tips belajar hitung dalam bahasa inggris

Tips Belajar Hitung dalam Bahasa Inggris

Belajar hitung bahasa Inggris dari angka satu sampai angka sepuluh mungkin bukan sebuah materi yang sulit dipelajari. Apalagi untuk anak-anak, mereka bisa belajar menghafal angka tersebut melalui lagu, sehingga akan cepat diingat. Namun, bagaimana jika harus menghafal ratusan, ribuan, atau mungkin lebih dalam bahasa inggris?

Belajar menghitung dalam Bahasa Inggris kadang bisa sulit, terutama jika kamu harus menyebutkan angka yang kompleks. Apalagi penutur bahasa inggris dari berbagai wilayah berbeda punya pengucapan dan pelafalan angka tertentu yang berbeda.

Tips Belajar Menghitung Bahasa Inggris

Kamu bisa menggunakan tips belajar hitung bahasa inggris dari ICAN English sesuai pola. Sehingga, dari tips ini, kamu bisa mengucapkan angka berapa pun secara lancar, termasuk untuk angka rumit dan besar.

1. Jangan Hafalan

Agar informasi bisa melekat lama di kepala, maka cara belajar yang tepat yaitu tidak menghafal. Kamu harus memahami apa maksud dari informasi tersebut.

Sebaliknya, belajar dari hafalan tanpa mempraktekkannya sehari-hari membuat kamu juga akan melupakannya lagi. Hal tersebut karena esensi bahasa adalah untuk dipakai sehari-hari, bukan dihafalkan.

Baca Juga:
Trik Melatih Kemampuan Reading Bahasa Inggris

2. Identifikasi Pola

Angka adalah Matematika, sehingga kamu harus melakukan identifikasi pola terlebih dahulu. Kegiatan ini penting supaya kamu bisa menghitung dalam Bahasa Inggris lebih mudah.

Belajar mengidentifikasi pola juga membantu menambah makna dan pengaturan. Jadi, kamu tidak sekedar menghafal saja.

3. Cara Pelafalan

Pelajari juga bagaimana pelafalan Bahasa Inggris, karena setiap orang pasti melafalkannya secara berbeda. Apabila kamu mendengar orang lain punya pengucapan berbeda terkait apa yang sudah kamu pelajari, tidak perlu panik.

Perbedaan pengucapan dalam berhitung angka bisa terjadi karena adanya pengaruh kebiasaan dan budaya. Contoh, seseorang yang menggunakan aksen Amerikan English pasti punya cara pengucapan yang berbeda dengan seseorang dengan aksen British English.

Baca Juga:
Tips Melewati Ujian Listening Bahasa Inggris

Trik Belajar Berhitung Bahasa Inggris Lebih Cepat

Ada beberapa trik agar kamu bisa belajar hitung bahasa inggris lebih cepat. Pertama, sebaiknya gunakan objek visual dan pakai semua indera saat sedang belajar. Gunakan penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba sebagai semua indera untuk belajar menghitung.

Contoh saat melihat angka apapun yang terpampang di brosur, baleho, dan lainnya, kamu bisa mencoba melafalkan angka tersebut. Dengan memperhatikan lingkungan, maka otak kamu harus fokus untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mendengarkan penutur asli bahasa inggris. Contoh, pakai Facebook, YouTube dan lainnya untuk melihat bagaimana pengucapan saat mereka berhitung. Jadi, kamu tidak hanya belajar menggunakan metode hafalan, tetapi juga bisa langsung belajar real dari video-video gratis. Selain dari video, juga bisa dari klip film, laporan berita, video musik dan lainnya untuk cara belajar yang lebih menyenangkan.

Terakhir, kamu bisa pakai flashcard untuk latihan. Flashcard yaitu media yang cukup menarik untuk praktek apa yang telah kamu pelajari. Flashcard sangat efektif karena bisa menstimulasi respons instan. Dengan semakin sering latihan, maka waktu reaksi akan jadi semakin singkat saat membaca angka.

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana cara belajar angka atau berhitung dalam Bahasa Inggris. keberhasilan kamu dalam mempelajari materi ini sangat dipengaruhi oleh seberapa intensifnya kamu berlatih setiap hari dan seberapa seringnya menggunakan angka atau perhitungan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi