Apa itu Noun dan Pronoun? Simak Penjelasannya di Sini!

Apa itu Noun dan Pronoun? Simak Penjelasannya di Sini!

Sebagai pemula, salah satu materi yang harus kamu pelajari adalah apa itu noun dan pronoun dalam bahasa Inggris. Noun adalah salah satu dari empat kelompok kata, seperti verb, adjective, dan adverb. Noun digunakan untuk mengidentifikasi orang, sesuatu, dan binatang. Dalam bahasa Indonesia, noun diartikan sebagai kata benda.

Definisi pronoun adalah kata seperti he, she, mine, who, someone, this, yourself. Fungsi pronoun adalah untuk merujuk atau mengisi posisi sebuah noun atau noun phrase. Dalam Bahasa Indonesia, definisi pronoun adalah kata ganti.

Panduan Belajar Noun dan Pronoun

Agar lebih memahami apa itu noun dan pronoun, kamu dapat menggunakan panduan berikut untuk mempelajarinya:

Noun

Pemahaman dalam penggunaan noun akan membantu mengidentifikasi secara jelas dan menyebutkan orang, tempat, sesuatu benda, atau ide dalam komunikasi. Sehingga menjadikan kalimat yang kamu sampaikan lebih mudah dipahami orang lain.

Saat mempelajari noun, kata benda dalam bahasa Inggris ini dibagi menjadi dua kategori: countable dan uncountable. Countable noun adalah kata benda yang masih bisa dihitung jumlahnya. Sebaliknya, uncountable noun merupakan golongan kata benda yang tidak bisa dihitung jumlahnya, sebagaimana contoh berikut: 

Uncountable nounCountable noun
AccommodationA house, a flat, an apartment,
MoneyA sum of money, a dollar
TravelA trip, a journey

Keberadaan noun atau kata benda dalam sebuah kalimat sangat penting. Fungsinya adalah sebagai subjek, objek, ataupun komplemen yang akan membentuk struktur dan koherensi dalam penulisan. 

Pronoun

Pronoun digunakan untuk menggantikan keberadaan kata benda supaya dapat mencegah pengulangan atau pemborosan kata dalam bahasa Inggris. Berikut adalah contoh jika sebuah kalimat tidak memiliki pronoun:

Donna likes reading books. Donna always reads before sleeping. Donna has so many books in Donna’s bedroom.

Namun, ketika kamu menggunakan pronoun maka kalimat akan terstruktur dengan lebih efektif dan jelas.

Donna likes reading books. She always reads before sleeping. She has so many books in her bedroom.

Dapat beberapa tipe peranan yang berbeda, seperti personal pronouns dan Possessive pronouns. Personal pronoun menunjukkan seseorang atau angka. Gunakan he, she, him, dan her untuk menunjukkan gender. Personal pronouns memiliki subjek dan bentuk objek yang berbeda:

SubjekObjekAngkaGenderOrang
MeTunggalPertama
YouYouTunggal/ JamakKedua
HeHimTunggalMaskulinKetiga
SheHerTunggalFemininKetiga
ItItTunggalKetiga
WeUsJamakPertama
TheyThemJamakKetiga
OneOneGenerikKetiga

Berikut adalah contoh penggunaan personal pronouns dalam kalimat bahasa Inggris:

  • They are waiting for us. We should call them because we cannot come.
  • She is a new student. I saw her yesterday.

Baca juga : Rumus Possessive Pronoun Dan Aturan Penggunaannya

Possessive pronouns menunjukkan kepemilikan untuk menggantikan penggunaan kata benda atau noun.

Personal pronounPossessive pronoun
IMine
YouYours
HeHis
She Hers
ItIts
WeOurs
TheyTheirs 

Berikut adalah contoh penggunaan possessive pronoun dalam kalimat:

  • That book is mine, not yours.
  • The dog is hers, not theirs.

Sekarang, kamu sudah mendapatkan beberapa contoh kalimat lengkap dengan penjelasannya. Cobalah untuk membuat kalimat sendiri menggunakan panduan ini.

Baca juga : Cara Menentukan Verb Noun Dan Adjective

Pentingnya Belajar Noun dan Pronoun 

Dengan mempelajari apa itu noun dan pronoun dalam grammar bahasa Inggris, maka kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Semuanya akan berguna untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan menggunakan bahasa Inggris secara efektif.

Belajar noun dan pronoun berguna bagi pemula untuk meningkatkan keterampilan kosakata. Sehingga pemula dapat mengungkapkan berbagai konsep yang merujuk pada objek yang berbeda. 

Baca juga : Jenis Reflexive Pronoun Dan Contoh Lengkap

Jika kamu ingin lebih mahir dalam menggunakan bahasa Inggris, terutama dalam kalimat yang kompleks, kamu bisa mendaftar di ICAN English. Program kursus bahasa Inggris ini tersedia dalam beberapa kelas untuk memenuhi kebutuhan personal setiap siswa yang berbeda.

Selama mengikuti kursus, kamu akan mendapatkan bimbingan secara intensif dari tutor yang sudah berpengalaman. Materi pembelajaran sudah dirancang secara terstruktur agar kamu bisa belajar dari awal untuk meningkatkan keterampilan berbahasa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi