cara belajar simple past tense

Cara Belajar Simple Past Tense

Apa yang harus kamu ingat ketika sedang mencari cara belajar simple past tense adalah gunakan kalimat tersebut untuk mengungkapkan kejadian di masa lampau, dan benar-benar sudah berakhir. Simple past tense juga berbeda dengan past continuous tense yang menyebutkan kejadian di masa lampau tapi masih terasa efeknya sampai sekarang.

Tenses ini adalah satu yang wajib kamu pelajari. Tense tersebut juga selalu digunakan dalam percakapan.

Pembahasan Simple Past

Agar kamu dapat mempelajari materi simple past lebih mudah, berikut adalah penjelasan yang bisa kamu simak. ICAN English membuat proses belajar tenses lebih mudah, karena menawarkan tempat kursus bahasa Inggris secara online untuk semua kebutuhan belajar.

Rumus Simple Past

Rumus yang digunakan dalam simple past tense yaitu: Subject + Verb 2 + Object.

Pada kalimat simple past tense, terdapat kata kerja bentuk kedua. Ada juga dua jenis kata kerja yang harus kamu pelajari yaitu regular verb dan juga irregular verb.

Pada regular verb, kamu bisa menambahkan -ed/-d di belakang sesudah kata kerja bentuk pertama, sebagaimana contoh berikut:

  • Stay – stayed
  • Punch – punched
  • Touch – touched

Sementara dalam irregular verb, termasuk to be, kata kerja kedua berbeda, yaitu berikut:

  • Awake – awoke
  • Run – ran
  • Eat – ate

Terdapat pula irregular verb yang mempunyai bentuk kata kerja sama seperti bentuk kata kerja dasar, sebagaimana berikut:

  • Put – put
  • Spread – spread
  • Split – split
  • Set – set

Baca Juga:
Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Contoh Kalimat

Selanjutnya, cara belajar simple past tense adalah dengan memperhatikan contoh terlebih dahulu. Sama seperti kalimat lainnya, dalam simple past tense terdapat kalimat positif, kalimat negative, dan kalimat tanya, berikut adalah contohnya:

KalimatContoh KalimatTerjemahan
Kalimat positifJoanna went to Purworkerto for holiday last night.Joanna sudah pergi ke Purwokerto untuk liburan tadi malam.
Kalimat PositifAnna joined our English group yesterday.Anna sudah bergabung dengan grup Bahasa Inggris kita kemarin.
Kalimat negativeBen did not buy laptop last Sunday.Ben tidak beli laptop Senin lalu.
Kalimat negative.They did not watch “The Raid” at the cinema yesterday.Mereka tidak menonton “The Raid” di bioskop kemarin.
Kalimat tanyaDid they watch the movie at the cinema yesterday?Apakah mereka menonton film di bioskop kemarin? 
Kalimat tanyaWas Susilo Bambang Yudhoyono the president of Indonesia?Apakah Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya adalah presiden Indonesia?

Sebagaimana yang kamu pelajari dari contoh di atas, untuk membuat semua kalimat tersebut, dibutuhkan rumus berikut:

Kalimat positif = Subject + Verb 2 + O  atau Subject + Was/Were.

Kalimat negative = Subject + Did not + Verb 1 atau Subject + Was/Were + not.

Kalimat tanya = Did + Subject + Verb 1 atau Was/Were + Subject.

Agar proses belajar kamu menjadi lebih mudah, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman agar proses belajar kamu menjadi lebih mudah dan efektif.

Baca Juga:
Materi Tentang Simple Past Tense

Tips Belajar Simple Past Tense

Agar kamu bisa memahami bagaimana cara belajar simple past tense, maka kamu harus paham terkait logika waktu saat menggunakan tense tersebut. Simple past tense hampir mirip dengan simple present tense. Hanya perbedaannya adalah faktor logika waktu.

Gunakan simple past tense ketika kejadian atau fakta yang ingin disampaikan sudah terjadi di masa lalu. Sedangkan simple present tense adalah kata kerja yang digunakan saat ini. Untuk itu, kamu harus menghafal verb kedua yang digunakan dalam simple past tense. Mengenali verb sangat penting dalam penguasaan tata bahasa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi