cara belajar toefl yang efektif

Cara Belajar TOEFL yang Efektif

Tes TOEFL dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris orang yang tidak berbahasa Inggris dengan menguji kemampuan menulis, membaca, mendengar, dan berbicara mereka. Mengetahui cara belajar TOEFL yang efektif akan membantu kamu menguasai soal tes ini lebih baik lagi.

Jadi ketika kamu belajar untuk tes TOEFL, kamu juga mempersiapkan diri untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan nyata, seperti di universitas atau pekerjaan. Dengan strategi-strategi berikut, kamu akan berhasil mempersiapkan tes TOEFL, menjalaninya dengan percaya diri dan lulus seperti seorang profesional.

Bagaimana Cara Belajar TOEFL yang Efektif?

Mengambil TOEFL hampir selalu menjadi pengalaman yang menegangkan. Kamu perlu mendapatkan skor tertentu dan mempersiapkan diri dengan baik. Berikut beberapa cara belajar TOEFL yang efektif yang perlu kamu tahu.

Mengenal Format Tes TOEFL

Jika kamu ingin mengambil TOEFL, sangat penting untuk mengenal terlebih dahulu format tes tersebut. Kunjungi situs web TOEFL resmi untuk menemukan informasi tentang format ujian, dan untuk menemukan pusat pengujian.

Memahami isi TOEFL juga menjadi poin yang baik. Apa pun format yang kamu ambil, TOEFL selalu memiliki tiga bagian: membaca, mendengarkan, dan menulis. TOEFL berbasis Internet juga mencakup bagian berbicara. Jadi, kenali formatnya dengan baik untuk mendapatkan skor maksimal.

Miliki Skor Minimum

Tujuan yang berbeda membutuhkan skor minimum yang berbeda. Pertama, pastikan kamu mengetahui skor minimum yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Kemudian, pilih skor yang ingin kamu dapatkan. Ini adalah skor ideal kamu.

Tuliskan skor minimum dan ideal di selembar kertas atau Post-it note, dan letakkan di tempat yang kamu lihat setiap hari. Setiap kali kamu melihat kertas tersebut, kamu akan diingatkan untuk belajar untuk mencapai tujuan.

Dapatkan Panduan Belajar

Baca penjelasan tes dan tips belajar dengan seksama. Kenali setiap bagian sebelum memulai dengan belajar. Kamu juga bisa bergabung dalam kelas persiapan TOEFL agar bisa mendapatkan bimbingan dan panduan lengkap seputar tes ini.

ICAN English menjadi salah satu tempat kursus yang bisa membantu kamu mendapatkan panduan dan bimbingan lengkap seputar tes ini.

Baca Juga:
Website Terbaik Untuk Belajar TOEFL

Latihan dan evaluasi dengan menggunakan materi latihan yang tersedia secara gratis

Untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian TOEFL, kamu bisa mencari dan menggunakan materi latihan yang tersedia secara gratis. Beberapa sumber yang bisa kamu coba adalah situs resmi ETS (Educational Testing Service), yang merupakan lembaga yang mengelola ujian TOEFL, atau situs-situs lain yang menyediakan materi latihan TOEFL secara gratis.

Setelah mengerjakan latihan tersebut, kamu juga bisa melakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuanmu dalam menghadapi ujian TOEFL. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan mencari tahu nilai yang diperlukan untuk mencapai skor yang diinginkan, atau dengan menggunakan kalkulator skor TOEFL yang tersedia secara gratis di internet.

Belajar dengan memahami kebutuhan dan tujuan dari ujian TOEFL

Selain mengetahui struktur dan format ujian TOEFL dan melakukan latihan dan evaluasi, kamu juga perlu memahami kebutuhan dan tujuan dari ujian TOEFL itu sendiri. Ujian TOEFL merupakan ujian yang diadakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris, terutama dalam hal menulis, mendengar, membaca, dan berbicara.

Dengan memahami kebutuhan dan tujuan dari ujian TOEFL, kamu akan lebih fokus dan terarah dalam belajar. Kamu akan tahu apa yang harus dipelajari dan bagaimana cara mengevaluasi kemampuanmu dalam menghadapi ujian tersebut. Selain itu, memahami kebutuhan dan tujuan dari ujian TOEFL juga bisa memberikan motivasi tambahan bagi kamu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:
Tips Latihan Tes TOEFL Online

Pentingnya Mengambil Tes Latihan

Jika kamu sedang mempersiapkan ujian, akan lebih baik untuk mengambil latihan tes TOEFL. Ikuti tes latihan dari panduan belajar untuk mengukur kemajuan yang telah kamu capai. Atasi kesalahan dan latih area yang kamu perjuangkan. Setelah beberapa minggu, lakukan tes yang sama lagi. Bandingkan skor sebelumnya dan periksa peningkatannya.

Tidak ada jumlah minimum atau maksimum tes latihan yang harus diambil. Bertekadlah sampai kamu mendapatkan skor minimum secara konsisten. Dengan konsistensi dan kerja keras, kamu bisa mencapai hasil yang maksimal.

Jika ingin mengetahui informasi tentang TOEFL hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi