listening, speaking, dan writing. Keempat materi tersebut kemudian dikelompokkan menjadi dua jenis ujian, yaitu TOEIC Listening and Reading Test dan TOEIC Speaking and Writing Test. Nah, berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis TOEIC.

Baca juga:
Ini Score TOEIC Minimal Yang Harus Kamu Capai

TOEIC Listening & Reading

Ada dua jenis tes TOEIC, yang pertama adalah TOEIC Listening & Reading. Jenis tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan pemahaman mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris. Terbagi menjadi dua bagian, yakni listening comprehension dan reading comprehension.

Listening comprehension menguji kemampuan peserta dalam memahami percakapan berbahasa Inggris yang terkait dengan situasi bisnis. Sementara itu, reading comprehension akan menguji kemampuan membaca dan memahami teks berbahasa Inggris yang berkaitan dengan berbagai topik bisnis dan profesional.

TOEIC Speaking & Writing 

Kedua ada TOEIC Speaking & Writing yang dirancang untuk mengukur kemampuan peserta dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Terbagi menjadi dua bagian, yaitu speaking dan writing.

Bagian speaking menguji kemampuan peserta dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Sementara itu, bagian writing menguji kemampuan peserta dalam menulis dalam bahasa Inggris.

Baca juga :
Benefit Kursus TOEIC Online Yang Harus Kamu Tahu

Berapa Biaya Tes TOEIC Secara Umum?

Saat ini, banyak lembaga yang menyediakan fasilitas tes TOEIC dengan harga yang bervariasi. Meskipun setiap lembaga memiliki tarif yang berbeda, namun materi ujian tetap mencakup lingkup yang sama.

Beberapa lembaga mungkin menawarkan dua harga yang berbeda untuk setiap sesi tes TOEIC, sementara yang lain menyediakan paket harga tertentu. Harga tes TOEIC dapat bervariasi, namun perkiraan sekitar 85 Dolar atau sekitar Rp. 1,2 juta, tergantung pada kebijakan lembaga penyelenggara tes TOEIC.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.