contoh soal reading toefl yang perlu dipahami

Contoh Soal Reading TOEFL yang Perlu Dipahami

Sering mengerjakan contoh soal reading TOEFL untuk latihan mandiri di rumah adalah salah satu cara terbaik agar dapat mengasah keterampilan membaca. Ada banyak jenis soal TOEFL reading comprehension yang sering muncul dalam ujian tersebut.

Soal-soal reading bisa kamu kerjakan dengan fokus tiga sampai empat bacaan sekaligus. Selain menguji kemampuan memahami intisari bacaan, tapi kamu juga harus paham secara komprehensif pertanyaan pada tiap bacaan.

Macam-Macam Soal Reading Tes TOEFL

Setiap contoh soal reading TOEFL yang kamu pelajari tidak lepas dari jenis-jenis berikut:

Baca Juga:
Tips Belajar TOEFL Mandiri

Topik/ Tema

Mencari topik utama artinya mencari subjek utama dalam bacaan, tentang apakah bacaan tersebut. Topik ataupun tema tersebut dapat berupa judul tulisan atau title. Bisa juga berupa inti isi tulisan atau what the text is about.

Berikut adalah control soal TOEFL yang bertanya tentang topik:

What is the main topic of the passage?

Main Idea

Main idea merupakan pokok pikiran dalam paragraf yang menjelaskan keterangan, penjelasan, pendapat, atau uraian penulis terkait topik atau pokok bahasan. Gagasan utama adalah penjelasan judul topik, penjelasan sudut pandang penulis.

Gagasan utama adalah penjelasan topik, lebih panjang dan merupakan kalimat lengkap.

Pertanyaan Judul

Soal ini dapat kamu jawab dengan cara baca paragraf satu atau paragraf awal. Judul tersebut berupa kata, frasa, maupun kalimat yang sangat pendek. Contoh soal reading TOEFL yaitu:

What is the title of the passage?

Pertanyaan Tujuan

Tujuan adalah alasan utama menulis bacaan. Tujuan dapat dilihat dari paragraf pertama ataupun kedua, seringkali sangat berkaitan dengan main idea. Contoh pertanyaan tentang main idea yaitu:

What is the purpose of the text?

Baca Juga:
Contoh IELTS Reading Text

Informasi Detail

Soal reading comprehension juga berkaitan dengan pertanyaan fakta-fakta dalam bacaan. Biasanya menggunakan who, what, when, where, atau how. Berikut adalah bentuk-bentuk pertanyaan tentang informasi detail:

The author states that

Pertanyaan Kesimpulan

Apa itu kesimpulan adalah rangkuman bacaan, biasanya terletak pada akhir bacaan. Berikut adalah contoh pertanyaan tentang kesimpulan bacaan:

What is the conclusion of the text?

Pertanyaan Rujukan Kata

Pronoun dipakai penulis sebagai kata ganti benda yang baru disebutkan, sehingga tidak perlu menggunakan kata benda yang sama.

Kata acuan reference berupa pronominal atau pronoun, mengacu pada satu noun atau frase nomina dari beberapa kata.

Baca Juga:
Tips Belajar untuk Persiapan Tes TOEFL

Jebakan dalam Soal Reading TOEFL

Dengan ikut kelas TOEFL Preparation di ICAN English, kamu tidak hanya mempelajari berbagai macam contoh soal reading TOEFL secara intensif. Akan tetapi, kamu juga belajar tentang apa saja jebakan yang sering muncul dan membuat banyak orang terkecoh saat mengerjakan soal reading.

Contoh, fluff answers adalah jawaban yang tampak masuk akal, padahal tidak ada kaitannya sama sekali dengan bacaan pada teks. Sehingga, agar tidak terjebak dengan jawaban tersebut, kamu harus mengeliminasinya terlebih dahulu.

Ada juga jebakan dalam soal reading comprehension pada test kelas TOEFL Preparation yang dikenal dengan istilah False Friend. Ditandai dengan adanya kata kunci sama seperti pada bacaan. Kesamaan tersebut membuat kamu merasa bahwa ini adalah jawaban yang benar, padahal salah. Untuk mencegah agar tidak terkecoh jebakan ini, kamu harus membaca dengan cermat, tidak terburu-buru dan analisa lebih jauh.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa saja jenis soal TOEFL reading dan contohnya, serta bagaimana menyelesaikan soal-soal yang memiliki jebakan agar tidak terkecoh.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi