Cara Menentukan Verb Noun Dan Adjective

Cara Menentukan Verb Noun Dan Adjective

Mampu mengetahui cara menentukan verb noun dan adjective adalah salah satu penguasaan penting dalam Bahasa Inggris. Noun, verb, dan adjective adalah parts of speech.

Pemahaman ini akan membantu meningkatkan keterampilan menyusun kalimat yang tepat saat berbicara maupun menulis. Gunakan panduan ini jika kamu ingin lebih mudah memahami cara membedakan ketiga parts of speech tersebut.

Panduan Belajar Verb Noun dan Adjective

Agar kamu bisa mengetahui cara menentukan verb noun dan adjective, berikut penjelasan masing-masing bagian:

Verb

Verb atau kata kerja mengindikasikan tindakan atau state of being dalam kalimat, seperti contoh berikut:

  • Spiderman drives a motorcycle.
  • Donna is a spy.

Contoh pertama menggambarkan apa yang dilakukan Spiderman, contoh kedua menggambarkan kondisi Donna, atau apa yang selalu dia lakukan. Menjadi seorang “spy” atau mata-mata adalah pekerjaannya, sehingga menunjukkan state.

Verbs juga dapat digunakan dalam berbagai macam tenses yang berbeda, seperti contoh berikut:

  • Johan throws the chair.
  • Johan threw the chair.

Contoh pertama menunjukkan apa yang sedang dilakukan Johan. Sedangkan pada contoh kedua, menunjukkan apa yang Johan telah lakukan.

Seringnya terdapat beberapa verb dalam sebuah kalimat, atau frasa verb keseluruhan, termasuk helping verbs, seperti contoh berikut:

  • Johan jumped and caught the chair.
  • Johan was throwing the chair at us.

Dalam contoh kedua, helping verb yang digunakan adalah was, bagian dari verb phrase “was throwing”.

Helping Verbs membantu memperluas makna verb yang telah digunakan dalam kalimat. Terkadang, action verb membutuhkan konteks atau makna yang lebih luas, seperti contoh berikut:

  • Taylor is singing.
  • Taylor was singing.

Dalam contoh kalimat pertama, “is” menunjukkan apa yang saat ini sedang dilakukan Taylor. Pada kalimat kedua, menunjukkan hal yang sama maknanya, tetapi terjadi dai masa lalu. Contoh helping verbs lainnya adalah: am, are, as, can, be, been, were, has, will, shall, did, do, does, have, might, being, may, would, had, could, dan must.

Sama seperti adjective, adverb juga digunakan untuk menggambarkan bagaimana verb, dan tindakan yang telah dilakukan, seperti contoh:

  • Taylor sang beautifully.
  • The audiences screamed loudly.

Noun

Noun adalah bagian dari part of speech yang menunjukkan orang, tempat, atau benda. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan noun dalam Bahasa Inggris:

  • The turtle writes the letter.
  • Budi visited Mojokerto.

“Turtle” dan “Letter”, keduanya termasuk noun karena sama-sama benda (benda hidup dan benda mati). Keduanya termasuk dalam kategori improper noun karena merupakan kata umum untuk menunjukkan orang, tempat, dan benda.

“Budi” adalah noun karena merupakan orang, dan “Mojokerto” adalah noun karena merupakan tempat. Budi adalah nama laki-laki, dan Mojokerto adalah nama tempat, keduanya bersifat spesifik sehingga disebut proper nouns.

Selain proper dan improper nouns, terdapat pula tangible dan intangible noun. Tangible nouns adalah kata benda yang bisa dipegang, disentuh. Sedangkan intangible nouns adalah benda yang tidak bisa disentuh, sifatnya abstrak, seperti feelings.

  • Honesty is very important.
  • He is finding his happiness.

Honesty dan Happiness, keduanya adalah konsep yang lebih abstrak dibandingkan dengan ‘Turtle’ dan ‘Letter’, tetapi keduanya juga merupakan noun.

Noun juga bisa menunjukkan singular atau plural. Singular noun merujuk pada satu kata benda, dan plural noun adalah lebih dari satu.

  • Dona owns a cat
  • Dona own three cats

Pada kalimat pertama, hanya ada satu kucing, sehingga noun “cat” tidak perlu dirubah. Tetapi, kata “cats” dengan imbuhan -s, menunjukkan jumlah kucing lebih dari satu (plural).

Terakhir, kata benda atau noun juga dapat berbentuk pronoun, karena digunakan untuk mengganti noun dalam sebuah kalimat, sebagaimana berikut:

  • Budi is a prince.
  • He is a prince.

Pada contoh pertama, noun adalah Budi, dan tidak memiliki pronoun. Tetapi, pada kalimat kedua, kata Budi diganti menjadi “he” yang merupakan pronoun. He digunakan untuk mengganti proper noun, “Budi”.

Adjective

Adjective menggambarkan noun. Kata sifat atau adjective memberitahu apa, yang mana, atau semua hal terkait noun. Adjective adalah part of speech yang berfungsi untuk memodifikasi noun.

  • Rani is blonde.
  • Rani lives in a big white palace.

Dalam kalimat pertama, adjective menggambarkan penampilan Rani. Dalam kalimat kedua, terdapat dua verb, big dan white, yang digunakan dalam satu baris untuk memodifikasi the palace.

Adjective juga dapat ditandai dengan adanya helping verbs seperti “is” untuk menandakan singular nouns dan “are” untuk menandakan plural nouns, seperti contoh berikut:

  • The smart boy is tall.
  • The Mathematic teacher is funny.

Dalam kedua contoh tersebut, adjective pertama muncul sebelum noun, dan adjective kedua didukung dengan adanya helping verb. Adjective sangat berguna dalam penulisan, karena membantu pembaca memvisualisasikan atau memahami apa yang ditulis oleh penulis.

Baca juga:
Apa itu Noun dan Pronoun? Simak Penjelasannya di Sini!

Pentingnya Pemahaman Verb Noun dan Adjective

Sekarang, kamu sudah memahami bagaimana cara menentukan verb noun dan adjective. Semua hal tersebut sangat penting dalam meningkatkan pemahaman keterampilan bahasa dan komunikasi yang efektif.

Tanpa pemahaman verb, noun, dan adjective yan baik, kamu tidak akan bisa membangun kalimat bahasa Inggris sesuai grammar. Kamu juga jadi lebih mudah berkomunikasi dengan banyak pengguna bahasa inggris lainnya dalam berbagai konteks.

Ingin lebih lancar berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan? Belajar di tempat kursus Bahasa Inggris ICAN English saja! Kamu bisa memilih kelas sesuai kebutuhan personal. Selama di kelas, kamu akan belajar secara intensif didampingi tutor interaktif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.