cara improve kemampuan bahasa inggris

Cara Improve Kemampuan Bahasa Inggris

Kamu mungkin ingin belajar lebih lanjut bagaimana cara improve bahasa inggris yang efektif. Sebagai pemula, ada empat hal yang harus kamu pelajari yaitu mendengar atau listening, berbicara atau speaking, membaca atau reading, dan menulis atau writing.

Keempat skill tersebut merupakan kemampuan basic atau dasar dalam bahasa Inggris yang harus kamu kembangkan. Itulah mengapa, kamu harus menggunakan empat skill ini secara maksimal supaya bisa memperoleh peningkatan atau improvement dalam bahasa Inggris.

Trik Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Kali ini, ICAN English akan berbagi tips terkait bagaimana cara improve bahasa inggris secara cepat:

Listening

Mendengar adalah kemampuan paling penting dalam bahasa Inggris. Melalui skill mendengarkan, kamu bisa contoh sesuatu untuk meningkatkan akurasi saat berbicara. Cara belajar listening terbaik yaitu mendengarkan secara aktif, memperhatikan cara pengucapan, dan memperhatikan isi pembicaraan.

Agar kamu bisa improve listening, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Misalnya, dengan belajar dari musik melalui lirik supaya kamu bisa menangkap intonasi dan arti dengan baik. Kegiatan lainnya yaitu menonton TV atau film tanpa subtitle, mengikuti seminar, talkshow, atau lainnya.

Speaking

Kebanyakan orang susah dalam memulai pembicaraan Bahasa Inggris karena belum terbiasa. Penting untuk mempraktekkan bahasa Inggris sesering mungkin. Tidak perlu takut salah, karena mempelajari bahasa asing dan mengalami kesalahan adalah hal yang wajar.

Selama ingin meningkatkan skill speaking, maka kamu bisa melakukan beberapa kegiatan menarik seperti menggunakan voice chat dari sosial media atau aplikasi untuk berbicara Bahasa Inggris dengan siapapun dari ponsel. Cara lainnya yaitu dengan merekam suara sendiri, supaya kamu bisa mendengarkannya kembali dan mencari tahu mana kelemahan saat berbicara, termasuk intonasi dan cara berbicara.

Berbicara dalam Bahasa Inggris bisa kamu lakukan setiap saat. Contohnya, kamu bisa belajar bersama ICAN English dengan program-program belajar dan kursus bahasa Inggris yang menyenangkan. Sehingga, kamu juga bisa membiasakan diri menggunakan Bahasa Inggris saat sedang belajar.

Baca Juga:
Macam Antonim Dalam Bahasa Inggris

Reading

Indonesia adalah negara yang mempunyai minat membaca sangat rendah. Padahal, membaca adalah kegiatan penting yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa lebih cepat, membuat pikiran terbiasa dalam mengartikan frase, kalimat, maupun idiom dalam Bahasa Inggris.

Bahkan, dari kegiatan membaca, kamu bisa mempelajari tentang tense, grammar, dan struktur kalimat. Beberapa cara meningkatkan skill reading yaitu baca buku, baca artikel, baca blog, atau baca bacaan menarik dalam bahasa Inggris seperti komik, meme, caption, ataupun novel.

Writing

Writing atau menulis merupakan tantangan besar bagi masyarakat Indonesia, terutama pemula yang sedang belajar bahasa Inggriss. Akan tetapi, jika kamu disiplin dan punya kemauan kuat, maka kamu akan terbiasa menulis bahasa Inggris.

Dari kegiatan menulis, kamu bisa lebih cepat mengingat banyak kosakata, membuat tulisan formal, dan mengasah kemampuan grammar. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill writing yaitu menulis setiap kata atau kalimat yang bagi kamu punya makna penting beserta artinya. Selain itu, jangan pernah takut dalam menulis komentar pada sosial media atau blog menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga:
Macam Sinonim Dalam Bahasa Inggris

Teknik Apa Saja Untuk Belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa teknik belajar yang bisa kamu gunakan sebagai cara improve bahasa Inggris. Teknik pertama adalah immersion, yaitu cara umum dimana kamu harus berada pada sebuah lingkungan yang memaksa agar kamu menggunakan bahasa Inggris. Contoh, kalau kamu ingin mahir berbahasa Inggris, maka kamu harus ikut kursus yang mewajibkan agar kamu menggunakan bahasa Inggris saat di kelas.

Teknik selanjutnya adalah Distributed Practice, sebagai strategi belajar Bahasa Inggris dengan cara sedikit-sedikit tetapi dalam frekuensi yang sering. Sebuah studi mengemukakan bahwa jika kamu belajar secara maraton pada waktu singkat, maka tidak akan efektif untuk cara belajar jangka panjang. Karena metode belajar seperti ini tidak akan diserap oleh otak.

Jadi, daripada kamu belajar hanya satu minggu satu kali, walaupun satu hari penuh, tidak akan efektif. Akan lebih baik jika kamu belajar setiap hari, walaupun dalam jangka waktu pendek, misalnya hanya 30 menit saja. Semakin sering kamu belajar, maka semakin mudah pula informasi terekam dalam otak.

Sebuah studi akademis baru-baru ini dari Amerika Serikat juga menemukan bahwa tes latihan juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan pembelajaran. Mengapa? Bukan untuk menaikkan tingkat stres, tetapi karena tes latihan mengaktifkan aktivitas otak yang berbeda dari saat kita hanya menyerap informasi. Cara ini akan menantang kemampuan otak untuk mengingat dan menggali informasi yang sebelumnya disimpan dan menyusunnya secara kreatif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi