Kesalahan dalam belajar bahasa Inggris

Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris

Jan 13, 2022 | Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa, banyak orang yang merasa malu untuk mempraktikannya di kehidupan sehari-hari. Padahal, bahasa tentu bisa dikuasai ketika kamu sudah terbiasa menggunakannya setiap hari. Kesalahan dalam belajar bahasa Inggris seringkali juga dilakukan oleh banyak orang.

Kemampuan berbahasa Inggris adalah sesuatu yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan. Rutinitas menggunakan bahasa Inggris akan membuat kamu semakin lancar dan mampu menggunakannya dalam keseharian.

Baca Juga: KEUNTUNGAN MENGIKUTI BIMBINGAN BAHASA INGGRIS

Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Harus Dihindari

Banyak orang melakukan kesalahan dalam belajar bahasa Inggris karena beberapa faktor. Alasan paling utama mengapa banyak orang melakukan kesalahan adalah karena malu mempraktikannya di kehidupan sehari-hari.

Belum lagi, banyak orang yang enggan bergabung dalam kursus bahasa Inggris dan memilih belajar secara otodidak. Meski tak ada yang salah dengan belajar secara otodidak. Namun, kemungkinan besar, tidak ada orang yang akan mengoreksi kesalahan kamu.

Nah, agar proses belajar berjalan maksimal, berikut beberapa kesalahan dalam belajar bahasa Inggris yang perlu kamu hindari.

1. Malu untuk Bicara

Semua yang telah kamu pelajari tidak akan berguna jika kamu tidak mencoba berbicara dalam bahasa Inggris. Rasa malu bisa jadi penghambar dalam proses belajar, loh. Jadi, buanglah rasa malu tersebut dan asah keberanian kamu untuk berbicara.

Tidak perlu takut salah, jikapun salah semua orang akan paham bahwa kamu masih dalam proses belajar. Bahkan, mereka yang sudah ahli juga sering melakukan kesalahan. Tugas kamu adalah memperbaikinya agar kemampuan kamu meningkat.

2. Kurang Mendengar Bahasa Inggris

Untuk bisa terbiasa dengan struktur kalimat bahasa Inggris, kamu perlu mendengarkan kalimat, obrolan atau juga berita dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan lebih terbiasa dengan kalimat bahasa Inggris.

Dengan latihan mendengar, kamu dapat memperkuat kosakata dan struktur bahasa, serta dapat membantu kamu melihat pola bahasa asing yang sedang kamu pelajari. Latihan mendengar ini bisa kamu lakukan dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris.

3. Terlalu Fokus pada Grammar

Grammar memang penting, namun jangan terlalu terpaku pada materi ini. Terlalu fokus pada grammar akan menghambat proses belajar. Kamu juga bisa saja kurang percaya diri dalam bahasa Inggris. Selagi lawan bicara kamu memahami apa yang kamu sampaikan, maka sudah sangat cukup. Kamu tak perlu memikirkan apakah grammar yang kamu gunakan benar atau tidak.

Bahkan, penutur asli bahasa Inggris juga kerap melakukan kesalahan pada grammar yang digunakan. Jangan terlalu pusing dengan aturan grammar, biarkan saja pembicaraan yang kamu lakukan mengalir dengan sendirinya.

4. Kurang Mempedulikan Pronounciation 

Kesalahan selanjutnya yang membuat para pemula tidak mampu menguasai bahasa Inggris dengan cepat adalah kurang mempedulikan pronunciation. Sangat penting untuk memperhatikan berbagai macam aspek dalam belajar bahasa Inggris. Pelafalan tidak hanya berpengaruh pada kamu ketika berbicara tetapi juga bisa menangkap berbagai macam kosakata yang diucapkan dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris ada banyak kata yang pengucapannya hampir sama nih. Akibatnya, kalimat yang didengar juga memiliki makna berbeda ya. Sekalipun sulit untuk membiasakan telinga dan mulut, Tetapi terus pelajari pronunciation agar nantinya tidak terbebani.

5. Enggan Membuka Kamus

Kesalahan selanjutnya para pemula ini enggan membuka kamus. Ketika kamu berniat untuk belajar bahasa Inggris, pasti akan membeli kamus. Kamus yang sudah dibeli sebaiknya dimanfaatkan dengan baik ya. Mempelajari kosakata dalam bahasa Inggris sangat penting dan kamus bisa membantu kamu untuk mencari arti dari kosakata tersebut.

Dengan memahami kosakata di dalam kamus bisa membantu kamu melancarkan keterampilan berbahasa Inggris loh. Dengan gunakan kamus kamus mengetahui arti kata, tetapi bisa belajar cara pengucapannya. Salah satu pentingnya kamus dalam proses belajar bahasa Inggris nih. 

Apabila ingin menguasai bahasa Inggris tetapi terlalu malas untuk membuka kamus, kamu bisa dipastikan tidak akan berhasil. Jadi, cobalah untuk membuat kegiatan dengan menghafalkan dan mempelajari kosakata yang ada di kamus ya.

Baca Juga: CARA BELAJAR TOEFL DAN IELTS

Pilih Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Ketika bergabung dalam kursus bahasa Inggris, kamu akan memiliki tutor atau mentor yang akan menilai perkembangan belajar kamu. Semua peningkatan yang kamu lakukan akan dinilai dan progress belajar juga akan menjadi lebih baik, karena ada yang membantu ketika kamu mengalami kesulitan.

Kursus bahasa Inggris juga menyediakan tutor terbaik, sehingga kamu akan belajar dari para ahli. Mereka dapat menjawab ketidaktahuan kamu dalam suatu materi.

Kursus yang menghadirkan penutur asli juga umumnya tidak hanya fokus pada bahasa Inggris itu sendiri, namun juga pada konteks budaya, waktu yang tepat untuk menggunakan bahasa tersebut dan variasi bahasa yang mungkin bisa kamu gunakan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH