Cara Membaca Angka Ribuan dalam Bahasa Inggris

Cara Membaca Angka Ribuan dalam Bahasa Inggris

Kamu dapat menggunakan kata berbeda untuk menggambarkan angka, tergantung berapa digit (angka) yang tercantum. Kamu juga bisa menggunakan digit angka untuk menyederhanakan generalisasi. Contohnya, dalam angka 10.000, memiliki 5 digit, dan cara membaca angka ribuan dalam bahasa Inggris tersebut adalah tens of thousands atau ten thousand.

Berikut adalah beberapa cara untuk menggambarkan angka, terutama dalam bentuk ribuan. Gunakan panduan ini agar kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris saat membaca harga suatu barang, atau nominal ribuan.

Panduan Belajar Angka Ribuan dalam Bahasa Inggris

Jika 4 dibaca four, dan 100 dibaca a hundred atau one hundred, bagaimana cara membaca 2024? Berikut panduan lengkap agar kamu bisa mempelajari cara membaca angka ribuan dalam Bahasa Inggris:

Ratusan dan Ribuan

Seringkali lebih mudah menggambarkan empat figure angka dalam ratusan daripada dalam bentuk ribuan. Hal ini dapat diterima dalam aturan bahasa inggris, misalnya angka 1500 sering dibaca fifteen hundred, daripada dibaca one thousand five hundred atau one and a half thousand. Hal ini karena membacanya dalam bentuk ratusan justru lebih sederhana daripada membaca bentuk ribuan.

Baca juga:
Angka Ribuan Dalam Bahasa Inggris

Membaca Ribuan dalam Bentuk Tahun

Kamu mungkin pernah mendengar guru atau native speaker membaca angka dalam bentuk ribuan, tetapi dipecah menjadi dua digit nomor, seperti berikut:

  • 1912 – Nineteen twelve
  • 1087 – Ten eighty seven
  • 1256 – Twelve fifty six

Cara ini kebanyakan digunakan dalam penyebutan tahun, dan menjadi cara yang paling sering digunakan. Akan tetapi jika tahun yang tertulis merupakan abad pertama millennium, maka harus kembali pada aturan awal, seperti berikut:

  • 2008 – Two thousand and eight
  • 2030 – Two thousand and thirty

Ada beberapa pengecualian ketika kamu memecahkan angka ribuan dengan cara tersebut, terutama jika angka tersebut tidak ada hubungannya dengan kuantitas. Misalnya, jika angka tersebut digunakan untuk penamaan suatu hal. Contohnya, screen resolution 1080p, angka tersebut dapat dibaca ten eighty.

Baca juga :
Tips Belajar Hitung Dalam Bahasa Inggris

Mau Lebih Pintar Membaca dalam Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana cara membaca angka ribuan dalam Bahasa Inggris, baik untuk bentuk tahun atau nominal. Untuk bisa lebih cepat membaca angka ribuan, kamu harus mencoba berbagai soal latihan tentang angka ribuan dan ubah dalam kalimat Bahasa Inggris.

Atau, ketika kamu sedang menghitung menggunakan kalkulator, cobalah baca hasil perhitungan tersebut dalam Bahasa Inggris. Cara ini akan membuat kamu terbiasa dalam menyebut angka ribuan.

Jika kamu tidak mampu mengatur waktu untuk belajar sendiri di rumah secara rutin, cobalah ikut kursus Bahasa Inggris. Di tempat kursus, kamu akan belajar secara rutin, dengan materi yang sudah disiapkan dan disampaikan oleh tutor yang profesional. Tutor juga akan membantu mengatasi semua kesulitan yang kamu alami saat belajar. Selain itu, tutor juga sering menggunakan metode pembelajaran yang sudah dirancang sesuai gaya belajar personal.

Mau lebih pintar menggunakan Bahasa Inggris di tempat kursus yang interaktif? ICAN English bisa menjadi solusi terbaik untuk semua kalangan. Sudah banyak siswa yang berhasil meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris di kelas-kelas kami, kamulah berikutnya!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.