cara efektif untuk belajar toefl

Cara Efektif untuk Belajar TOEFL

Demi mendapatkan skor TOEFL yang maksimal, kamu harus melakukan beberapa persiapan penting. Karena tes ini dianggap cukup sulit, banyak siswa yang memilih untuk bergabung dalam kelas persiapan TOEFL di lembaga kursus professional. Mengetahui cara belajar TOEFL yang efektif akan memungkinkan kamu mendapat skor maksimal.

TOEFL sendiri memang diperlukan untuk syarat masuk kuliah di hampir seluruh universitas di luar negeri, seperti misalnya Eropa, Amerika Serikat atau Australia. Kini, TOEFL juga terbagi menjadi tiga bentuk tes, yakni PBT, CBT dan IBT.

Seperti Apa Cara Belajar TOEFL yang Efektif?

TOEFL menguji empat aspek dalam bahasa Inggris, yakni mendengarkan, menulis, membaca dan berbicara. Penting untuk melakukan persiapan yang maksimal agar kamu bisa mendapatkan nilai terbaik di semua aspek tersebut.

Nah, berikut beberapa cara belajar TOEFL yang efektif untuk kamu yang ingin belajar sendiri.

Buat Jadwal Menonton Film atau Mendengarkan Musik

Kamu bisa menyisihkan setidaknya 2 jam setiap hari untuk mendengarkan lagi atau menonton film bahasa Inggris. Pilihlah film yang menggunakan bahasa formal, seperti film dokumenter.

Cara belajar TOEFL ini akan meningkatkan kemampuan mendengarkan kamu dalam bahasa Inggris. Jika kamu rajin dan konsisten melakukannya, maka kamu akan terbiasa dengan aksen dan kalimat berbahasa Inggris.

Baca Juga:
Contoh Soal Reading TOEFL yang Perlu Dipahami

Buat Pola Belajar yang Rutin

Untuk kamu yang ingin belajar sendiri di rumah, pastikan kamu membuat pola belajar yang rutin. Kamu bisa meluangkan waktu sekitar 1 atau 2 jam sehari untuk belajar. Konsisten adalah kunci agar kamu bisa mengenal soal TOEFL dan dapat menjawabnya dengan mudah.

Sebisa mungkin, fokuslah belajar setiap hari dan buat belajar yang berpola, seperti mana yang ingin kamu pelajari terlebih dahulu. Contohnya, hari pertama dan kedua belajar listening, selanjutnya structure, reading, dan kemudian writing. Nah, di hari terakhir dalam satu minggu kamu bisa melakukan penilaian untuk mengevaluasi di bagian mana kamu membutuhkan peningkatan.

Banyaklah Latihan Soal

Latihan soal TOEFL bisa didapatkan dari mana saja. Kamu bisa membeli buku latihan TOEFL atau juga mengunjungi situs yang menyediakan soal-soal latihan. Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi adalah learn4good.com, Examenglish.com, engvid.com, dan english-test.net.

Semakin sering kamu berlatih, maka semakin mudah kamu mengerjakan soal TOEFL tersebut. Sesuaikan juga dengan cara belaajr kamu dan pilih sumber yang paling sesuai dengan kenyamanan kamu, ya!

Baca Juga:
Rekomendasi Kursus Toefl Online Murah

Tips Maksimalkan Proses Belajar

Nah, untuk memaksimalkan proses belajar, kamu bisa mengidentifikasi kelemahan kamu dan tingkatkan di titik tersebut.

Misalnya saja, kamu merasa lemah di materi listening, nah kamu bisa belajar lebih keras untuk memperbaikinya. Kamu dapat mencoba lebih sering untuk menonton berita, serial atau film dengan bahasa Inggris. Atau kamu juga bsia mendengarkan lagu bahasa Inggris.

Lain halnya jika kamu lemah dalam hal reading, kamu harus memperkaya kosakata dengan membaca buku atau novel berbahasa Inggris. Intinya, maksimalkan kemampuan kamu dengan berbagai cara.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi