Cara belajar aksen bahasa Inggris

Cara Belajar Aksen Bahasa Inggris

Jun 14, 2022 | Bahasa Inggris

Cara belajar aksen inggris bisa ditingkatkan dengan cara rajin-rajin mendengar native speaker berbicara. Aksen merupakan logat atau gaya pengucapan seseorang ketika sedang berbicara. Aksen tersebut juga berhubungan dengan penekanan tiap kata yang diucapkan. Dalam Bahasa Inggris, terdapat dua aksen yaitu British dan Amerika

Menurut sejarah, awal mula munculnya aksen Bahasa inggris yaitu pada abad ke-18. Pengucapan Bahasa inggris masih sama, tidak ada perbedaan antara aksen orang British dan Amerika. Keduanya menggunakan gaya rhotic ketika berbicara. Gaya Rhotic artinya huruf F pada konsonan seperti kata cart, heart, atau hard diucapkan.

Saat revoluasi Amerika, muncul native speaker non-rhotic dari bangsawan British. Tujuannya untuk menciptakan perbedaan kelas antara orang kaya dan rakyat jelata. Selanjutnya, aksen lainnya terus bermunculan termasuk Bahasa inggris menggunakan aksen nada sengau atau aksen Afrika-Amerika.

Baca Juga: SERUNYA LES BAHASA INGGRIS DENGAN NATIVE SPEAKER

Rahasia Memperbaiki Aksen Inggris Mirip Native Speaker

Sangat mungkin bagi para pelajar di Indonesia bisa mempunyai aksen mirip native speaker. Kuncinya terletak pada kesabaran dan tekun belajar. Berikut adalah beberapa cara belajar aksen inggris yang bisa kamu gunakan untuk latihan.

1. Rekam Suara

Merekam suara native speaker ketika berbicara pada tempo normal dan transkripkan aalah salah satu cara belajar yang efektif. Jika sudah selesai, putar ulang dan dengarkan kalimat pertama, lalu tirukan. Pada tahap tersebut, kamu bisa melihat hasil transkrip untuk acuannya. Perhatikan dengan seksama bagaimana native speaker dapat berbicara dengan tepat, mulai dari intonasi, pelafalan, termasuk untuk kalimat berikutnya.

2. Podcast atau Video

Cara belajar aksen inggris berikutnya adalah banyak mendengarkan video atau podcast. Dengarkan intonasi, nada, dan tirukan. Gunakan video yang sama secara rutin untuk latihan berulang-ulang sampai kamu benar-benar dapat menirukan aksennya. Dimanapun terdapat kesempatan, lakukan hal ini sesering mungkin.

Contoh, ketika sedang naik bis, kereta, atau sebagainya saat perjalanan ke suatu tempat. Kamu tidak hanya menghabiskan waktu untuk perjalanan, tapi juga untuk belajar.

3. Cari Model

Mempunyai sosok panutan adalah salah satu cara efektif agar kamu bisa belajar aksen. Cobalah meniru bagaimana cara orang tersebut berbicara, ataupun mengucapkan kata per kata.

Ikuti program film ataupun wawancara yang dilakukan oleh idola kamu. Selanjutnya, perhatikan dan dengarkan bagaimana ia mengucapkan, dialek, intonasi, serta sejenisnya. Amati juga bagaimana gerakan mulutnya saat berbicara. Saat kamu mulai latihan, bayangkan bahwa kamu adalah orang lain yaitu model yang kamu sukai.

Lanjutkan dengan meniru caranya berbicara, ciri khasnya. Memang terdengar agak aneh, tapi cara ini wajib dicoba untuk bisa meniru aksen ala native speaker.

4. Ucapkan Lantang

Bacalah tulisan Bahasa inggris secara lantang setiap hari, yaitu 15 sampai 20 menit. Menurut penelitian, kamu perlu praktik tiga bulan agar bisa mengembangkan otot mulut kuat ketika belajar berbicara Bahasa inggris.

5. Struktur Lidah

Untuk non-native speakers, terkadang terdapat kesulitan ketika ingin mengucapkan L, R, dan TH. Saat mengucapkan L, pastikan lidah menyentuh bagian belakang gigi serta langit-langit gusi. Cobalah dengan mengucapkan kata “light” berulang-ulang. Sedangkan pada pengucapan R, ucapkan seperti bunyi “ar” dengan letak lidah di tengah mulut, tidak menyentuh bagian atas mulut, lalu ucapkan “right” berulang kali.

Pada pengucapan TH, lidah keluar sedikit, terdorong di antara bagian gigi atas dan juga gigi bawah. Cobalah latihan dengan ucapkan “think” berulang kali.

Baca Juga: KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI PEMULA UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS

Apakah Aksen Inggris Sempurna Itu Penting?

Saat ini, kamu mungkin sedang berjuang mencari cara belajar aksen inggris, apakah ini hal penting? Kemampuan Bahasa inggris mahir disertai aksen yang fasih merupakan sebuah pencapaian besar. Tidak banyak orang Asia berbicara menggunakan aksen Inggris ataupun Amerika dengan fasih.

Penting atau tidak pentingnya aksen tergantung tujuannya. Kalau kamu ingin membuat banyak orang terkesan, maka aksen adalah hal penting. Akan tetapi, jika tujuan kamu belajar Bahasa Inggris adalah untuk berkomunikasi dengan lancar, maka aksen adalah urusan yang kesekian.

Kamu bisa meningkatkan aksen Bahasa inggris sesuai kebutuhan bersama ICAN English. Ada banyak kegiatan dan latihan intensif yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan aksen yang mirip native speaker.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH