Cara belajar present tense

Cara Mudah Belajar Present Tense

Jun 14, 2022 | Bahasa Inggris

Ada beberapa cara belajar present tense yang bisa kamu terapkan agar lebih mudah memahami materi tersebut. Simple present tense yaitu tenses yang kamu butuhkan ketika ingin mengungkapkan hal umum, sesuatu yang terus berulang-ulang terjadi, atau sebuah fakta umum. Jadi, present tense merupakan bentuk kalimat yang paling sering digunakan dalam Bahasa inggris sehari-hari.

Terdapat beberapa tanda yang bisa kamu kenali dalam kalimat present tense. Pertama, kalimat tersebut memiliki kata kerja verb 1 atau bentuk dasar. Pola kalimatnya dibagi dalam dua jenis, yaitu verbal dan nominal simple present tense. Semua pembahasan lengkap dari ICAN English, lembaga kursus Bahasa inggris ini akan membuat kamu lebih mudah belajar simple present tense.

Baca Juga: CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS DARI NOL

Tips Belajar Bahasa Inggris Present Tense

Sebagai cara belajar present tense paling mudah bisa dipelajari dengan mencari tahu apa saja ciri-ciri ataupun fungsi present tense sebagaimana berikut:

1. Ciri-Ciri

Kalimat simple present tense mempunyai ciri-ciri yang memudahkan kamu untuk identifikasi kalimat. Kata kerja yang digunakan selalu menggunakan bare infinitive. Kata kerja orang ketiga selalu mempunyai akhiran -s, -es, dan -ies.

Selain itu, simple present tense pada bentuk kalimat verbal dengan kalimat tanya, maka terdapat penggunaan do/does, tambahkan subject. Sedangkan untuk kalimat nonverbal mempunyai awalan to be yaitu am, is, are.

Ciri-ciri terakhir dalam simple present tense yaitu bentuk kalimat negative mempunyai kata do not, does not, don’t, atau doesn’t, sehingga tidak ada lagi imbuhan s/es/ies dalam konteks ini.

2. Fungsi

Cara belajar present tense berikutnya adalah memperhatikan apa fungsinya. Kamu bisa menggunakan present tense untuk mengungkapkan perasaan ata ekspresi. Present tense juga sangat penting untuk menyatakan instruksi atau perintah.

Gunakan juga simple present tense untuk menyampaikan suatu acara yang akan dilakukan dalam waktu dekat, menyampaikan kebenaran, dan menunjukkan kegiatan yang kamu lakukan dalam keseharian atau rutinitas.

Baca Juga: CARA BELAJAR GRAMMAR DENGAN MUDAH

Rumus dan Penggunaan Simple Present Tense

Terdapat dua jenis simple present tense yaitu verbal dan nominal simple present. Berikut adalah rumus kalimat verbal simple present tense:

(+) Subject + Verb 1 (s/es) + Object
(-) Subject + Do/Does not +Verb 1+ Object

(?) Do/Does + Subject + V1?

Akhiran s/es untuk verb hanya berlaku pada subject She, he, dan It. Tambahan s/es hanya berlaku pada kata kerja yang mempunyai akhiran Y dan huruf sebelum Y merupakan huruf vokal, contoh:

  • Say menjadi says
  • Pay menjadi pays
  • Buy menjadi buys

Gunakan tambahan -ies pada verb jika menggunakan kata kerja akhiran Y dan sebelum huruf Y terdapat konsonan, lalu hilangkan huruf Y, contoh:

  • Carry menjadi carries
  • Try menjadi tries

Gunakan tambahan -es pada verb jika menggunakan kata kerja dengan akhiran O, CH, X, SH, dan Z, contoh:

  • Watch menjadi Watches
  • Wash menjadi Washes
  • Fix menjadi Fixes

Berikut adalah beberapa contoh kalimat verbal simple present tense:

  • Joanna does not work in an office.
  • Sam and John don’t come.
  • We do not come to the party.

Nominal simple present menggunakan rumus berikut:

(+) Subject + To be (am/is/are) + Object
(-) Subject + To be (am/is/are) + Not + Verb 1+ Object

(?) To be (am/is/are) + Subject + V1?

Gunakan am jika subjeknya I, dan is jika subjeknya He, She, dan It, serta are untuk subjek You, We, They, sebagaimana contoh kalimat berikut:

  • Joanna and Sam are not from Indonesia.
  • She is not the victim.
  • They are our new neighbour.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara belajar present tense mulai dari ciri-ciri, fungsi hingga rumus dan contoh kalimatnya. Dengan penjelasan ini, kamu bisa mencoba membuat kalimat verbal dan nominal simple present tense untuk latihan di rumah.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH