melatih listening bahasa inggris

Tips Melatih Listening Bahasa Inggris

Apr 26, 2022 | Bahasa Inggris

Melatih listening bahasa inggris sama pentingnya seperti melatih kemampuan writing, reading, dan speaking. Listening adalah bagian dari Bahasa Inggris, kamu butuh menguasainya jika ingin meningkatkan kemampuan berbahasa.

Kamu bisa saja mendaftar kursus Bahasa Inggris di ICAN English untuk meningkatkan kemampuan listening. Ada banyak materi belajar, dengan jadwal yang bisa kamu sesuaikan agar bisa mengikuti semua materinya. Namun, apabila saat ini tidak memungkinkan ikut kursus, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya kemampuan listening bisa  meningkat dari latihan otodidak.

Baca Juga: TIPS BELAJAR AWAL BAHASA INGGRIS

Cara Meningkatkan Kemampuan Listening

Ada banyak cara untuk melatih listening bahasa inggris. kamu bisa mencoba beberapa cara berikut mulai hari ini:

1. Lagu Favorit

Lagu favorit Bahasa Inggris merupakan cara mudah, cepat, tapi juga menyenangkan yang dapat membantu supaya kemampuan listening kamu bisa terasah. Beberapa lagu diciptakan sesuai selera musik kamu, mulai dari rock, country, jazz, sampai pop.

Apabila kamu ingin cara lebih menarik, dengarkan lagu bersama teman yang juga ingin meningkatkan kemampuan listening. Buat janji untuk saling mengenalkan lagu bahasa inggris terbaru atau lagu jadul sekalipun. Sebelum saling mendengarkan, siapkan lirik dengan banyak kata dihapus, ganti titik-titik. Lalu, cetak dan berikan pada teman supaya mereka bisa berlatih listening, begitu sebaliknya. Jika sudah selesai, kamu bisa mengoreksi dan melihat lirik yang sebenarnya untuk mengetahui seberapa tajam kemampuan listening kamu.

2. Video YouTube

Ada begitu banyak video YouTube yang bisa kamu tonton menggunakan Bahasa Inggris. Dengan lihat video, kamu bisa mendengarkan dan memperoleh visual tentang pembahasan apa yang ada dalam video tersebut. Bagian paling populer yaitu akses vlog atau video blog berbahasa inggris. Biasanya, vlogger bercerita tentang kehidupan prbadi, termasuk tutorial dan lainnya dari sebuah video berdurasi pendek.

Melalui YouTube, kamu bisa mengikuti berbagai channel bermanfaat untuk kemampuan listening. Ketik saja kata kunci yang kamu inginkan, dan dapatkan hasil pencarian sesuai kebutuhan.

3. Podcast

Podcast adalah sebuah program radio yang bisa kamu unduh menjadi file mp3, biasanya didengarkan langsung dari gadget atau komputer. Podcast juga cara sederhana, bermanfaat untuk latih kemampuan Bahasa Inggris jika kamu sangat sibuk. Sehingga, kamu tetap bisa melatih listening sambil mengerjakan pekerjaan.

Podcast bisa kamu dengarkan pada melatih listening bahasa inggris. Kamu bisa mendengrkan kapan saja seperti saat sedang memasak, jogging, membereskan rumah, atau lainnya.

4. Tonton Acara atau Berita TV

Cara berikutnya yang dapat melatih listening adalah tonton TV series, simak berbagai berita dari internasional sampai tontonan ringan yang menghibur dengan genre sitkom. Cobalah untuk menonton dengan mengatur bagian subtitle dalam Bahasa Inggris. tujuannya supaya kamu mengerti apa yang sedang diucapkan.

5. Mengobrol

Apabila kamu punya seorang teman yang mempunyai kemampuan Bahasa Inggris lebih baik dari kamu, jangan sungkan mengajak mengobrol dalam Bahasa Inggris. dengan mengobrol, kamu justru bisa mendengarkan langsung sambil melihat bagaimana ekspresinya. Topik pembicaraan bisa bebas, tentang apa yang kamu sukai atau cerita kegiatan sehari-hari.

Belajar jadi lebih efektif kalau kamu menerapkan Bahasa Inggris dalam waktu sehari-hari. English Day, contohnya dimana kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris full sebagai alat komunikasi dalam satu hari. Cara ini bisa mengasah kemampuan bahasa inggris, termasuk listening.

Baca Juga: BASIC BAHASA INGGRIS YANG HARUS DIKETAHUI

Mengapa Harus Belajar Listening

Cara melatih listening Bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Listening adalah aspek penting, sehingga tanpa kemampuan ini sebuah perusahaan akan berpikir ulang untuk merekrut karyawan.

Tanpa mempunyai skill listening, tidak ada organisasi bisa beroperasi secara efektif dan bisa bertahan. Mendengarkan dengan efektif memberikan informasi penting untuk organisasi berdaptasi guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah seiring adanya tren pasar yang terus berganti.

Mendengarkan secara baik dan memberikan atau menjawab pertanyaan adalah keterampilan untuk menyampaikan pesan dan melakukan interaksi. Listening membantu meningkatkan kapasitas, memberi motivasi, mempeberi pengaruh, dan membantu memberikan layanan terhadap orang lain dengan efektif.

Kemampuan mendengarkan dan bertanya adalah dua hal yang tidak bisa dihilangkan dari kecakapan hidup, sehingga menjadi modal dasar manusia dalam berinteraksi. Selain itu menjadi faktor utama yang menjamin keberhasilan komunikator.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH