Cara menguasai TOEFL

Cara Menguasai TOEFL untuk Skor yang Maksimal

Mar 21, 2022 | TOEFL

Memiliki skor TOEFL yang bagus tentunya menjadi impian banyak orang. Karena tes TOEFL memerlukan sejumlah biaya. Sehingga akan sangat disayangkan apabila biaya harus keluar berkali-kali. Karena skor TOEFL belum mencapai angka yang diinginkan. Terdapat cara menguasai TOEFL yang dapat dilakukan sebelum memutuskan mengikuti tesnya.

TOEFL bukanlah skill yang dapat dikuasai dalam waktu singkat. Karena skill yang ada dalam TOEFL memang cukup kompleks dibandingkan bahasa Inggris umum. Kursus persiapan TOEFL bisa jadi salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan skor yang kamu inginkan. TOEFL digunakan untuk syarat masuk perusahaan atau perguruan tinggi. Sehingga tidak heran apabila terdapat skor minimal dalam TOEFL.

Baca Juga: CARA BELAJAR TOEFL YANG EFEKTIF

Cara Menguasai TOEFL yang Efektif

Untuk dapat menguasai TOEFL, terdapat beberapa cara yang perlu dilewati. Karena mendapatkan skor tinggi dalam TOEFL tidak dapat dilakukan secara instan. Oleh karena itu, inilah beberapa cara atau langkah untuk bisa menguasai TOEFL!

1. Mengenali Jenis Ujian TOEFL

Cara pertama dan yang paling utama adalah mengenali jenis atau tipe ujian pada tes TOEFL. Karena TOEFL pun memiliki dua jenis, yaitu ITP dan iBT. Dalam iBT biasanya terdapat soal speaking. Sedangkan dalam ITP hanya ada listening, structure, dan reading.

Dalam ITP, jumlah keseluruhan soal adalah 140. 50 soal listening dengan waktu 35 menit, 40 soal untuk structure and written expression dengan waktu 35 menit. Terakhir adalah reading memiliki jumlah soal 50 dengan waktu 55 menit.

2. Menargetkan Skor

Cara menguasai TOEFL berikutnya adalah dengan menargetkan skor akhir pada TOEFL. Skor tertinggi dalam TOEFL adalah 677, sedangkan skor minimum adalah 310. Umumnya, perusahaan dan instansi mematok skor minimal sebesar 450.

Angka tersebut tidak akan terlalu sulit apabila sudah melakukan persiapan sedemikian rupa. Sebelum melakukan tes TOEFL, alangkah lebih baiknya mengetahui tujuan mengikuti tes tersebut. Karena hal tersebut akan berimbas pada target skor yang harus dicapai.

3. Melatih Diri dengan Mengerjakan Soal Prediksi

Cara selanjutnya merupakan cara yang cukup penting yaitu mengerjakan soal-soal prediksi TOEFL. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengetahui progress kemampuan dan pembelajaran. Tes prediksi biasanya akan menampilkan skor akhir setelah tes selesai.

Skor prediksi tersebut dapat dijadikan patokan dalam mengukur kemampuan. Apabila sudah melewati target skor, maka dapat langsung mencari tes TOEFL bersertifikat. Namun, apabila skornya masih di bawah target maka lakukanlah latihan dan pembelajaran lebih giat.

4. Pastikan Diri Sudah Terlatih Ketika Melakukan Tes

Cara terakhir merupakan langkah wajib yang perlu dilakukan. Apabila memutuskan untuk mendaftar ujian TOEFL, maka pertimbangkanlah terlebih dahulu kemampuan diri. Apabila sudah dirasa cukup yakin dan mampu, maka lanjutkan untuk mendaftar.

Namun, apabila masih ragu dengan kemampuan dan skill yang dimiliki. Maka, usahakan untuk melatih diri terlebih dahulu. Karena tes TOEFL membutuhkan biaya yang terbilang cukup mahal. Biayanya adalah sekitar Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 1 juta.

Baca Juga: MACAM TES TOEFL YANG PERLU KAMU TAHU

Skill yang Harus Dimiliki Saat Akan Melakukan Cara Menguasai TOEFL

Seperti yang telah disebutkan bahwa dalam TOEFL terdapat beberapa skill yang akan diujikan. Diantaranya adalah listening, structure, dan reading. Pastikan untuk menguasai skill tersebut sebelum mengambil langkah untuk menguasai TOEFL secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa skill yang perlu dimiliki!

1. Listening

Skill pertama yang perlu dimiliki adalah listening. Caranya adalah dengan rutin mendengarkan lagu dan menonton film berbahasa Inggris. Karena dalam skill listening, aspek utama yang perlu ditingkatkan adalah pendengaran terhadap audio berbahasa Inggris.

2. Structure and Written Expression

Skill kedua adalah structure atau grammar. Skill ini berkaitan dengan pengetahuan grammar kamu. Sehingga, untuk meningkatkan skill ini maka disarankan untuk sering berlatih grammar dan meningkat vocabulary atau kosa kata.

3. Reading

Skill terakhir adalah reading. Dalam skill ini, kamu akan diberikan sejumlah teks yang kemudian disusul dengan beberapa pertanyaan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencoba untuk memperkaya kosakata atau vocabulary dalam bahasa Inggris. Agar dapat lebih paham saat disajikan teks berbahasa Inggris.

Beberapa cara menguasai TOEFL dapat dilakukan agar mampu mencapai skor yang tinggi saat tes TOEFL. Jangan pernah malas untuk belajar dan berlatih. Karena skor TOEFL yang tinggi tidak mudah untuk didapatkan. Terlebih jika didapatkan secara instan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan materi listening yang diujikan pada tes TOEFL. Materi listening ini umumnya akan berisi percakapan dua orang atau lebih mengenai sesuatu. Kamu sebagai peserta tes TOEFL diwajibkan mendengarkan dengan sesksama dan menjawab...

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Bagi kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes stkamur kemampuan bahasa Inggris untuk non-penutur asli bahasa Inggris yang bertujuan untuk bekerja atau belajar di negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Tes TOEFL biasanya digunakan oleh...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH