Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SMP

Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SMP

Cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SMP agar lebih efektif harus menjadi ide yang perlu diperitmbangkan oleh guru. Di kalangan peserta didik SMP, Bahasa Inggris sering dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang rumit. Beberapa bahkan menganggapnya sebagaimana mata pelajaran yang sulit, seperti halnya pelajaran Matematika.

Pemikiran bahwa bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipahami harus segera dibetulkan oleh tenaga pengajar. Sebab hal tersebut bisa membuat siswa semakin menjauh dari pelajaran bahasa Inggris dan tidak memiliki minat dalam mata pelajaran tersebut. 

Tentu saja hal ini menjadi tugas dari tenaga pendidik, bagaimana cara membuat  siswa bisa menyukai pelajaran bahasa Inggris. Pembelajaran yang dilakukan harus berjalan dengan efektif dan menyenangkan.

Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SMP

Berapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa SMP agar terasa lebih menyenangkan, seperti berikut:

Jangan Selalu Fokus pada Grammar

Untuk membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan, cobalah untuk tidak terlalu fokus pada grammar. Ketika mengajar bahasa Inggris kepada murid, ada baiknya untuk sesekali mengesampingkan aturan grammar.

Prioritaskan untuk membuat mereka akrab terlebih dahulu dengan kosakata bahasa Inggris. Jika mereka membuat kesalahan saat berbicara, guru tidak perlu selalu menyoroti kesalahan tersebut secara berulang-ulang.

Pendekatan ini bertujuan untuk membantu murid agar lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri mereka dan tetap mempertahankan minat mereka dalam mempelajari bahasa Inggris. 

Baca juga :
Rekomendasi Permainan Bahasa Inggris Untuk SMP

Manfaatkan Penggunaan Lagu

Musik tetap menjadi alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada murid. Lagu-lagu merupakan metode yang sangat efektif untuk memperkenalkan kosakata baru dan meningkatkan keterampilan dalam pengucapan.

Menggunakan lagu-lagu dengan gerakan tari sangat bermanfaat bagi murid karena mereka dapat mengikuti irama dan gerakan meskipun belum lancar dalam menyanyikan liriknya. Gerakan tari ini sering kali mencerminkan makna atau pesan yang terkandung dalam lagu.

Selain itu, melodi yang mudah diingat akan membantu murid untuk lebih mudah menghafal kosakata bahasa Inggris. Apalagi jika lagunya berasal dari penyanyi atau band favorit mereka, ini pasti akan meningkatkan antusiasme mereka dalam belajar.

Gunakan Kartun Bahasa Inggris

Apabila kartun masih tetap menjadi favorit di kalangan murid, maka bisa menjadi alat yang efektif dalam mengajar bahasa Inggris kepada mereka. Menonton kartun dalam bahasa Inggris merupakan cara yang baik untuk membiasakan murid dengan mendengar kata-kata dalam bahasa tersebut.

Dengan demikian, mereka dapat belajar kosakata dan frasa secara alami. Berkat kemajuan teknologi seperti televisi digital dan internet, sekarang banyak tersedia kartun-kartun yang edukatif bagi murid untuk belajar bahasa Inggris secara daring sambil tetap bersenang-senang.

Baca Juga :
Materi Dalam Kursus Bahasa Inggris SMP

Coba Baca Cerita Bahasa Inggris

Murid-murid juga menikmati saat guru mereka membacakan cerita. Membacakan cerita dari buku bahasa Inggris dapat menjadi metode belajar yang menyenangkan. Memilih buku dengan ilustrasi menarik atau buku interaktif dapat meningkatkan minat murid.

Selain itu, membacakan cerpen bahasa Inggris juga bisa menjadi pilihan yang baik. Kadang-kadang, mengajak murid secara bergantian untuk membacakan cerita bahasa Inggris juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Belajar dari Games

Semua orang menyukai permainan. Hal inilah yang membuat permainan menjadi salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang efektif dan menyenangkan. Permainan dapat menghibur dan menghilangkan kelelahan mental.

Mayoritas permainan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, untuk mahir dalam bermain permainan, seseorang secara alami akan terdorong untuk menguasai bahasa Inggris. Perintah, petunjuk, dan pengaturan dalam permainan biasanya menggunakan bahasa Inggris.

Jika tidak memahami maknanya, seseorang tidak akan bisa bermain dengan lancar dan benar. Melalui bermain permainan, seseorang dapat meningkatkan motivasi untuk belajar bahasa Inggris.

Baca juga:
Games Bahasa Inggris Untuk Anak SMP

Belajar Mengajar Bahasa Inggris Anak SMP yang Efektif

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja cara mengajar Bahasa Inggris untuk anak SMP. Dengan menggunakan metode pembelajaran di atas, kamu bisa mengembangkan potensi bahasa setiap siswa di kelas Menengah.

Sebagai guru, kamu juga dapat mengasah keterampilan berbahasa Inggris lebih efektif dengan mengambil kursus Bahasa Inggris di ICAN English. Kamu bisa memilih kelas sesuai dengan potensi keterampilan yang ingin dikembangkan. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan mengambil kelas General English agar bisa meningkatkan skill di empat aspek, khususnya speaking.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.