cara mudah memahami simple present tense

Cara Mudah Memahami Simple Present Tense

Cara mudah memahami simple present tense mungkin merupakan hal yang cukup dicari oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan, bahasa inggris masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit dan asing. Sehingga, untuk memahaminya juga membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sebentar.

Salah satu materi bahasa inggris yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi yaitu, grammar atau tatanan penyusunan kalimat dalam bahasa inggris. Salah satu bentuk grammar yang akan kamu temui ketika belajar bahasa inggris yakni, simple present tense. Lantas bagaimanakah cara mudah untuk bisa memahami bentuk grammar simple present tense?

5 Cara Mudah Memahami Simple Present Tense

Simple present tense merupakan bentuk grammar paling sederhana dalam bahasa inggris. Selain berguna untuk kepentingan akademik tenses ini juga cukup sering digunakan ketika kamu berkomunikasi sehari-hari dalam bahasa inggris. Lantas, bagaimanakah cara mudah memahami simple present tense? Berikut informasinya untuk kamu.

1. Paham Pengertiannya

Rasanya kan kurang pas ketika kamu mempelajari suatu tenses, tetapi tidak tahu apa pengertian, rumus, serta kegunaanya. Layaknya namanya, simple present tense merupakan bentuk tenses yang sederhana dan menunjukan waktu sekarang (present). Sehingga, dapat diketahui bahwa pola kalimat yang dimiliki oleh tenses ini cenderung lebih sederhana.

Simple present sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu, verbal simple present dan nominal simple present. Kedua jenis tersebut memiliki rumus pembentuk yang juga berbeda. Untuk jenis verbal simple present rumusnya yaitu subjek + verb 1 + objek. Sedangkan, untuk nominal simple present rumusnya yaitu; subjek + to be (are/am/is) + object + adverb (kata keterangan).

Baca Juga:
Ketahui Perbedaan So dan Very dalam Kalimat Bahasa Inggris

2. Paham Kegunaannya

Setelah mengetahui pengertiannya, cara mudah memahami simple present tense berikutnya yaitu kamu juga harus tahu kegunaan dari bentuk tenses tersebut. Adapun, kegunaan dari simple present tense yaitu sebagai kalimat yang menyatakan suatu kebiasaan, kegiatan yang dilakukan berulang, menyatakan suatu perintah, mengungkapkan kepemilikan, serta kebenaran umum.

Sehingga, ketika kamu ingin mengungkapkan berbagai hal tersebut dalam bahasa inggris, maka bentuk tenses yang bisa dipilih adalah simple present tense. Jadi bentuk tenses ini bukan hanya sekadar untuk menunjukan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa sekarang. Namun, bisa juga untuk menunjukan berbagai hal yang lainnya.

3. Paham Subjek yang Digunakan

Dalam pembentukan kalimat bahasa inggris, pasti akan selalu membutuhkan subjek sebagai orang atau pelaku yang memberikan aksi kepada objek. Subjek sendiri terdapat beberapa jenis, yang pertama yaitu subjek orang pertama seperti I (saya), kemudian subjek orang kedua yaitu you (kamu), dan subjek orang ketiga (kata ganti) seperti she, he, it yang berarti dia.

Ketika hendak membuat kalimat bahasa inggris menggunakan simple present tense, kamu harus tahu bahwa penggunaan verb untuk tiap subjek mungkin akan mengalami perbedaan. Pertama, untuk subjek orang pertama dan kedua verb yang digunakan tidak akan mengalami perubahan. Sedangkan, untuk subjek orang ketiga di akhir kata verb ditambahkan s atau es.

Baca Juga:
Keterangan Waktu Dalam Simple Present Tense

4. Mengenali Verb 1

Tidak hanya sekedar memahami subjek, cara mudah memahami simple present tense berikutnya yaitu kamu juga harus paham terkait verb 1. Untuk lebih memudahkannya, verb dibagi menjadi dua jenis yakni, perb original atau asli dan verb yang menggunakan akhiran es atau s, seperti yang telah dijelaskan di point sebelumnya.

Penambahan es dalam verb digunakan ketika subjek merupakan kata ganti orang ketiga, dan akhiran dari verb tersebut merupakan huruf vokal. Misalnya, untuk verb go maka jadi goes dan sebagainya. Kemudian, untuk verb dengan akhiran s digunakan jika subjek merupakan kata ganti orang ketiga dengan huruf akhiran verb berupa konsonan, contoh; eat jadi eats.

5. Mengenali To Be + Complement

Perlu diketahui, bahwa tidak semua kalimat simple present tense menggunakan verb. Terdapat bentuk simple present yang menggunakan to be + complement atau disebut juga sebagai bentuk verbalnya. Pada bentuk ini, posisi verb digantikan oleh to be yang berupa; am (untuk subjek I), are (untuk subjek you, we, they), dan is (untuk subjek she, he, it).

Lebih jauh, mengenai konsep penggunaan to be, untuk subjek yang tunggal menggunakan to be is. Kemudian, untuk subjek jamak atau banyak menggunakan to be are. Sedangkan, untuk to be am tidak bisa digunakan untuk subjek lain selain I.

Baca Juga:
Mengenal Seputar Pelajaran Grammar

Penutup

Itulah beberapa cara mudah memahami simple present tense yang bisa kamu ikuti ketika sedang belajar bahasa inggris. Dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English, kamu bisa belajar berbagai materi awal dan lengkap seputar bahasa Inggris. Ini akan memudahkan kamu dalam belajar ke materi yang lebih rumit.

Kunci utama agar kamu bisa paham dengan betul, jangan lupa untuk sering mempraktekannya dengan cara rutin latihan membuat kalimat menggunakan simple present tense atau berkomunikasi dengan temanmu menggunakan bahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi