Cara Berbicara Bahasa Inggris dengan Lancar

Cara Berbicara Bahasa Inggris dengan Lancar

Belajar bahasa artinya kamu harus mempelajarinya dari berbagai aspek seperti mendengarkan, menulis, membaca serta berbicara. Namun, tidak sedikit orang yang kurang percaya diri dalam praktik berbicara.

Seseorang yang pandai bahasa Inggris akan mempunyai tingkat percaya diri berbicara di depan umum. Ketika sedang belajar berbicara, kamu mungkin takut mengalami kesalahan, dan hal tersebut sangatlah wajar. Kamu harus terus berlatih dan melawan rasa takut agar kedepannya bisa lancar berbahasa Inggris.

4 Metode Belajar Berbicara Bahasa Inggris Hingga Lancar

Cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar dapat pelajari. Berikut adalah beberapa metode yang dapat kamu pilih:

1. Tingkatkan rasa percaya diri

Jika kamu mempunyai keinginan lancar conversation dalam bahasa Inggris, caranya adalah dengan terus meningkatkan rasa percaya diri. Pada saat praktek berbicara bahasa Inggris, jangan takut melakukan kesalahan. Berbicara dalam bahasa Inggris adalah bagaimana agar lawan bicara bisa memahami maksud dari kalimat yang diucapkan.

Kamu tidak harus menggunakan tata bahasa sempurna, karena yang lebih diutamakan adalah maksudnya. Rasa percaya diri yang meningkat akan membantu proses belajar bahasa Inggris dengan cepat. Berbicara dalam bahasa Inggris bisa dilatih dengan meminta tutor untuk mendengarkan. Sehingga kamu juga tidak malu apabila ada kata yang perlu dikoreksi.

2. Mencari teman belajar bahasa Inggris

Cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar bisa dilatih bersama teman yang sudah pandai. Kamu akan mendapatkan koreksi jika terdapat kesalahan. Selain itu, kamu juga akan lebih bersemangat karena menemukan partner yang akan membantu belajar berbicara dalam bahasa Inggris.

Memiliki lawan berbicara saat conversation adalah sebuah keuntungan. Kamu akan lebih kreatif dalam berpikir karena harus memberikan tanggapan kepada lawan. Pastikan untuk memilih lawan berbicara yang seimbang untuk membantu kamu lancar dalam memulai conversation.

3. Berpikir dalam bahasa Inggris

Agar kamu terbiasa berbicara bahasa Inggris, kamu harus sering memikirkan sesuatu dalam bahasa Inggris. Latihlah agar kamu melakukan sebuah aktivitas yang sudah dipikir dalam otak menggunakan bahasa Inggris. Untuk memulainya, kamu bisa berbicara sendiri menggunakan bahasa Inggris. Metode ini bisa melatih agar kamu selalu menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. 

Spontan mengucapkan bahasa Inggris akan membantu meningkatkan hafalan kosakata. Kamu juga akan semakin lancar berbicara karena di dalam kepala sudah memikirkan bahasa Inggris.  

4. Jangan terlalu fokus terhadap tata bahasa (grammar) 

Belajar tata bahasa sangat diperlukan dalam aspek writing atau menulis, namun tidak berlaku dengan speaking atau berbicara. Seorang native speaker juga tidak terlalu fokus pada tata bahasa ketika berbicara. Seperti penjelasan sebelumnya, dalam percakapan bahasa Inggris lebih mengutamakan lawan bicara tahu maksudnya daripada tata bahasa.

Sebaliknya, percuma jika kamu dapat mengucapkan grammar dengan baik namun tidak dapat mengimbangi lawan berbicara. Usahakan untuk mengesampingkan grammar saat berlatih conversation. 

Baca Juga:
Cara Melatih Speaking Bahasa Inggris

Belajar Berbicara Bahasa Inggris dengan Lancar di ICAN English!

Belajar bahasa Inggris membutuhkan pendekatan yang beragam. Pastikan kamu mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mempelajari aspek bahasa Inggris. 

Jika kamu ingin belajar cara berbicara bahasa inggris dengan lancar dan cepat, pertimbangkan ikut kursus Bahasa Inggris ICAN English. Terdapat banyak kelas online dan on-site yang membuat kamu belajar bersama banyak teman untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dengan penuh percaya diri.

Banyak siswa yang sudah ikut kursus Bahasa Inggris ini dan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan personal, termasuk kuliah ke luar negeri. Sekarang, giliran kamu yang harus mengambil kesempatan dan mengubah masa depan kamu menjadi lebih cerah!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.