Mengenal Tes PTE Academic

Mengenal Tes PTE Academic

Tes PTE academic, singkatan dari Pearson Test of English Academic yaitu tes umum untuk syarat utama masuk ke universitas yang ada di luar negeri. Beberapa universitas mewajibkan agar calon pendaftar ikut tes PTE.

Selain untuk kepentingan kuliah, PTE juga sering dipakai sebagai pelengkap syarat ketika ingin imigrasi ke luar negeri. PTE juga tidak hanya penting bagi non-native speaker Bahasa Inggris. Hal ini karena terdapat dua jenis, yaitu PTE academic dan juga PTE secara umum.

3 Format Materi PTE Academic

Tes PTE academic adalah untuk calon mahasiswa yang ingin studi. Jadwal tes diselenggarakan sepanjang tahun. Hasil tes PTE berlaku untuk dua tahun sedangkan PTE umum diadakan tiga kali per tahun, yaitu Mei, Juni, dan juga Desember. Materi yang muncul pada ujian tersebut adalah menulis esai pada dua lembar kertas dan juga tes speaking. Untuk mengerti setiap materi, kamu bisa bergabung dalam kelas persiapan PTE Academic.

Pelaksanaan ujian PTE academic menggunakan komputer dengan materi tes berdurasi tiga jam. Hasil tes lebih cepat karena bisa muncul setelah lima hari tes. Dalam ujian PTE, materi lebih sulit karena mengukur kemampuan bahasa Inggris seperti halnya penutur asli. Terdapat empat sesi tes PTE, yaitu listening, reading, speaking, dan juga writing. Berikut adalah penjelasannya tentang format PTE academic.

Baca Juga:
Berbagai Tes Akademik Bahasa Inggris

1. Reading

Sesi paling mendasar, dan lebih mudah. Peserta tes PTE academic akan diuji kemahiran dan kemampuan membaca instruksi tertulis Bahasa Inggris. Sesi tersebut berjalan selama lima segmen yang harus kamu kerjakan selama 35-41 menit.

Ada beberapa jenis tes, pertama yaitu pilihan ganda dengan satu jawaban, kedua yaitu pilihan ganda dengan beberapa pilihan jawaban.

Format lainnya yaitu memperbaiki kalimat yang benar pada paragraf, mengisi bagian hilang pada teks bacaan, dan segmen mengisi bacaan dalam jawaban tertulis.

2. Listening

Sesi ini berjalan selama 45-57 menit. Fungsinya yaitu mengenali kemampuan pemahaman bahasa Inggris peserta tes. Sebagai peserta, kamu harus dengarkan audio seksama yang diputar dengan terdapat delapan segmen.

Tiap soal harus kamu kerjakan hanya beberapa detik. Peserta mengerjakan pilihan ganda, mengisi kata hilang, menebak bagian kata yang salah, memilih kata hilang, dan menulis bagian salah menjadi benar.

3. Speaking dan Writing

Sesi tersebut menguji kemampuan dalam berkomunikasi. Terdappat enam bagian dan pada tiap soal harus kamu selesaikan dalam beberapa detik. Tiap peserta wajib memperkenalkan diri, mengulangi kalimat, membaca bacaan menggunakan pelafalan tepat, mendeskripsikan gambar, dan menjawab pertanyaan singkat atau membuat esai.

Tes ini lebih sulit jika dibandingkan dengan TOEFL ataupun IELTS. Dalam tes tersebut, kamu harus mempunyai kemampuan pada hitungan detik. Tes PTE juga punya penilaian berbeda, pada tiap sesinya yaitu 10-90 sedangkan rata-rata skornya yaitu 75-85.

Baca Juga:
Contoh Soal Speaking Test

Pola Tes PTE

Pada pusat pengujian PTE, para kandidat akan menggunakan komputer dan headset. Dari headset, para kandidat mendengarkan pertanyaan, menjawab pertanyaan serta membaca teks yang muncul pada monitor komputer. Terdapat tiga bagian utama, yaitu berbicara dan menulis dengan durasi waktu tidak lebih dari 93 menit.

Selanjutnya adalah membaca dengan mengatur waktu tidak lebih dari 41 menit. Kemudian, mendengarkan dengan waktu tidak lebih dari 57 menit. Pada tes akademik PTE, penilaiannya menggunakan komputer. Nilainya bisa diandalkan karena tidak ada aspek kesalahan manusia.

Pemberian skor adalah berdasarkan skala bahasa Inggris global, sistem penilaian tersebut telah diakui oleh sistem internasional. Ini dapat menilai kemampuan Bahasa Inggris kamu dengan sangat akurat. Setiap kemampuan diuji pada tiga bagian dengan teknik penilaian sama.

Baca Juga:
Kursus Persiapan Pearson Test of English Jakarta

Penilaian untuk Tes PTE

Ketika telah menyelesaikan tes Akademik PTE, kamu akan menerima laporan skor dan profil keterampilan untuk membantu memahami skor tes, tingkat keterampilan bahasa, dan di mana kemampuan mana yang harus kamu tingkatkan.

Dalam laporan skor, kamu akan melihat skor keseluruhan antara 10 dan 90, yang menilai kemampuan bahasa Inggris terhadap skala global bahasa Inggris sedangkan skor individu untuk Keterampilan komunikatif berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.

Sementara untuk profil keterampilan, di dalamnya ada panduan kinerja di delapan kategori keterampilan bahasa dan rekomendasi untuk membantu kamu lebih memperkuat kemampuan bahasa Inggris.

Setiap institusi luar negeri biasanya menetapkan skor untuk minimal masuk mereka. Biasanya, kamu harus mencapai skor minimum berikut:

  • Kursus dasar: skor minimum antara 36-50
  • Gelar sarjana: skor minimum antara 51-60
  • Gelar pascasarjana: skor minimum antara 57-67

Untuk mengetahui persyaratan skor minimum di institusi pilihan, periksa situs web mereka. Setiap tes Akademik PTE memiliki 20 jenis pertanyaan. Masing-masing dinilai berbeda. Jawaban pilihan ganda diberi skor sebagai benar atau salah, sedangkan skor untuk jenis pertanyaan yang lebih kompleks seperti penulisan esai didasarkan pada banyak kriteria.

Tujuan Tes PTE Academic

Seseorang yang mengikuti tes PTE Academic biasanya memiliki tujuan untuk belajar di luar negeri atau pindah ke Australia, New Zealand atau Inggris. Pearson PLC Group tidak menyatakan kriteria kelayakan resmi apa pun bagi kandidat yang ingin mengikuti tes Akademik PTE.

Namun, kandidat harus berusia minimal 16 tahun untuk mengikuti tes Akademik PTE. Kandidat berusia di bawah 18 tahun harus memberikan formulir persetujuan orang tua yang ditandatangani untuk menjadwalkan tes Akademik PTE. Formulir dapat diunduh di website resmi PTE Academic.

Baca Juga:
Macam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Langkah Mendaftar Tes PTE Academic

Kamu dapat mendaftar ujian PTE melalui email, telepon, atau di website.

Pendaftaran online adalah cara yang paling umum dan nyaman. Kandidat harus mengikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini agar berhasil memesan kursi untuk ujian PTE.

  • Daftarkan akun Pearson dan masuk di . Setelah menyelesaikan pendaftaran, kamu akan menerima email berisi nama pengguna dan kata sandi dalam waktu 48 jam.
  • Temukan pusat pengujian PTE terdekat. Kamu juga memiliki pilihan untuk mengikuti ujian PTE di rumah.
  • Pilih waktu dan tanggal yang sesuai untuk mengikuti tes.
  • Membayar biaya tes. Kamu kemudian akan menerima email konfirmasi pemesanan.

Secara umum, biaya rata-rata berkisar antara $167 hingga $315. Biaya PTE biasanya bervariasi tergantung pada lokasi tes. Kamu dapat mengetahui biaya pasti untuk pusat tes PTE terdekat di situs resmi mereka.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi