cara menghadapi ujian sat writing & language section

Cara Menghadapi Ujian SAT Writing & Language Section

Jika saat ini kamu sedang berusaha meningkatkan nilai SAT reading/writing and Language, maka Writing and Language adalah sesi paling mudah. Dengan menggunakan beberapa SAT writing section practice tips dan strateginya, kamu akan mendapatkan skor lebih tinggi.

Alasannya adalah karena hanya menggunakan kemampuan beretorika dan grammar yang lebih sedikit. Kalau kamu coba lebih jeli, kamu dapat dengan mudah mengetahui bahwa pembuat soal hanya bertanya pertanyaan dengan topik yang sama.

4 Strategi Mengerjakan SAT Writing Section Selama Ujian

SAT Language section menguji dua area dalam berbahasa Inggris. Area pertama yaitu Usage and Mechanics yang menguji kemampuan grammar, punctuation, syntax, dan penggunaan yang sesuai. Sedangkan area kedua berfokus pada Writing Strategy, yang menguji expression, editing, dan command of evidence.

Biasanya, salah satu sesi di SAT Writing lebih mudah diselesaikan dibandingkan sesi lainnya. Untuk bisa mengerjakan soal-soal Usage and Mechanics, maka kamu harus sering menghafal dan berlatih. Writing Strategy adalah sesi yang lebih sulit dilatih. Kamu harus memahami ide-ide lebih abstrak seperti topik dalam teks dan struktur tulisan.

Agar kamu bisa menyelesaikan berbagai soal dalam SAT writing section practice, berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan skor:

1. Jangan Terburu-buru

Seringnya, pada sesi ini pelajar mengerjakannya dengan terlalu terburu-buru. Padahal, ketika kamu menganggap soal terlalu mudah, maka akan lebih mudah juga menjawab dengan jawaban yang salah. Terkadang, membaca soal terlalu cepat membuat kamu jadi salah paham.

Agar kamu bisa menjawab dengan jawaban yang tepat, kamu harus menggunakan waktumu untuk membaca kalimat dengan baik. Selalu lakukan koreksi terlebih dahulu sebelum berpindah ke sesi lain.

2. Jangan Terlalu Percaya Diri

Banyak juga pelajar yang merasa begitu percaya diri. Ujian SAT writing section bisa saja menampilkan soal-soal menjebak. Seringkali kata yang digarisbawahi dalam sebuah soal membuat kamu kesulitan untuk memahami apa makna kalimat tersebut.

Contoh, bisa saja dalam sebuah soal, terdapat kata yang digarisbawahi mirip seperti subjek dan verb. Atau, bisa saja tambahan koma, titik koma, atau tanda baca lainnya membuat kamu justru salah menganalisa kalimat dan memilih jawaban yang salah.

Baca Juga:
Tips Agar Siap Menghadapi SAT Preparation

3. Fokus tingkatkan Kemampuan

Kadang, kamu merasa sudah mempelajari banyak peraturan dalam grammar, dan merasa menguasainya. Padahal, ada bagian-bagian tertentu dari grammar yang mungkin masih sulit dipahami. Contoh, apakah kamu sudah paham dengan fungsi tanda petik, atau tanda koma?

Agar kamu bisa mendapatkan nilai bagus dalam ujian SAT writing, maka kamu harus jujur kepada diri sendiri bahwa kamu masih perlu mempelajari semua peraturan penggunaan tanda baca secara umum. Gunakan konsep tersebut untuk materi lainnya yang belum kamu kuasai.

4. Pelajari Value Skor 800

Mendapatkan skor 800 mungkin terdengar mustahil, tapi sebenarnya kamu bisa mendapatkan skor sebesar itu. Bergantung pada tujuan kamu, beberapa perguruan tinggi menargetkan calon mahasiswanya mendapatkan skor SAT tinggi. Contoh, Yale University adalah lembaga perguruan tinggi terkemuka dunia dengan skor SAT para pelajar sangat kompetitif.

Perguruan tinggi terbaik ketiga di dunia itu mempunyai banyak pelajar dengan nilai SAT Verbal sebesar 760, 25% mahasiswa dengan skor 710, dan 75% mahasiswa dengan skor 800. Jika kamu berhasil mendapatkan skor 800, maka kamu akan berada di antara 75% mahasiswa tersebut. Artinya, skor 800 sangat berguna untuk pelajar yang sudah mengincar universitas top dunia.

Untuk mendapatkan nilai 800, kamu harus memperoleh 44 raw score dalam tes Writing and Language section. 44 raw score tersebut artinya kamu harus menjawab setiap pertanyaan dengan jawaban yang tepat. Jika jawaban salah satu, maka akan membuat nilai kamu jatuh di angka 39.

Baca Juga:
Bisakah Tes SAT Secara Online?

Mulai Ikut Kursus SAT Writing Section Sekarang Juga!

Mampu mengidentifikasi berbagai macam soal yang kamu hadapi dalam ujian SAT writing hanya bisa kamu tingkatkan dengan cara berlatih. ICAN English menawarkan kelas khusus untuk persiapan SAT Writing, agar kamu bisa memahami penggunaan grammar dan topik-topik yang sering muncul di tes tersebut.

Seluruh materi disampaikan oleh tutor profesional, berpengalaman di bidangnya. Sudah banyak pelajar yang memilih mengambil kursus ini agar dapat mewujudkan cita-cita kuliah di luar negeri. Jika kamu ingin belajar secara intensif, kursus ini adalah langkah tepat untuk memulainya sekarang juga!

Seringkali kamu disarankan untuk mencari soal-soal SAT writing section practice agar kamu bisa mengenali mana saja kelebihan dan kekurangan yang harus ditingkatkan. Semua soal-soalnya bisa diprediksi karena dalam sesi ini, selalu ada sejumlah topik terbatas dan menanyakan pertanyaan yang mudah kamu analisa. Jika kamu ingin mendapatkan nilai 800, pastikan tidak ada yang salah dengan menjawab pertanyaan secara hati-hati.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web