cara belajar bahasa inggris dari nol untuk toefl

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol untuk TOEFL

Apr 19, 2022 | Other

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu tes yang diperuntukkan sebagai salah satu persyaratan dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Test ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mengetahui cara belajar bahasa Inggris dari nol untuk TOEFL bagi kamu yang hendak mendaftar.

Format soal yang terdapat dalam TOEFL terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama yakni sesi listening berbentuk audio yang berupa percakapan atau ceramah yang diucapkan oleh native speaker. Kemudian, sesi struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Terlahir yaitu, sesi reading yang berbentuk narasi atau cerita dan sesi writing.

Baca Juga: BENEFIT KURSUS TOEFL PREPARATION DI INDONESIA

Beberapa Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Nol Untuk Toefl

Mengingat tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mempersiapkannya secara matang sebelum mengikuti tes. Berikut merupakan beberapa cara belajar bahasa Inggris dari nol untuk TOEFL yang bisa kamu ikuti sebelum melakukan tes TOEFL.

1. Belajar Kosakata

Cara pertama belajar bahasa Inggris dari nol untuk persiapan TOEFL yakni, kamu harus belajar banyak kosakata atau vocabulary terlebih dahulu. Belajar kosakata merupakan hal yang paling mendasar ketika hendak mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Selain itu, keseluruhan soal yang terdapat dalam TOEFL merupakan bahasa Inggris.

2. Memahami kelas kata

Cara belajar bahasa Inggris dari nol untuk TOEFL berikutnya yakni, kamu juga harus mempelajari materi tentang kelas kata dalam bahasa Inggris atau structure. Soal structure atau pembentukan kalimat dalam bahasa Inggris merupakan salah satu bagian yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan dengan bagian soal lain.

3. Belajar reading, writing, dan listening

Dalam TOEFL akan terdapat bentuk soal reading, writing, dan listening. Untuk mempersiapkan hal tersebut, kamu perlu melakukan latihan secara rutin sebelumnya. Agar bisa menaklukkan soal bentuk reading, writing,  dan listening kamu perlu paham betul arti dari soal yang tertulis dalam TOEFL.

4. Mengikuti Kursus Pelatihan Khusus

Cara terakhir dan cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris untuk persiapan TOEFL yaitu, kamu bisa mengikuti kursus pelatihan TOEFL. Dalam kursus ini kamu akan belajar secara mendalam tentang seluk beluk TOEFL. Selain itu kamu akan didampingi langsung oleh tenaga ahli yang akan membantu dalam membimbing proses pembelajaran kamu.

Tips Belajar Menyenangkan Untuk TOEFL

Selain harus mengetahui tata cara belajar bahasa Inggris dari nol untuk persiapan TOEFL, kamu juga perlu tahu tentang cara-cara belajar yang menyenangkan. Hal tersebut cukup penting agar proses belajar tidak terasa membosankan dan materi yang dipelajari akan lebih mudah dipahami. Berikut merupakan berbagai cara belajar menyenangkan yang bisa diikuti.

Baca Juga: ALASAN MENGIKUTI KURSUS PERSIAPAN TOEFL

1. Luangkan Setidaknya Waktu 2 Jam Setiap Hari

Untuk mempelajari Bahasa Inggris tidak bisa digapai dalam waktu yang singkat dan butuh proses yang cukup. Untuk menanggulangi hal tersebut kamu perlu belajar rutin setiap harinya. Namun, untuk belajar secara terus menerus sepanjang hari agaknya cukup sulit untuk dilakukan.

Sehingga, salah satu cara yang cukup efektif yang bisa dilakukan yakni dengan menyisihkan setidaknya waktu selama 2 jam setiap harinya untuk belajar Bahasa Inggris. Kamu bisa mengatur jadwal selama satu Minggu. Misalnya, kamu harus belajar 2 hari untuk listening, 2 hari untuk reading, 2 hari untuk belajar writing, dan 1 hari belajar structure.

2. Belajar Dengan Menggunakan Media Menyenangkan

Setelah selesai membuat jadwal, berikutnya kamu harus menentukan juga metode belajar yang menyenangkan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yakni, dengan belajar menggunakan media film berbahasa Inggris untuk belajar listening. Kemudian, buku cerita bahasa Inggris untuk belajar writing, reading, dan structure.

Baca Juga: ALASAN MENGIKUTI KURSUS PERSIAPAN TOEFL

Cara belajar bahasa Inggris dari nol untuk TOEFL perlu dilakukan secara rutin setiap harinya. Adapun, agar proses belajar dapat lebih terarah kamu bisa mengikuti kursus khusus pelatihan TOEFL. Selain itu, kamu juga harus belajar secara mandiri di rumah agar dapat lebih paham mengenai materi-materi dalam bahasa Inggris tersebut.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Buku Tenses Lengkap, Cocok Buat Belajar!

3 Buku Tenses Lengkap, Cocok Buat Belajar!

Mempelajari bahasa inggris grammar bisa juga lewat buku tenses lengkap. Lewat bantuan buku tersebut kamu akan diberikan penjelasan mengenai berbagai macam tenses serta latihan soalnya. Belajar lewat buku cenderung mudah dilakukan secara mandiri, kapan saja dan dimana...

Duolingo English Test, Seperti Apa?

Duolingo English Test, Seperti Apa?

Jenis tes untuk proficiency semakin banyak disediakan. Tes yang paling umum adalah TOEFL dan IELTS. Selain kedua jenis tes tersebut, sekarang sudah ada DET atau Duolingo English Test. Istilah Duolingo mungkin sudah banyak diketahui. Terutama bagi orang-orang yang...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH