cara menghafal tenses dengan mudah

Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Semua orang ingin mempelajari tenses dengan cepat tanpa repot, namun bisakah hal ini terjadi? Ada beberapa cara menghafal tenses dengan mudah yang bisa kamu lakukan. Sebelumnya, kamu harus mengetahui tenses apa saja yang ada di dalam bahasa Inggris, dan membedakan semua tenses tersebut sebelum bisa menggunakannya.

Belajar tenses akan lebih mudah jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris dengan tutor professional. ICAN English menawarkan kelas bahasa Inggris intensif dengan tutor berpengalaman yang bisa membantu kamu memahami dan mempelajari berbagai materi, termasuk juga materi tenses.

Trik Mudah Menghafal Tenses

Mengetahui tenses mana yang digunakan saat berbicara atau menulis bahasa Inggris tidaklah sesulit kedengarannya. Kamu dapat memisahkan tenses menjadi tiga kelompok utama, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan menggunakan tenses yang benar, tergantung pada apa yang ingin kamu bicarakan kepada lawan bicara. Kamu perlu mengatur upaya belajar tenses sedemikian rupa, agar dapat menyederhanakannya sebaik mungkin.

Secara umum, berikut cara menghafal tenses dengan mudah yang bisa kamu lakukan:

Pisahkan Setiap Tenses

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu bisa memisahkan setiap tenses dalam tiga bagian, seperti past, present dan future.

Fokus Pada Satu Kategori

Jangan paksakan untuk belajar semua tenses sekaligus. Luangkan waktu untuk mempelajarinya sedikit demi sedikit. Kamu bisa mulai belajar dari tenses masa lalu, masa kini dan masa depan.

Baca Juga:
Buku Terbaik untuk Belajar Tenses Bahasa Inggris

Pelajari Grammar

Meski grammar menjadi salah satu materi yang cukup sulit, kamu tetap harus mengetahui cara membentuk tenses dengan mempelajari grammar yang membentuknya.

Tulis Tenses Tersebut

Sebelum menggunakannya untuk berbicara dalam percakapan, kamu harus menulis tensesnya terlebih dahulu. Buat sebuah kalimat utuh dengan menggunakan tenses yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri untuk menggunakan tenses dalam sebuah percakapan.

Latih Terus Menerus

Untuk melatih kepercayaan diri dalam menggunakan tenses, kamu perlu melatihnya secara terus menerus. Bicaralah kepada teman, anggota keluarga atau bahkan cermin untuk melatih pengucapan dan rasa percaya diri kamu. Setelah berlatih dengan maksimal, kamu akan lebih percaya diri untuk menggunakan berbagai tenses dalam berbicara.

Baca Juga:
Tips Belajar Tenses dengan Mudah

Mengapa Penting Belajar Tenses?

Tenses menjadi hal penting dalam sebuah percakapan bahasa Inggris. Setiap tenses menunjukkan hubungan antara dua atau lebih periode waktu atau untuk menunjukkan waktu yang tepat dari aktivitas yang terjadi.

Semua tenses dapat digunakan untuk menciptakan makna yang berbeda dari kata kerja yang sama dan membantu untuk membuat lawan bicara memahami makna di balik cerita yang kamu utarakan.

Kedalaman tenses bahasa Inggris tidak boleh diremehkan. Semua orang bisa mengungkapkan hal yang sangat berbeda hanya dengan mengubah tenses.

Penting untuk mempelajari tenses untuk mengkomunikasikan kepada orang lain tentang elemen waktu dari kalimat yang kamu ucapkan, apakah kalimat tersebut merujuk ke masa lalu, masa sekarang, masa depan atau beberapa aspek waktu lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi