Ini Score TOEIC Minimal yang Harus Kamu Capai

Ini Score TOEIC Minimal yang Harus Kamu Capai

Berapa Score TOEIC minimal adalah salah satu pertanyaan populer yang paling sering disampaian pelajar. Tes TOEIC telah menjadi ujian bahasa Inggris yang diakui secara internasional sejak dimulainya pada akhir tahun tujuh puluhan oleh ETS (Educational Testing Service).

Jutaan orang mengikuti tes TOEIC setiap tahun dan banyak di antaranya adalah pelajar yang ingin bekerja di lingkungan berbahasa Inggris. Sertifikat  tes TOEIC membantu membuktikan kompetensi dan kemahiran menggunakan bahasa Inggris di tempat kerja.

Perhitungan Skor TOEIC

Ujian TOEIC terdiri dari tiga tes berbeda, meliputi Tes TOEIC Reading & Listening. Ujian ini adalah tes pilihan ganda dan mengukur kemahiran dalam keterampilan membaca dan mendengarkan bahasa Inggris. Berikut adalah sistem penilaian atau score dalam ujian TOEIC:

Skor TOEIC Listening dan Reading

Untuk Tes TOEIC Listening & Reading, penilaian setiap bagian berisi 100 soal senilai 495 poin. Total skor TOEIC maksimum untuk kedua bagian adalah 990 poin. Skor akhir dikonversi menggunakan metode yang tidak dipublikasikan oleh TOEIC.

Kandidat menerima skor antara 5 dan 495 per bagian. Nilai keseluruhan merupakan total dari 2 skor. Skor terbaik yang mungkin didapat adalah 990, dan skor terburuk yang bisa diperoleh seorang kandidat adalah 10.

Baca Juga : Daftar Tes TOEIC Bandung Murah

Nilai Tes TOEIC Speaking dan Writing

Respons Tes Berbicara dan Menulis TOEIC dicatat secara digital dan dikirim ke jaringan penilaian online ETS. Di sini mereka dinilai oleh penilai ETS yang berkualifikasi.

Tes berbicara mencakup enam jenis tugas yang berbeda. Empat jenis tugas pertama dari pertanyaan 1 hingga 9 diberi skor dari 0 hingga 3 dan dua jenis tugas terakhir dari pertanyaan 10 hingga 11 diberi peringkat pada skala 0 hingga 5. Total peringkat kemudian diubah menjadi skor 0 hingga 200.

Tes menulis mencakup tiga jenis tugas berbeda. Jenis tugas pertama dari pertanyaan 1 hingga 5 diberi peringkat pada skala 0 hingga 3, sedangkan jenis tugas kedua diberi peringkat pada skala 0 hingga 4.

Jenis tugas terakhir pada pertanyaan 8 diberi peringkat dari 0 hingga 5. Total semua peringkat ini juga dikonversi ke skor TOEIC berskala 0 hingga 200.

Baca juga : Kelas Persiapan TOEIC Untuk Kerja Internasional

Sistem Penilaian Skor TOEIC

Kriteria evaluasi skor TOEIC berbeda-beda untuk setiap bagian tes. Pada bagian berbicara pada Tes Berbicara dan Menulis TOEIC, penilai fokus pada pengucapan, intonasi, tekanan, relevansi, kohesi, dan penyelesaian tugas. Pada bagian penulisan, penilai lebih fokus pada kualitas dan variasi tanggapan. Mereka juga melihat apakah pendapat kandidat disusun dengan baik dengan tata bahasa dan kosa kata yang baik dan apakah pendapat tersebut didukung dengan alasan.

Perhitungan Skor Minimal

Tidak ada nilai kelulusan atau kegagalan dalam tes TOEIC. Tes tersebut mengukur berbagai tingkat kemampuan. Karena nilai maksimum yang dapat Anda peroleh dalam tes Menulis adalah 200, nilai antara 170 – 200 (atau tingkat kemahiran 8-9) akan dianggap sangat baik oleh sebagian besar institusi.

Meskipun banyak perusahaan dan institusi mempunyai skor TOEIC atau tingkat kemahiran minimum dalam mempekerjakan staf, tingkat tersebut mungkin sangat berbeda dari persyaratan dasar institusi lain. Untuk mengetahui skor minimum yang kamu perlukan, sebaiknya periksa persyaratan institusi atau tempat kerja yang akan kamu lamar.

Sebagai panduan kasar, jika skor TOEIC secara keseluruhan antara 785 dan 945 maka, kamu memiliki tingkat Bahasa Inggris Menengah Atas.

Baca Juga : Persiapan Sebelum Tes Bahasa Inggris TOEIC

Cara Melewati Score TOEIC Minimal

Untuk memastikan mendapatkan skor setinggi mungkin, penting untuk meneliti tes TOEIC itu sendiri dan melakukan banyak tes latihan. Dianjurkan untuk melakukan semacam kursus persiapan TOEIC untuk memastikan kamu memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

Beberapa siswa memutuskan untuk mengikuti kelas persiapan TOEIC untuk memastikan agar memenuhi nilai minimum yang disyaratkan. Yang lain memilih untuk bekerja dengan guru privat atau melakukan banyak belajar mandiri menggunakan sumber daya seperti buku atau latihan online.

Apa pun keputusan kamu, mungkin benar bahwa semakin banyak mempersiapkan dan berlatih untuk tes TOEIC, kemungkinan besar skor akan semakin tinggi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.