Yuk, Belajar Cara Menghitung Score IELTS

Yuk, Belajar Cara Menghitung Score IELTS

Apa arti skor IELTS yang kamu peroleh? Dengan skala 9-Band, setiap skor IELTS mencerminkan tingkat pengguna bahasa Inggris yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu wajib mengetahui bagaimana cara menghitung score IELTS.

Kamu akan diberi skor 1 sampai 9 untuk setiap bagian tes – Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Rata-rata menghasilkan Skor Band Keseluruhan. Kamu dapat mencetak skor keseluruhan (misalnya 5.0, 6.0, 7.0) atau setengah (misalnya 5.5., 6.5, 7.5) di setiap bagian tes.

Skor IELTS tertinggi adalah 9 dan terendah 1. Masing-masing skor mencerminkan tingkat pengguna bahasa Inggris yang berbeda-beda. Tidak ada kata lulus atau gagal dalam IELTS.

Cara Menghitung Skor Band IELTS Keseluruhan

Bagaimana cara menghitung score IELTS secara keseluruhan? Skor keseluruhan band dihitung dengan mengambil skor rata-rata dari empat komponen tes. Selain itu, skor setiap komponen diberi bobot yang sama. Skor keseluruhan band akan dibulatkan ke seluruh atau setengah band terdekat.

Contoh, kamu telah mendapatkan skor 6,5 untuk sesi Listening, 6,5 untuk Reading, 5,0 untuk Writing, dan 7,0 untuk Speaking, Skor Band IELTS Keseluruhannya adalah:

(6.5 + 6.5 + 5.0 + 7.0) dibagi 4 = 6.25. Jadi, skor IELTS kamu yaitu 6.5.

Jika kamu mencapai 4,0 untuk Listening, 3,5 untuk Reading, 4,0 untuk Writing, dan 4,0 untuk Reading, Skor IELTS Band Keseluruhan kamu adalah:

(4.0 + 3.5 + 4.0 + 4.0) dibagi 4 = 3.875, jadi skor IELTS adalah 4.

Skor IELTS Listening

IELTS Listening berisi 40 pertanyaan. Setiap item yang benar diberi satu nilai, sehingga raw score maksimum yang dapat kamu capai untuk setiap komponen adalah 40. Skor kelompok mulai dari Band 1 hingga Band 9 diberikan kepada kandidat berdasarkan raw score (jumlah jawaban yang benar).

Baca juga:
Begini Cara Memahami IELTS Listening Band Score

Skor IELTS Speaking

Penguji IELTS menggunakan kriteria penilaian terperinci yang menggambarkan kinerja tertulis pada masing-masing 9 band IELTS.

Penguji memberikan band score untuk masing-masing empat bidang kriteria: Kefasihan dan Koherensi (Fluency and Coherence), Sumber Daya Leksikal (Lexical Resource), Jangkauan dan Akurasi Tata Bahasa (Grammatical Range and Accuracy); dan Pengucapan (Pronunciation). Keempat kriteria tersebut memiliki bobot yang sama.

Skor IELTS Reading

Komponen IELTS Reading berisi 40 pertanyaan. Setiap soal yang benar diberi satu nilai, sehingga raw score maksimum yang dapat kamu capai untuk setiap komponen adalah 40. Skor kelompok mulai dari Band 1 hingga Band 9 diberikan kepada kandidat berdasarkan raw score (jumlah jawaban yang benar).

Skor IELTS Writing

Penguji IELTS menggunakan kriteria penilaian terperinci yang menggambarkan kinerja tertulis di masing-masing 9 band IELTS. Penguji memberikan band score untuk masing-masing empat bidang kriteria. Keempat kriteria tersebut memiliki bobot yang sama, kriteria tersebut yaitu: Task Achievement atau Pencapaian Tugas pada Task 1, Respons Tugas atau Task Response dalam Task 2;Koherensi dan Kohesi (Coherence and Cohesion);Sumber Daya Leksikal (Lexical Resource); Jangkauan dan Akurasi Tata Bahasa (Grammatical Range and Accuracy).

Baca Juga:
Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Belajar Mencapai Score IELTS di ICAN English

IELTS diterima oleh lebih dari 10.000 organisasi, tersebar di lebih dari 145 negara. IELTS adalah tes bahasa Inggris dengan risiko tinggi yang paling populer di dunia. Dengan mengetahui cara menghitung score IELTS, kamu jadi lebih siap untuk menghadapi ujian tersebut.

Buat persiapan mencapai score IELTS lebih mudah dengan mengikuti kursus di ICAN English. Khusus untuk tes IELTS, kami menyediakan IELTS Preparation Program yang membuat kamu belajar secara intensif bersama tutor yang sudah memiliki kualifikasi. Tidak hanya latihan soal-soal IELTS untuk belajar lebih banyak strategi, kamu juga bisa mengikuti mock test.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.