Tips Belajar dari Berita dalam Bahasa Inggris

Tips Belajar dari Berita dalam Bahasa Inggris

Jika kamu belajar bahasa Inggris, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan materi pembelajaran. Misalnya, kamu dapat memanfaatkan film dalam bahasa Inggris untuk mempelajari berbagai macam aksen.

Sumber belajar lainnya adalah musik yang membantu untuk mempelajari kata dan latihan pronunciation dengan cara bernyanyi. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan berita dalam bahasa Inggris untuk latihan membaca.

Alasan Belajar Dari Berita Bahasa Inggris

Ada beberapa alasan mengapa membaca berita dalam bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan efektif. Berikut adalah beberapa manfaat ketika kamu mulai rajin membaca berita:

Belajar sambil mengikuti isu terbaru

Adalah salah satu cara untuk membaca sesuatu yang menarik sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Memang, kamu bisa membaca berbagai macam frasa kata bahasa Inggris dari buku maupun sumber belajar tertulis lainnya. Akan tetapi cara ini terkadang terasa membosankan.

Berbeda jika kamu membaca berita yang menyuguhkan berbagai macam isu terhangat di dunia, sehingga kamu bisa belajar sambil mengikuti perkembangan di bidang apapun di dunia.

Baca juga:
Film Bahasa Inggris Untuk Pemula

Bisa untuk latihan speaking

Berita juga menjadi salah satu cara untuk mencari topik berdiskusi, dan bahkan dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk latihan speaking. Topik berita yang tepat bisa menjadi pilihan terbaik bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Inggris dengan partner ataupun komunitas.

Jika kamu tinggal di negara yang berbahasa Inggris, atau bekerja bersama orang-orang yang berbahasa Inggris, topik berita adalah salah satu cara untuk memulai percakapan yang menarik.

Berguna saat wawancara kerja

Mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia sangatlah penting. Kamu jadi lebih waspada terhadap berita-berita yang memberikan dampak pada negeri dimana kamu tinggal atau belajar. Kamu juga bisa berdiskusi dengan teman untuk mempelajari budaya yang berbeda.

Bahkan mengetahui isu-isu terkini di dunia sangat membantu ketika kamu harus menghadapi wawancara kerja dalam bahasa Inggris. Keterampilan berdiskusi tentang topik-topik berita terbaru dalam bahasa Inggris akan membuat kamu tampak mengesankan saat menghadapi wawancara kerja.

Belajar hal baru

Semuanya yang sudah ahli dalam pembelajaran bahasa Inggris menyepakati bahwa penggunaan berita merupakan media belajar yang menarik, karena menyuguhkan istilah dan frasa yang nyata.

Berita merupakan cara terbaik untuk mendengarkan bagaimana nanti speaker berbicara. Bahkan kamu juga dapat belajar keterampilan bahasa yang penting yang mungkin tidak kamu temukan dalam metode belajar tradisional.

Baca juga:
Cara Melatih Pronunciation Paling Efektif

Tips Belajar Menggunakan Berita dalam Bahasa Inggris

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja alasan mengapa kamu harus belajar menggunakan berita dalam bahasa Inggris. Selanjutnya kamu harus memperhatikan apa saja tips ketika menggunakan berita bahasa Inggris untuk materi belajar.

Belajar menggunakan berita bukanlah teknik yang mudah dilakukan oleh semua pembelajar, termasuk pemula. Banyak website berita yang memiliki artikel panjang. Dengan penjelasan hingga 1000 kata. Sumber belajar ini menjadi materi yang sulit, bahkan ketika sudah dikemas dalam bentuk video karena presenter berita yang berbicara cukup cepat.

Jika ingin menggunakan berita sebagai sumber belajar, maka kamu dapat memulainya dengan membaca sebanyak mungkin artikel berita. Selanjutnya luangkan waktu untuk memahami apa informasi dari setiap berita yang kamu baca. Buat daftar kata yang tidak kamu pahami, kemudian cari makna sesuai konteks dan pelajari setiap kosakata tersebut.

Kamu juga bisa mengajak teman untuk berdiskusi tentang apa maksud dari artikel berita yang kamu baca. Kamu bisa mengirimkan berita tersebut secara online atau berkomunikasi dengan teman terkait berita tersebut menggunakan video call, hingga menggunakan materi berita tersebut sebagai bahan diskusi dalam sebuah forum debat.

Pilih subjek atau topik berita yang menurut kamu menarik dan sangat penting untuk didiskusikan. Hal ini akan membuat proses belajar terasa lebih mengesankan, karena kamu memilih topik yang benar-benar menarik untuk dipelajari.

Jika kamu ingin belajar memahami konteks berita atau sumber lainnya, ICAN English adalah pilihan tepat untuk mempelajarinya. Sebagai tempat kursus bahasa Inggris, kami memberikan ruang belajar yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan setiap siswa, baik secara personal maupun profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.