Cara mengerjakan tes TOEFL listening

Cara Mengerjakan Tes TOEFL Listening

Feb 11, 2022 | TOEFL

Saat menghadapi TOEFL, kamu harus menguasai beberapa aspek kemampuan, seperti membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis. Sesi listening comprehension adalah salah satu sesi dalam TOEFL yang cukup sulit dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengerjakan tes TOEFL listening.

Kamu harus mendengarkan dialog atau percapakapan bahasa Inggris, tanpa melihat gerakan bibir orang yang berbicara. Hal ini tentu cukup sulit, terutama untuk kamu yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian.

Baca Juga: CARA MENJAWAB TES TOEFL LISTENING

Bagaimana Cara Mengerjakan Tes TOEFL Listening dengan Baik?

Soal listening mengharuskan peserta untuk mendengarkan dialog dengan topik seputar kegiatan belajar mengajar di kelas atau topik seputar kampus. Sesi mendengarkan ini memiliki tujuan untuk menguji bagaimana kamu menangkap topik di sekitar dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Berikut trik terbaik untuk mengerjakan tes TOEFL listening yang perlu kamu lakukan:

Pahami Petunjuk Soal

Soal listening terbagi menjadi 3 bagian, yakni Part A, Part B dan Part C. Di semua bagian ini akan terdapat direction atau arahan untuk mengerjakan soal yang dibacakan oleh native speaker. Nah, kalimat yang keluar biasanya hampir sama di setiap tes TOEFL.

Jadi, sangat bagus jika kamu telah mengetahui dan familiar dengan arahan tersebut sebelum mengikuti tes TOEFL. Ketika arahan sedang dibacakan, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk membaca pilihan jawaban sebanyak mungkin dan menebak kira-kira apa pertanyaan untuk pilihan jawaban tersebut.

Alokasikan Waktu untuk Melihat Jawaban

Tips selanjutnya pastikan untuk mengalokasikan waktu melihat jawaban dari setiap pertanyaan di Listening comprehension secara singkat. Kalian hanya memiliki waktu tidak lebih dari 8 detik per soal. Untuk soal listening, sangat penting membaca semua pilihan jawaban jadi kamu bisa memprediksi konteks pembicaraan yang akan didengarkan. 

Kamu harus pintar membagi waktu antara mengarsir bulatan kertas sopan dengan membawa membaca pilihan jawaban pada soal selanjutnya, sehingga dapat mengira-ngira pertanyaan serta jawaban dari soal tersebut. 

Hindari Bunyi Kata yang Sama

Untuk kamu yang sering memilih jawaban yang mengandung kata dengan bunyi yang sama seperti di audio, maka kamu harus menghindari hal ini. Sebab, ini bisa jadi jebakan yang diberikan oleh pembuat soal untuk mengecoh konsentrasi kamu.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memilih jawaban yang paling berbeda atau restatement dari kata yang kalian dengar di audio. Misalnya, jika di audio terdapat kata job, dan dalam jawaban ada kata occupation, maka kemungkinan besar jawaban inilah yang benar. Untuk itu, gunakan waktu sebanyak-banyaknya untuk membaca jawaban sebelum soal dibacakan.

Jawab Semua Pertanyaan

Pastikan kamu telah mengisi semua soal pada lembar jawaban. Dalam TOEFL, tidak ada pengurangan skor meskipun jawaban kamu salah. Maka, akan lebih baik jika kamu selalu mengisi jawaban pada setiap soal, meskipun kamu ragu dengan jawaban yang dipilih. Siapa tahu kamu justru beruntung dan ternyata jawaban benar.

Beberapa cara tersebut dapat digunakan untuk cara mengerjakan TOEFL  listening bahasa Inggris dengan lancar. Namun sebelum itu kamu bisa belajar terlebih dahulu atau meminta bantuan kursus bahasa Inggris terbaik Ican English. Kursus tersebut bisa memberikan kamu pelatihan atau cara tepat untuk menjawab soal di listening TOEFL. 

Baca Juga: SITUS RESMI DENGAN AUDIO LISTENING TOEFL

Dapatkan Pendampingan Profesional

Tentu tidak bisa dipungkiri bahwa dengan pendampingan professional, kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan skor terbaik dalam TOEFL. Kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL untuk bisa mendapatkan pembelajaran yang maksimal.

Penting untuk menemukan lembaga atau tenaga professional yang tepat dan memiliki materi pelajaran yang telah disesuaikan dengan tes TOEFL resmi. ICAN English menjadi salah satu lembaga yang menyediakan kelas khusus persiapan TOEFL di mana kamu bisa memilih kelas online atau pun offline yang bisa disesuaikan dengan waktu luang kamu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Buku persiapan TOEFL menjadi salah satu kebutuhan penting ketika kamu mempersiapkan ujian TOEFL. Selain mengikuti kursus persiapan TOEFL, ternyata buku tersebut juga bisa membantu memaksimalkan persiapan.  Ada berbagai macam jenis buku TOEFL yang bisa kamu pilih...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH