Begini Cara Memahami IELTS Listening Band Score

Begini Cara Memahami IELTS Listening Band Score

IELTS Listening band score paling rendah adalah 4 dan yang paling tinggi adalah 9. Saat mengerjakan soal listening dalam tes IELTS, kamu harus menjawab sebanyak 40 pertanyaan. 1 jawaban yang benar akan mendapatkan nilai satu poin. total jawaban yang benar akan menentukan nilai mentah (raw score) yang akan mempengaruhi band score.

Ketika menghadapi soal IELTS, sangat penting untuk mencoba menjawab setiap pertanyaan. Jika ada soal yang tidak kamu jawab, maka tidak akan mendapatkan nilai. Hasil perhitungan band score pada IELTS Listening juga akan mempengaruhi nilai keseluruhan tes tersebut.

Penjelasan Band Score di IELTS Listening Test 

Berikut adalah informasi tentang skill level sesuai band score listening IELTS, sebagaimana berikut:

Band 9

Kamu telah memiliki level keterampilan berbahasa Inggris tingkat ekspert. Sehingga kamu telah dinyatakan mampu menggunakan bahasa Inggris dengan akurat, tepat, dan telah mahir dalam menggunakan bahasa Inggris.

Band 8

Skill level adalah very good user. Kamu dinyatakan telah memenuhi penguasaan bahasa dengan sedikit permasalahan dalam hal akurasi dan ketepatan bahasa. Pada level ini, kamu masih sering salah paham saat berkomunikasi di situasi yang baru. Akan tetapi kamu sudah mampu memberikan argumentasi secara jelas dan dan kompleks.

Baca juga : Ini IELTS Listening Score Yang Harus Diketahui

Band 7

Skill level good user. Kamu dinyatakan telah memiliki pemahaman bahasa yang baik,  tetapi masih sering menggunakan bahasa secara kurang akurat, kurang tepat, dan salah paham saat berkomunikasi dalam beberapa situasi. Akan tetapi, kamu sudah mampu menggunakan bahasa Inggris secara kompleks, memahami dengan baik, serta mampu memberikan alasan terperinci.

Band 6

Skill level adalah competent user. Kamu dinyatakan telah mampu menggunakan bahasa Inggris secara efektif, walaupun masih ada salah paham, ketidaktepatan pemilihan kata, dan tidak akurat. kamu juga sudah mampu memahami penggunaan bahasa Inggris secara kompleks, terutama dalam kondisi tertentu.

Band 5

Skill level kamu adalah Modest user. Kamu memiliki penguasaan bahasa yang cukup baik, dan dapat memahami situasi tertentu. Kamu masih sering melakukan banyak kesalahan, tetapi mampu berkomunikasi sesuai dengan bidang yang kamu geluti.

Band 4

Skill level kamu adalah Limited user. Kompetensi dasar yang kamu miliki masih terbatas pada situasi yang familiar saja. kamu dinyatakan masih memiliki masalah dalam pemahaman dan ekspresi, sehingga belum bisa menggunakan bahasa Inggris secara kompleks.

Band 3

Skill level kamu masih pada tingkat extremely limited user. Kemampuan yang kamu miliki adalah memahami garis besar bahasa Inggris dalam situasi yang familiar, dan masih sering mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. 

Band 1-2

Dalam band score 1-2, tingkat kemampuan bahasa Inggris masih tergolong intermittent. Pada level ini, dinyatakan belum mampu melakukan komunikasi dan menggunakan informasi dasar berbahasa Inggris. Sehingga memiliki kesulitan dalam memahami bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.

Baca Juga : Yuk, Belajar Cara Menghitung Score IELTS

Tabel Band Score

Tabel ini akan memberikan informasi tentang penilaian tes listening IELTS. Perhatikan bahwa jika jawaban benar atau raw score dapat mempengaruhi band score:

Jumlah Jawaban yang Benar(Raw Score)Band Score IELTS Listening
39-409
37-388.5
35-368
32-347.5
30-317
26-296.5
23-256
18-225.5
16-175
13-154.5
11-124

Dari tabel informasi di atas, menunjukkan bahwa jika ingin mencapai band score tertentu dalam mengerjakan soal tes IELTS listening, kamu harus mampu menyelesaikan beberapa soal dengan jawaban yang tepat. Penilaian dapat berbeda karena adanya variasi dalam pertanyaan-pertanyaan listening untuk kebutuhan yang berbeda.

Mengikuti tes IELTS membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebaiknya, lakukan persiapan dengan matang agar kamu bisa mencapai IELTS Listening band score sesuai target. Jika kamu bingung untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal IELTS, gunakan bantuan dari kelas IELTS Preparation Program di ICAN English.

Salah satu benefit yang akan kamu dapatkan dari kelas ini adalah belajar secara intensif di kelas yang dirancang dengan suasana seperti tes resmi. Kamu juga akan mendapatkan evaluasi dari instruktur dengan adanya mock test. Sehingga kamu akan lebih siap untuk menghadapi tes resmi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi