Cara Cepat Melatih Bahasa Inggris 

Cara Cepat Melatih Bahasa Inggris 

Di Indonesia, Bahasa Inggris bukanlah bahasa pertama, sehingga kamu perlu mengikuti ujian kemahiran bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL ketika dari pendaftaran kuliah di luar negeri. Selain mempersiapkan diri menghadapi tes, kamu juga harus belajar menulis dan berbicara. Cara melatih bahasa inggris bagi seorang pemula bukanlah hal yang mudah.

Ada beberapa cara cepat yang dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Dengan meluangkan waktu setiap harinya, maka latihan akan mempermudah kemampuan diri dalam memahami bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris.

Cara Latihan Bahasa Inggris yang Cepat

Jika kamu hanya mempunyai beberapa minggu lagi untuk menggunakan Bahasa Inggris, berikut beberapa cara melatih skill bahasa Inggris dengan cepat:

Nonton film bahasa Inggris

Menonton serial di Netflix memang tidak benar-benar meningkatkan keterampilan berdebat atau bahasa Inggris formal, tetapi cara ini membantu memahami bahasa lebih baik. Kamu akan membiasakan diri dengan bentuk percakapan bahasa Inggris sehari-hari, dan memahaminya secara implisit.

Kamu juga dapat memilih kata-kata informal dan mencari kata-kata lebih ilmiah. Ada banyak film dokumenter, seperti karya David Attenborough untuk permulaan belajar. Mempelajari suatu bahasa selama menonton film membantu memulai berpikir dalam bahasa Inggris.

Baca berita bahasa Inggris

Cobalah mengambil sampel berbagai surat kabar berbahasa Inggris, termasuk surat kabar, majalah, dan tabloid. Selain membantu mengikuti perkembangan terkini, rangkaian sumber berita akan memperluas kosakata. Keuntungan lainnya adalah menjadi lebih nyaman dengan ejaan kata dan konteks penggunaannya.

Buat buku kosakata

Gunakan buku catatan atau komputer untuk membuat daftar kata dan frasa berguna. Setiap kali mendengar atau melihat kata yang tidak kamu kenal, catatlah. Jangan hanya fokus pada setiap kata, tetapi carilah sinonim dan frasa yang digunakan. Jadi, kamu tidak hanya memahami arti kata saja, tetapi tahu bagaimana cara menggunakannya secara akurat

Praktik percakapan dalam bahasa Inggris

Meskipun belajar mendengarkan dan membaca sangat bermanfaat, kamu juga perlu menggunakan bahasa Inggris secara interaktif untuk melatih keterampilan berbicara. Manfaatkan internet untuk berteman dengan beberapa penutur asli. Atau, kamu bisa bertemu dengan orang lain yang sedang belajar bahasa Inggris di tempat kursus.

Opsi lainnya yaitu berbicara sendiri dengan menghadap ke cermin. Bahkan, kamu juga bisa rutin merekam diri sendiri. Mendengarkan suara sendiri terasa sedikit aneh pada awalnya, namun kamu akan mendengar kesalahan yang sebelumnya tidak pernah disadari. Sehingga, bisa segera memperbaiki kesalahan dan melatih keterampilan speaking.

Latihan Rutin

Frasa akademis tidak akan bisa kamu kuasai begitu saja. Meskipun bahasa Inggris kamu sudah cukup baik, jangan berpuas diri. Kamu tetap harus berlatih, tidak peduli berapa banyak waktu tersisa.

Cobalah menemukan sebuah kata hari ini, dan menggunakannya sesering mungkin. Jika belajar menggunakan cara ini, jangan fokus pada kata-kata sangat spesifik yang sebenarnya tidak pernah kamu gunakan. Sebaliknya, fokuslah pada percakapan bahasa Inggris yang mungkin relevan untuk kebutuhan kuliah di luar negeri.

Cari tahu lebih dalam setiap struktur kata

Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dengan cepat, kamu harus mengajukan banyak pertanyaan. Jangan hanya membaca frasa. Cari tahu mengapa suatu pola kalimat digunakan dengan cara tertentu. Kamu akan mendapatkan lebih banyak manfaat jika berusaha untuk menjawab rasa ingin tahu dalam aturan penggunaan Bahasa Inggris.

Gunakan cara latihan yang menyenangkan

Jika belajar bahasa Inggris hanya terasa seperti beban, maka terasa membosankan dan proses belajar tidak akan maksimal. Inilah pentingnya tetap termotivasi dan menikmati pengalaman belajar bahasa Ingggris. Temukan cara menark yang membuat kamu terhibur dan senang saat belajar. Misalnya, bermain kata dengan teman untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Baca Juga:
Tips Melatih Listening Bahasa Inggris

Cara Cepat Melatih Bahasa Inggris dengan Kursus

Cara melatih Bahasa Inggris merupakan proyek jangka panjang. Kamu tidak bisa memulai dari nol, lalu seminggu kemudian, sudah ahli dalam menulis makalah akademis.

Jika ingin memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik, hasilnya lebih efektif jika memulainya dari dasar. Dedikasikan waktu secara khusus dan intens dengan belajar di tempat kursus Bahasa Inggris. Apalagi jika kebutuhan belajar Bahasa Inggris adalah untuk keperluan kuliah di luar negeri, ataupun untuk persiapan tes.

Kamu harus belajar tentang format ujian, bagaimana strategi dalam menjawab setiap sesi, dan bagaimana harus berinteraksi dengan luwes saat menghadapi penguji. Semua itu dapat kamu pelajari ketika memilih ikut kursus Bahasa Inggris di ICAN English.

Adanya placement test di ICAN English sangat membantu agar kamu dapat mengukur keterampilan berbahasa Inggris awal sebelum masuk kelas. Sehingga, kamu dapat melihat peningkatan level kemampuan berbahasa Inggris di akhir kursus. Cara ini juga sangat berguna apabila kamu ingin belajar dengan serius, dibantu tenaga pendidik yang sudah profesional dan dibimbing sampai mahir!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web