5 cara cepat belajar grammar

5 Cara Cepat Belajar Grammar

Cara cepat belajar grammar bukanlah hal yang mustahil, walaupun dalam grammar terdapat banyak aturan dan rumus yang mungkin sedikit membingungkan. Grammar bahkan menjadi salah satu tantangan berat, tidak sedikit orang malas belajar bahasa inggris karena takut menghadapi grammar.

Grammar berhubungan dengan pemakaian kata, penggunaan verb, membuat bentuk kalimat, dan menentukan penggunaan rumus dalam kalimat sesuai waktu. Walaupun grammar bukan hal yang mudah, ada beberapa cara belajar supaya kamu bisa meningkatkan pemahaman dalam grammar lebih efektif.

Cara Belajar Grammar dengan Mudah

Mempelajari grammar memang hal yang cukup sulit, kamu perlu mengerti aturan-aturannya agar bisa memenuhi materi ini sepenuhnya. Tak jarang, banyak orang memilih bergabung dalam les bahasa Inggris agar bisa memahami materi ini secara lengkap.

Nah, untuk kamu yang berencana mempelajari materi ini, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mempelajari grammar dalam Bahasa Inggris:

1. Percaya Diri

Ketika belajar bahasa inggris, maka kamu harus menyingkirkan semua rasa takut karena kesalahan. Hal ini karena bahasa inggris bukanlah bahasa sehari-hari masyarakat Indonesia. Jadi, lupakan terlebih dahulu rasa malu atau takut salah karena itu adalah bagian dari proses belajar.

Terlalu memikirkan rasa takut juga bisa menghambat proses belajar. Justru cara cepat belajar grammar adalah dengan mengabaikannya terlebih dahulu, dan mencari informasi apakah grammar yang kamu gunakan sudah tepat atau tidak. Sehingga, kamu tahu letak kesalahan dan memperbaikinya di latihan berikutnya.

2. Belajar Struktur

Tips belajar grammar berikutnya yaitu dengan memahami formula atau struktur berbagai tenses dalam Bahasa Inggris. Terdapat 16 tenses yang harus kamu kuasai. Struktur tersebut harus kamu pelajari sebagai materi dasar grammar. Tujuannya agar kamu lebih mudah ketika ingin menyusun kalimat.

Baca Juga:
Manfaat Belajar Grammar Bahasa Inggris

3. Pelajari Pola Kalimat

Jika kamu ingin mempermudah pelajaran, ingat bahwa kamu juga perlu meletakkan subjek pada awal kalimat. Kemudian, pada posisi kedua yaitu kata kerja, maka posisi selanjutnya yaitu objek atau keterangan lain termasuk keterangan tempat dan keterangan waktu.

4. Banyak Baca

Cara cepat belajar grammar yaitu banyak membaca. Latihan membaca tidak hanya tentang buku, tetapi juga bisa membaca dari sumber lain seperti di internet atau di artikel.

Kamu juga bisa memperluas pengetahuan kosakata melalui bacaan. Dengan membaca, kamu jadi sering melihat pola kalimat dengan tenses tertentu. Sehingga, akan lebih mudah dalam menyusun kalimat bahasa ingggris menggunakan grammar yang tepat.

5. Latihan Menulis

Tidak hanya membaca, kamu juga bisa mempelajari cara cepat belajar grammar dengan latihan menulis. Cobalah untuk menulis artikel atau cerita dalam Bahasa Inggris.

Apabila sudah selesai, baca lagi untuk koreksi berbagai tulisan maupun grammar yang tidak sesuai. Pastikan menulis secara urut atau runtut supaya kamu semakin paham dalam menyusun kalimat.

Baca Juga:
Trik Belajar Grammar Bahasa Inggris

Apa Saja Materi Grammar Yang Harus Kamu Pelajari

Ada beberapa materi yang wajib kamu kuasai agar mahir dalam Bahasa inggris adalah 16 tenses. Tidak hanya itu, kamu juga harus menguasai materi lainnya seperti part of speech yang dibagi dalam 8 jenis.

Pelajari apa itu pronouns, nouns, verb, adjective, adverb, determiner, preposition, dan juga conjunction. Seluruh jenis part of speech tersebut harus kamu ulang-ulang sampai benar-benar paham.

Jika kamu sudah mempelajari struktur kalimat dan juga part of speech bahasa inggris, maka kamu bisa mengubah kebiasaan belajar. Sehingga, kamu pun akan memahami penggunaan 16 tenses dan juga part of speech yang sudah kamu pelajari.

Terakhir, jangan malu jika kamu harus sering salah ketika sedang berbicara atau menulis dan menerapkan grammar. Tidak masalah untuk mencoba kembali. Dari kesalahan, kamu jadi tahu mana bentuk penggunaan kalimat yang benar. Terimalah apabila seseorang yang lebih tahu memberikan koreksi yang sangat berharga untuk menunjukkan penggunaan grammar lebih tepat. Untuk medapatkan informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi