cara memahami bacaan bahasa inggris

Cara Memahami Bacaan Bahasa Inggris

Cara memahami bacaan bahasa Inggris tidaklah mudah. Tapi, ketika kamu memutuskan belajar membaca atau reading, maka cobalah belajar membaca tepat di atas level kemampuan. Contohnya membaca artikel atau buku yang agak sulit dengan beberapa kata dan kalimat menantang atau tidak biasa, tetapi masih dapat memahami sedikit banyak apa yang ada pada teks tersebut.

Jika kamu hanya fokus membaca bacaan yang mudah, kemampuan kursus bahasa inggris kamu tidak akan berkembang. Dengan cara ini, kamu dapat meningkatkan skill membaca bahasa Inggris kamu. Sebelum kamu menyadarinya, teks yang dulunya agak terlalu sulit sekarang jadi terasa lebih mudah!

Akan tetapi, jangan pernah memaksakan diri membaca apa saja yang level kesulitannya di atas tingkat membaca yang kamu miliki. Belajar dengan teks yang terlalu sulit bisa sangat membuat frustrasi. Jadi tujuannya adalah untuk menemukan sesuatu yang sedikit menantang, tetapi tidak terlalu sulit.

3 Cara Pahami Teks Bahasa Inggris Saat Belajar Membaca

Selain dengan kursus bahasa Inggris di ICAN English dan meningkatkan kemampuan reading kamu dengan bantuan tutor berpengalaman, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara berikut agar lebih paham dengan bacaan bahasa Inggris:

1. Buatlah daftar kosakata

Ketika menemukan bacaan, kamu mungkin memperhatikan beberapa kata yang tidak diketahui. Beberapa kata lebih penting untuk dipahami daripada yang lain. Sebelum membaca teks, cari kata-kata yang tidak kamu ketahui dan buat daftar lengkap dengan terjemahannya.

Berikut adalah kata-kata yang harus kamu cari:

  • Kata-kata yang paling sering diulang.
  • Kata-kata yang pernah kamu tahu dalam kalimat pendek.
  • Kata-kata yang pernah kamu temukan di tempat lain.

2. Jangan Artikan Per kata Kata

Kamu tidak harus tahu arti setiap kata untuk memahami sebuah bacaan. Berhenti menerjemahkan setiap kata yang membuatuhkan banyak waktu dan mengalihkan perhatian kamu dari pemahaman teks.

Ketika kamu menemukan kata yang tidak kamu ketahui, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu dapat memahami kalimat tersebut tanpa kata tersebut. Kamu mungkin tidak memahami sebuah kata dalam kalimat, namun masih bisa memahaminya.

3. Gunakan Petunjuk Konteks

Alasan belajar dari kalimat adalah kalimat memberikan konteks kata-kata baru. Jika ada kata yang tidak kamu ketahui, maka kamu bisa menggunakan kata lainnya sebagai petunjuk untuk memperjelas makna. Melihat kata-kata yang muncul sebelum dan sesudah kata yang tidak dikenal, kamu sering kali dapat mengetahui arti dasarnya.

Baca Juga:
Bacaan Bahasa Inggris Bagi Pemula

Tips Sebelum Reading Text

Ada beberapa hal yang penting kamu lakukan sebagai cara memahami bacaan bahasa Inggris sebelum membaca. Apakah kamu sedang membaca sesuatu yang sulit, tepat, mudah, atau lainnya. Pertama, kamu bisa memilih waktu yang paling tepat untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Apakah kamu suka membaca saat pagi hari atau sebaliknya. Cari tahu kapan otak bekerja paling baik dan gunakan waktu tersebut untuk membaca.

Kedua, kamu dapat menentukan tujuan membaca. Cari tahu mengapa kamu ingin membaca teks dan bagaimana cara kamu membaca teks bergantung pada apa yang ingin kamu peroleh dari bacaan tersebut. Membaca adalah penting untuk memahami sebuah bacaan secara umum, berbeda dengan membaca untuk memahami sepenuhnya, atau membaca untuk menari kosa kata baru.

Ketiga, cobalah melakukan metode skimming dan scanning. Scanning artinya kamu hanya mencari teks pada bagian tertentu saja atau jawaban terkait sebuah pertanyaan. Skimming atau membaca sekilas merupakan cara membiarkan mata melihat teks dengan cepat tanpa baca setiap kata. Kedua strategi tersebut sangat membantu saat kamu ingin mulai membaca.

Berikutnya, kamu juga harus memastikan jika mata memperoleh pencahayaan yang cukup baik. Kondisi tubuh yang nyaman dan pencahayaan yang baik akan membantu mata tetap betah membaca, bukan tersiksa atau terganggu. Fokus pada bacaan dan abaikan semua hal yang mengganggu.

Sebaiknya, hindari berbagai macam gangguan dengan cara menemukan dimana tempat terbaik untuk bisa membaca dengan tenang dan damai. Sehingga, akan membantu kamu lebih mudah dalam berkonsentrasi.

Baca Juga:
Trik Memahami Bahasa Inggris Agar Mudah Mempelajarinya

Manfaat Paham Bacaan Bahasa Inggris

Memahami bacaan bahasa Inggris tentu saja memberikan manfaat. Pertama, kamu akan lebih mudah menganalisis. Punya kemampunyan analisis bisa dibutuhkan banyak orang di berbagai kasus. Selain itu, kamu juga belajar memecahkan persoalan dan masalah akan lebih mudah apabila kamu paham bacaan bahasa Inggris.

Paham bacaan bahasa Inggris akan membantu kamu mempunyai skill menulis yang secara otomatis mengalami peningkatan. Dengan paham isi suatu bacaan, kamu akan lebih fokus membaca karena sudah tahu bagian mana yang harus dijadikan intinya.

Ketika membaca suatu teks, kamu akan dimintai tanggapan untuk suatu bacaan tertentu. Tentu kamu tidak akan kebingungan mengenai tanggapan yang akan kamu sampaikan karena kamu telah memahami bacaan tersebut. Manfaat lainnya memahami bacaan bahasa Inggris adalah meningkatkan pemahaman grammar dan bisa menyusunnya dengan baik dan benar.

Saat memahami bacaan bahasa Inggris, maka kemampuan speaking juga meningkat. Lancar speaking suatu skill yang luar biasa karena tidak akan kesusahan apabila berinteraksi dengal orang asing.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi