tips melatih listening bahasa inggris

Tips Melatih Listening Bahasa Inggris

Melatih listening bahasa inggris sama pentingnya seperti melatih kemampuan writing, reading, dan speaking. Listening adalah bagian dari bahasa Inggris, kamu butuh menguasainya jika ingin meningkatkan kemampuan berbahasa.

Kamu bisa saja mendaftar kursus Bahasa Inggris di ICAN English untuk meningkatkan kemampuan listening. Ada banyak materi belajar, dengan jadwal yang bisa kamu sesuaikan agar bisa mengikuti semua materinya. Namun, apabila saat ini tidak memungkinkan ikut kursus, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya kemampuan listening bisa meningkat dari latihan otodidak.

Cara Meningkatkan Kemampuan Listening

Ada banyak cara untuk melatih listening bahasa inggris. kamu bisa mencoba beberapa cara berikut mulai hari ini:

1. Lagu Favorit

Lagu favorit bahasa Inggris merupakan cara mudah, cepat, tapi juga menyenangkan yang dapat membantu supaya kemampuan listening kamu bisa terasah. Beberapa lagu diciptakan sesuai selera musik kamu, mulai dari rock, country, jazz, sampai pop.

Apabila kamu ingin cara lebih menarik, dengarkan lagu bersama teman yang juga ingin meningkatkan kemampuan listening. Buat janji untuk saling mengenalkan lagu bahasa inggris terbaru atau lagu jadul sekalipun. Sebelum saling mendengarkan, siapkan lirik dengan banyak kata dihapus, ganti titik-titik. Lalu, cetak dan berikan pada teman supaya mereka bisa berlatih listening, begitu sebaliknya. Jika sudah selesai, kamu bisa mengoreksi dan melihat lirik yang sebenarnya untuk mengetahui seberapa tajam kemampuan listening kamu.

2. Video YouTube

Ada begitu banyak video YouTube yang bisa kamu tonton menggunakan bahasa Inggris. Dengan lihat video, kamu bisa mendengarkan dan memperoleh visual tentang pembahasan apa yang ada dalam video tersebut. Bagian paling populer yaitu akses vlog atau video blog berbahasa inggris. Biasanya, vlogger bercerita tentang kehidupan prbadi, termasuk tutorial dan lainnya dari sebuah video berdurasi pendek.

Melalui YouTube, kamu bisa mengikuti berbagai channel bermanfaat untuk kemampuan listening. Ketik saja kata kunci yang kamu inginkan, dan dapatkan hasil pencarian sesuai kebutuhan.

Baca Juga:
Trik Melatih Reading Bahasa Inggris

3. Podcast

Podcast adalah sebuah program radio yang bisa kamu unduh menjadi file mp3, biasanya didengarkan langsung dari gadget atau komputer. Podcast juga cara sederhana, bermanfaat untuk latih kemampuan bahasa Inggris jika kamu sangat sibuk sehingga kamu tetap bisa melatih listening sambil mengerjakan pekerjaan.

Podcast bisa kamu dengarkan pada melatih listening bahasa Inggris. Kamu bisa mendengrkan kapan saja seperti saat sedang memasak, jogging, membereskan rumah, atau lainnya.

4. Tonton Acara atau Berita TV

Cara berikutnya yang dapat melatih listening adalah tonton TV series, simak berbagai berita dari internasional sampai tontonan ringan yang menghibur dengan genre sitkom. Cobalah untuk menonton dengan mengatur bagian subtitle dalam bahasa Inggris. tujuannya supaya kamu mengerti apa yang sedang diucapkan.

5. Mengobrol

Apabila kamu punya seorang teman yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris lebih baik dari kamu, jangan sungkan mengajak mengobrol dalam bahasa Inggris. dengan mengobrol, kamu justru bisa mendengarkan langsung sambil melihat bagaimana ekspresinya. Topik pembicaraan bisa bebas, tentang apa yang kamu sukai atau cerita kegiatan sehari-hari.

Belajar jadi lebih efektif kalau kamu menerapkan bahasa Inggris dalam waktu sehari-hari. English Day, contohnya dimana kamu bisa menggunakan bahasa Inggris full sebagai alat komunikasi dalam satu hari. Cara ini bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris, termasuk listening.

Baca Juga:
Basic Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui

Mengapa Harus Belajar Listening

Cara melatih listening bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Listening adalah aspek penting sehingga tanpa kemampuan ini sebuah perusahaan akan berpikir ulang untuk merekrut karyawan.

Tanpa mempunyai skill listening, tidak ada organisasi bisa beroperasi secara efektif dan bisa bertahan. Mendengarkan dengan efektif memberikan informasi penting untuk organisasi berdaptasi guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah seiring adanya trend pasar yang terus berganti.

Mendengarkan secara baik dan memberikan atau menjawab pertanyaan adalah keterampilan untuk menyampaikan pesan dan melakukan interaksi. Listening membantu meningkatkan kapasitas, memberi motivasi, mempeberi pengaruh, dan membantu memberikan layanan terhadap orang lain dengan efektif.

Kemampuan mendengarkan dan bertanya adalah dua hal yang tidak bisa dihilangkan dari kecakapan hidup sehingga menjadi modal dasar manusia dalam berinteraksi. Selain itu menjadi faktor utama yang menjamin keberhasilan komunikator.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi