tips agar siap menghadapi sat preparation

Tips Agar Siap Menghadapi SAT Preparation

Adanya SAT Preparation tips membantu agar kamu dapat memahami tahap demi tahap belajar SAT. Langkah penting agar kamu bisa menjawab soal SAT adalah memahami struktur tes dan bagaimana cara meningkatkan skor di tiap sesi soal.

SAT merupakan ujian masuk perguruan tinggi, yang setiap tahunnya lebih dari 1 juta pelajar berpartisipasi. Agar kamu bisa mendapatkan skor SAT memuaskan, belajarlah secara spesifik, khusus soal-soal SAT dan materi yang paling sering keluar dalam ujian tersebut.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Ujian SAT

Belajar mendadak, belajar tanpa jadwal, dan belajar hanya dalam semalam tidak akan membuat skor SAT kamu memuaskan. Para ahli membagikan SAT Preparation tips adalah dengan belajar intensif selama beberapa bulan dan harus mampu membagi waktu belajar. Berikut adalah bagaimana cara menghadapi SAT agar mendapatkan skor yang memuaskan:

Buatlah Jadwal Belajar SAT

Jika kamu ingin meningkatkan skor ujian SAT, langkah paling logis adalah dengan rajin mempelajari soal-soal secara rutin. Membuat jadwal akan membantu memastikan bahwa kamu telah belajar secara konsisten. Namun, membuat jadwal belajar juga tidak boleh sembarangan.

Kamu harus membuat jadwal rencana belajar secara strategis berdasarkan kekuatan dan kelemahan konten tes. Sebaiknya, fokus pada materi pembelajaran yang masih perlu ditingkatkan tanpa harus menniggalkan semua materi yang sudah kamu kuasai.

Untuk membuat jadwal belajar, mulai dengan memilih kapan kamu akan mengambil tes SAT resmi. Selanjutnya, buat jadwal rutin, minimal 2-3 jam per minggu untuk belajar.

Gunakan Bahan Pembelajaran Berkualitas

Skor SAT tidak hanya berdasarkan pada sejauh mana kamu mempersiapkan diri untuk belajar menghadapi ujian tersebut. Tetapi, juga berdasarkan pada kualitas materi yang kamu pelajari.

Gunakan bantuan kelas ICAN English untuk mendapatkan bahan pembelajaran yang berkualitas. Kamu juga tidak perlu harus mengatur jam belajar sendiri, atau kebingungan menyelesaikan soal-soal dan materi yang belum kamu kuasai.Adanya tutor profesional akan memberikan penjelasan supaya kamu bisa menguasai dan menghadapi soal SAT resmi dengan lebih percaya diri.

Baca Juga:
Bisakah Tes SAT Secara Online?

Tingkatkan Kecepatan Membaca

SAT Reading menguji kemampuan kamu untuk menjawab soal lebih cepat dan akurat. Kecepatan membaca membuat kamu mempunyai lebih banyak waktu untuk menentukan mana jawaban yang tepat.

80% dalam soal-soal Reading, 20% adalah jawaban dari apa yang kamu baca. Untuk itu, kamu harus menjadi seorang pembaca yang lebih efisien dengan waktu lebih banyak digunakan untuk berpikir kritis dan menjawab pertanyaan. Sering-sering membaca berbagai soal SAT Reading akan membuat kamu lebih familiar dalam pertanyaan structure and language.

Kenali Apa Saja Kesalahan yang Dapat Dikontrol

Apa yang harus kamu lakukan ketika tidak bisa memprediksi atau menjawab mana jawaban yang tepat? Ada beberapa kesalahan lainnya yang bisa kamu kontrol, misalnya tekanan waktu, pemahaman pertanyaan, dan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu akibat tergesa-gesa, atau panik.

Banyak pelajar yang membuat kesalahan menjawab SAT karena tekanan waktu. Cobalah berlatih mengerjakan soal berbatas waktu supaya kamu bisa terbiasa mengerjakan soal dengan cepat namun tidak dibawah tekanan. Beri waktu sesuai dengan waktu yang akan kamu hadapi saat mengerjakan soal.

Contoh, ketika latihan SAT Reading, batasi waktu mengerjakan soal selama 65 menit. Waktu tersebut adalah durasi yang sama ketika nantinya kamu ikut tes Reading SAT resmi. Dalam durasi tersebut, kamu harus menyelesaikan 52 butir soal, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap soal adalah 75 detik.

Baca Juga:
Kursus SAT Preparation di Bandung

Cara Menghadapi Ujian SAT

Seringnya, pelajar yang akan menghadapi tes SAT terlalu memforsir kondisi fisik dan pikiran, sehingga membuat mereka justru kelelahan di hari ujian resmi. Pastikan kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup, dan jika memungkinkan, penuhi kebutuhan energi tubuh dengan sarapan yang seimbang. Tidak ada salahnya memberikan “treat” untuk diri sendiri agar kamu bisa masuk ke ruang ujian nanti dengan mood yang baik.

Misalnya, kamu bisa menikmati secangkir kopi atau teh hangat terlebih dahulu. Gunakan pakaian yang nyaman agar kamu bisa lebih fokus mengerjakan soal-soal tersebut. Jika memungkinkan, berangkat lebih awal untuk menghindari keterlambatan hadir karena adanya kendala di tengah jalan.

Saat ujian dimulai, kerjakan soal-soal yang sudah kamu kuasai dan kamu sudah tahu mana jawaban yang benar. Cara ini akan membantu agar kamu bisa lebih banyak menghemat waktu untuk mengerjakan soal lainnya yang lebih sulit. Jika ada soal yang sulit dan menghabiskan waktu lebih dari satu menit, lewati terlebih dahulu. Kemudian, berikan tanda supaya kamu bisa menyelesaikan soal tersebut nanti.

Jika kamu ragu menjawab soal-soal yang sulit, cobalah mengeliminasi beberapa jawaban yang menurut kamu salah. Kemampuan membuang beberapa pilihan jawaban dalam satu soal, akan membantu kamu untuk memperoleh mana jawaban yang benar.

Berusahalah melakukan yang terbaik untuk menjawab setiap butir soal. Sediakan waktu untuk kembali ke pertanyaan yang sudah kamu lewati sebelumnya, dan jangan ragu untuk memberikan jawaban jika kamu kehabisan waktu. Walaupun kamu tidak tahu jawaban yang tepat, minimal kamu sudah menebak jawaban. Jangan pernah ada soal yang tidak terselesaikan dalam ujian tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web