cara meningkatkan skor pte reading section

Cara Meningkatkan Skor PTE Reading Section

Sebagai bagian dari ujian, meningkatkan skor PTE Reading section membutuhkan waktu belajar intensif dan strategi efektif. Ujian PTE menguji keterampilan Bahasa Inggris dalam empat sesi yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Walaupun kamu bukan seorang native speaker, ujian ini harus kamu hadapi jika ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

Jika menghadapi soal-soal PTE Reading, maka kamu harus memahami apa permintaan dalam soal. Apabila tidak mampu memahami soal-soal yang ada, maka kamu tidak akan bisa menyelesaikan soal dengan baik. Ketika belum paham apa yang diminta dalam soal tersebut, sebaiknya baca ulang pertanyaan.

4 Jenis Soal dalam PTE Reading Section

Sebagai seorang pemula, kamu harus mendedikasikan waktu yang cukup untuk mempelajari reading section. Ada empat jenis soal dalam soal PTE Reading, sebagaimana berikut:

1. Multiple Choice, Single Answers

Pahami apa pertanyaannya dan gunakan metode membaca “scan” untuk mencari jawaban yang tepat. Gunakan juga metode “eliminasi” untuk menemukan satu jawaban yang tepat. Memilih opsi jawaban yang tepat terkadang sulit, karena opsi lainnya terdengar seperti pilihan yang tepat. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk menganalisa teks agar memperoleh jawaban yang benar.

2. Multiple Choice, Multiple Answers

Dalam jenis soal ini, kamu akan mendapatkan pertanyaan dengan jawaban lebih dari satu. Soal ini terdengar mudah untuk diselesaikan, namun terkadang justru menjebak. Baca hati-hati agar kamu bisa memilih mana jawaban yang tepat sesuai pertanyaan.

3. Reorder Paragraph

Kamu akan menyusun beberapa kalimat dalam urutan yang logis. Untuk itu, kamu harus mencoba menyusun semua kalimat tersebut dengan tepat hingga makna dalam semua kalimat tersebut jelas.

4. Fill in The Blanks

Kamu akan mendapatkan sebuah teks dengan beberapa kata kosong yang harus dilengkapi. Kamu harus memilih kata mana yang tepat untuk mengisi bagian kosong tersebut.Jenis soal ini membuat kamu harus lebih fokus pada bagian part of speech.

Penguasaan materi part of speech akan membuat kamu lebih mudah mengisi bagian yang kosong dengan jawaban yang tepat. Kebanyakan jenis soal ini menguji kemampuan kosakata dan pemahaman grammar kamu, dengan menanyakan sinonim apa yang sesuai untuk kata yang hilang dalam teks.

Baca Juga:
Mengenal Tes PTE Academic

Tips Meningkatkan Skor PTE Reading Section

ICAN English adalah lembaga kursus Bahasa Inggris yang telah membantu banyak pelajar agar bisa menyelesaikan ujian PTE dengan skor memuaskan. Untuk kamu yang masih kesulitan meningkatkan skor dalam ujian tersebut, terutama sesi reading, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Pertama, kembangkan dan latih kemampuan membaca dengan metode Scanning dan Skimming. Skimming adalah metode membaca cepat, untuk menangkap informasi ide dalam teks secara keseluruhan. Teknik ini membantu mempersingkat waktu dalam memahami teks dan mendapatkan jawaban tepat. Cara meningkatkan kemampuan skimming adalah sering membaca artikel pada koran atau situs-situs online.

Kedua, kamu juga bisa lebih fokus pada keywords atau kata kunci. Cari kata kunci yang akan membantu kamu menemukan jawaban yang tepat. Contoh, kata kunci seperti fakta, tokoh, nama, dan lokasi adalah beberapa poin penting yang sering dipertanyakan dalam teks. Jika sudah memahami teks dan paham maknanya, baca teks tersebut secara detail untuk menangkap isi teks yang diujikan. Kemudian, cari jawaban yang sesuai dengan informasi dalam pertanyaan.

Ketiga, strategi yang paling ampuh dalam menyelesaikan pertanyaan pilihan ganda yang sulit adalah menggunakan strategi eliminasi. Ketika kamu ragu mana jawaban yang tepat, hilangkan pilihan-pilihan jawaban yang terkesan tidak relevan sehingga kamu akan mendapatkan satu jawaban yang benar.

Terakhir, belajar mengatur waktu secara bijak, karena banyak pelajar yang gagal untuk menyelesaikan tes ini hanya karena kurang efisien membagi waktu. Gunakan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan soal-soal yang sulit karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi. Jangan lupa untuk memeriksa seluruh jawaban. Kebiasaan ini akan mencegah nilai skor rendah karena kesalahan pengejaan atau grammar.

PTE Reading section akan menguji kemampuan Bahasa Inggris kamu, sehingga membutuhkan persiapan terkait apa saja strategi agar kamu bisa menyelesaikan ujian tersebut dengan skor memuaskan. Mempelajari format soal dan tips mengerjakan dalam ujian ini juga akan membantu agar kamu bisa mencapai target skor dengan efektif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi