Memahami bahasa Inggris

Trik Memahami Bahasa Inggris agar Mudah Mempelajarinya

Jun 24, 2022 | Bahasa Inggris

Memahami bahasa Inggris adalah salah satu poin penting yang harus dilakukan oleh para pemula jika ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Ada berbagai macam metode yang bisa digunakan untuk mudah belajar bahasa Inggris bagi para pemula. Metode tersebut bisa menjadi pondasi untuk membangun kemampuan bahasa Inggris menjadi lebih kuat. 

Belajar bahasa Inggris bagi pemula memang bukan hal mudah, sebab ada berbagai macam materi yang harus dipelajari. Apabila ingin lebih sederhana, kamu bisa mencoba untuk ikut kursus bahasa Inggris yang membantu kamu belajar bahasa Inggris lebih mudah. 

Baca Juga: SUSUNAN BELAJAR BAHASA INGGRIS, MATERI MANA YANG HARUS DIDAHULUI?

Trik Cepat Memahami Bahasa Inggris

Tidak hanya menghafal, kamu juga harus memahami bahasa Inggris dengan baik sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan. Jika ingin mendapatkan materi yang sesuai, bergabung dengan kursus bahasa Inggris di ICAN English sangat membantu loh. Kelas yang menyenangkan, serta metode pembelajaran mudah bisa kamu dapatkan.

Ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi pemula, seperti berikut; 

Mulai Buat Rencana Persiapan Belajar Bahasa Inggris

Jika sudah merasa yakin untuk belajar bahasa Inggris, sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan tidak hanya membantu kamu lebih mudah untuk memulai langkah awal tetapi juga membantu proses pembelajaran sampai kemampuan bahasa Inggris meningkat.

Rencana yang matang menjadi salah satu hal yang dibutuhkan, tetapi kamu juga harus memberikan estimasi waktu ketika prosesnya berlangsung. Kamu juga harus paham arah dan tujuan yang ingin dilalui ya.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti berikut;

1. Cari Tahu apa yang Dibutuhkan

Pertama kamu bisa mencari tahu apa yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Inggris sebagai seorang pemula. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, begitu juga dengan kebutuhan belajar bahasa Inggris. Bagi seorang pemula, kamu harus mempersiapkan beberapa kebutuhan seperti waktu, pikiran, tenaga, internet, hp, laptop, ruangan khusus belajar yang nyaman, materi, alat tulis, bahkan uang dan lain sebagainya.

Semua hal yang dirasa butuh untuk mendukung proses kebutuhan belajar bahasa Inggris, sebaiknya disiapkan sebelum memulai pelajaran. Hal ini dilakukan agar proses belajar tidak mengalami gangguan di tengah jalan.

Tulis Rencana Persiapan Belajar di Buku Catatan

Selanjutnya kan bisa menulis rencana persiapan untuk belajar bahasa Inggris. Rencana juga harus jelas ya, misalnya seperti berikut;

  • Apa saja materi yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Inggris sebagai seorang pemula?
  • Apa yang ingin didapatkan Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris?
  • Bagaimana Tingkat kemampuan bahasa Inggris yang diinginkan?
  • Berapa banyak materi yang harus diselesaikan?
  •  kan Kapan waktu yang tepat untuk belajar?

Beberapa rencana lain yang bisa membantu kamu untuk memahami bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan menguasai bahasa asing tersebut.

2. Baca Kembali Persiapan Belajar

Setelah kamu sudah membuat persiapan belajar, maka coba baca kembali rencana tersebut. Kamu bisa merubah beberapa bagian yang diinginkan, misalnya ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. 

Dengan membaca kembali persiapan belajar yang sudah dibuat, kamu bisa membayangkan apa ini dilakukan. Rencana kadang tidak berjalan sesuai semestinya tetapi kamu bisa mencoba untuk tetap fokus pada tujuan awal untuk memahami bahasa Inggris dengan baik dan benar. 

Buat Capaian Rencana Belajar Bahasa Inggris

Trik selanjutnya kamu harus bisa membuat rencana belajar bahasa Inggris terwujud. Ketika belajar bahasa asing, cobalah untuk mempertimbangkan Apa yang perlu dipelajari dan apa yang akan dilakukan dengan bahasa Inggris tersebut. 

Apakah kamu bisa belajar mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, atau justru digunakan untuk belajar ke luar negeri. Jadi sebelum memahami pelajaran bahasa Inggris pastikan kamu sudah menentukan tujuan ya.

Hafalkan Kosakata Bahasa Inggris

Langkah penting untuk mulai memahami bahasa Inggris dengan menghafal dan mengerti kosakata. Ada banyak kosakata dalam bahasa Inggris yang harus kamu pahami, tetapi sebelumnya cobalah untuk menggunakan kosakata yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. 

Untuk para pemula, setidaknya pastikan mencoba menghafal kurang lebih 3000 kosakata. Kamu bisa menghafal kosakata tersebut lengkap dengan cara pengucapannya dan artinya. Tidak hanya dihafalkan, cobalah untuk membuat kosakata tersebut digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK IELTS

Mulai Biasakan Diri dengan Membaca atau Menulis Bahasa Inggris

Pemula juga bisa mencoba untuk mulai membiasakan diri dengan membaca atau menulis menggunakan bahasa Inggris. Membaca memang membosankan bagi beberapa orang, tetapi melalui membaca tulisan bahasa Inggris bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Misalnya, kamu bisa membaca novel fiksi ataupun tulisan non fiksi yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Disarankan untuk membaca hal-hal yang sederhana dan katanya mudah dipahami ya.

Selain itu tingkatkan kebiasaan untuk menulis. Cobalah untuk rutin menulis buku diary menggunakan bahasa Inggris, sehingga bisa perlahan-lahan belajar cara untuk menyusun kalimat dengan baik dan benar. 

Mulai Dengarkan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pemula

Kemampuan listening kamu juga harus diasah dalam bahasa Inggris ya. Kebiasaan untuk mendengarkan percakapan bahasa Inggris atau lagu bahasa Inggris juga memiliki pengaruh yang kuat. 

Tidak harus mendengarkan percakapan pelajaran, kamu juga bisa menonton film bahasa Inggris yang disukai loh. Intinya, mulai biasakan diri untuk mendengarkan bahasa Inggris agar lebih terbiasa dengan aksen maupun kosakatanya ya.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memahami bahasa Inggris dengan baik. Bagi para pemula, cobalah untuk memahami bahasa Inggris dengan langkah-langkah sederhana sebelum akhirnya menginjak materi yang sulit.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH