macam sinonim dalam bahasa inggris

Macam Sinonim dalam Bahasa Inggris

Sinonim dalam Bahasa Inggris wajib kamu pelajari untuk meningkatkan kosakata. Sinonim merupakan dua kata yang tidak sama, tetapi punya makna mirip atau sama. Sehingga, sinonim bisa kamu gunakan sebagai part of speech seperti verb, adverb, adjective, noun, dan preposition.

Apabila ada kata atau frasa yang punya arti sama, padahal kata-kata tidak sama, maka disebut sebagai identik, atau sinonim. Sinonim juga sangat penting karena bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari, berpidato, atau lainnya.

8 Jenis Sinonim Bahasa Inggris

ICAN English akan menjelaskan beberapa contoh jenis sinonim yang termasuk pada parts of speech sebagaimana berikut:

1. Verb

Verb yaitu kata kerja, untuk menjelaskan aktivitas atau kondisi suatu hal. Apabila ada kata yang mempunyai arti perbuatan, proses, diikuti kata keteranngan, disertai imbuhan, disertai kata benda, disertai kata sifat, maka itu adalah verb. Beberapa contoh sinonim berbentuk verb adalah berikut:

  • Teach: Educate: Instruct
  • Seek: Search: Look for

2. Noun

Noun merupakan kata yang dapat kamu gunakan ketika ingin menyebut orang, tempat, ide, atau benda. Kata tersebut selalu merujuk pada konsep benda fisik maupun abstrak. Berikut adalah contoh sinonim berbentuk noun:

  • Teacher: Educator: Instructor
  • Test: Exam: Assessment

3. Adjective

Apa itu adjective adalah kata sifat, berfungsi menjelaskan kata benda. Adjective ditempatkan sesudah kata benda dengan beberapa contoh sinonim berbentuk adjective berikut:

  • Smart: Intelligent: Clever
  • Dumb: Stupid: Slow

4. Adverb

Adverb berfungsi menerangkan kata keterangan. Dalam kalimat bahasa inggris, adverb bertugas menjelaskan verb dan adjective. Berikut adalah contoh sinonim dalam bahasa inggris berbentuk adverb:

  • Very: Really: Extremely
  • Quietly: Silently: Without a sound

5. Conjunctions

Conjunction adalah kata sambung, kata yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai unit yang bersifat setara dalam bahasa inggris. Kamu bisa menggunakan conjunction hanya untuk kata dengan kata, frasa dengan frasa, kalimat dengan kalimat, dan lainnya. Berikut adalah contoh sinonim berbentuk conjunction:

  • I Should tell you as you are my sister = I should tell you because you are my sister.

Baca Juga:
Macam Antonim Dalam Bahasa Inggris

6. Interjections

Yaitu kata seru, sering dikenal dengan sebutan exclamation. Kamu bisa menggunakannya ketika ingin mengucapkan apapun secara spontan untuk menunjukkan pikiran atau perasaan yang terasa tiba-tiba. Contoh ketika sedang terkejut, kesakitan, senang, heran, dan lainnya. Berikut adalah contoh sinonim berbentuk interjections:

  • Yes, Captain! = Aye, captain!
  •  Come on! = Lets Go!

7. Prepositions

Prepositions atau preposisi merupakan kata yang menunjukkan tempat atau kapan sesuatu berkaitan dengan hal lain. Berikut adalah contoh sinonim dalam bahasa inggris berbentuk prepositions:

  • Upon arrival = On arrival

Preposition dalam bahasa indonesia adalah di, dari, ke, dan lainnya.

8. Pronouns

Kata yang harus kamu gunakan sebagai kata ganti noun atau frase noun adalah pronouns. Berikut adalah contoh sinonim berbentuk pronouns:

  • She is a beautiful cat = It is a beautiful cat.

Baca Juga:
Tips Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Sinonim Bahasa Inggris

Pilihan kata merupakan hal penting dalam bahasa inggris. Dengan mengetahui sinonim dalam bahasa inggris, maka kamu bisa memilih mana kata yang tepat untuk kalimat bahasa inggris agar terdengar lebih relevan, lebih bermakna, dan lebih menarik sesuai kondisi.

Sinonim juga punya peran yang sangat besar, merupakan hal utama pada pemilihan kata untuk menuliss prosa, puisi, atau lainnya. Apabila tidak menggunakan sinonim, maka kamu mungkin akan membaca bacaan dengan satu kata untuk semua bagian.

Hal ini membuat tulisan terasa kaku dan membosankan. Apabila kamu ingin meningkatkan kemampuan menggunakan sinonim bahasa inggris, tidak ada salahnya untuk ikut kelas Bahasa Inggris bersama ICAN English.

Kami memiliki tutor berpengalaman yang bisa membantu proses belajar kamu lebih baik dan terfokus. Banyak materi yang diajarkan akan dijelaskan secara lengkap dan mudah dimengerti. Kamu juga bisa memilih kelas online atau offline sesuai dengan kebutuhan kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi