Test PTE Academic

Mengenal Tes PTE Academic 

Apr 20, 2022 | Pearson Test of English

Tes PTE academic, singkatan dari Pearson Test of English Academic yaitu tes umum untuk syarat utama masuk ke universitas yang ada di luar negeri. Beberapa universitas mewajibkan agar calon pendaftar ikut tes PTE.

Selain untuk kepentingan kuliah, PTE juga sering dipakai sebagai pelengkap syarat ketika ingin imigrasi ke luar negeri. PTE juga tidak hanya penting bagi non-native speaker Bahasa Inggris. Hal ini karena terdapat dua jenis, yaitu PTE akademik dan juga PTE secara umum.

Baca Juga: MACAM TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Format Materi PTE Academic

Tes PTE Akademic adalah untuk calon mahasiswa yang ingin studi. Jadwal tes diselenggarakan sepanjang tahun. Hasil tes PTE berlaku untuk dua tahun. Sedangkan PTE umum diadakan tiga kali per tahun, yaitu Mei, Juni, dan juga Desember. Materi yang muncul pada ujian tersebut adalah menulis esai pada dua lembar kertas dan juga tes speaking. Untuk mengerti setiap materi, kamu bisa bergabung dalam kelas persiapan PTE Academic.

Pelaksanaan ujian PTE akademik menggunakan komputer dengan materi tes berdurasi 3 jam. Hasil tes lebih cepat karena bisa muncul setelah lima hari tes. Dalam ujian PTE, materi lebih sulit karena mengukur kemampuan Bahasa Inggris seperti halnya penutur asli. Terdapat empat sesi tes PTE, yaitu listening, reading, speaking, dan juga writing. Berikut adalah penjelasannya tentang format PTE academic:

1. Reading

Sesi paling mendasar, dan lebih mudah. Peserta tes PTE academic akan diuji kemahiran dan kemampuan membaca instruksi tertulis Bahasa Inggris. Sesi tersebut berjalan selama lima segmen yang harus kamu kerjakan selama 35-41 menit.

Ada beberapa jenis tes, pertama yaitu pilihan ganda dengan satu jawaban, kedua yaitu pilihan ganda dengan beberapa pilihan jawaban.

Format lainnya yaitu memperbaiki kalimat yang benar pada paragraf, mengisi bagian hilang pada teks bacaan, dan segmen mengisi bacaan dalam jawaban tertulis.

2. Listening

Sesi ini berjalan selama 45-57 menit. Fungsinya yaitu mengenali kemampuan pemahaman Bahasa Inggris peserta tes. Sebagai peserta, kamu harus dengarkan audio seksama yang diputar dengan terdapat delapan segmen.

Tiap soal harus kamu kerjakan hanya beberapa detik. Peserta mengerjakan pilihan ganda, mengisi kata hilang, menebak bagian kata yang salah, memilih kata hilang, dan menulis bagian salah menjadi benar.

3. Speaking dan Writing

Sesi tersebut menguji kemampuan dalam berkomunikasi. Terdappat enam bagian dan pada tiap soal harus kamu selesaikan dalam beberapa detik. Tiap peserta wajib memperkenalkan diri, mengulangi kalimat, membaca bacaan menggunakan pelafalan tepat, mendeskripsikan gambar, dan menjawab pertanyaan singkat atau membuat esai.

Tes ini lebih sulit jika dibandingkan dengan TOEFL ataupun IELTS. Dalam tes tersebut, kamu harus mempunyai kemampuan pada hitungan detik. Tes PTE juga punya penilaian berbeda, pada tiap sesinya yaitu 10-90. Sedangkan rata-rata skornya yaitu 75-85.

Baca Juga: CONTOH SOAL SPEAKING TEST

Pola dan Penilaian Tes PTE

Pada pusat pengujian PTE, para kandidat akan menggunakan komputer dan headset. Dari headset, para kandidat mendengarkan pertanyaan, menjawab pertanyaan serta membaca teks yang muncul pada monitor komputer. Terdapat tiga bagian utama, yaitu berbicara dan menulis dengan durasi waktu tidak lebih dari 93 menit.

Selanjutnya adalah membaca dengan mengatur waktu tidak lebih dari 41 menit. Kemudian, mendengarkan dengan waktu tidak lebih dari 57 menit. Pada tes akademik PTE, penilaiannya menggunakan komputer. Nilainya bisa diandalkan karena tidak ada aspek kesalahan manusia.

Pemberian skor adalah berdasarkan Skala Bahasa Inggris Global, sistem penilaian tersebut telah diakui oleh sistem internasional. Ini dapat menilai kemampuan Bahasa Inggris kamu dengna sangat akurat. Setiap kemampuan diuji pada tiga bagian dengan teknik penilaian sama.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Berapa Biaya Tes PTE Academic?

Berapa Biaya Tes PTE Academic?

Biaya tes PTE Academic atau Pearson Test of English merupakan tes Bahasa Inggris bagi para pelajar yang ingin kuliah ke luar negeri atau mengurus imigrasi. Terdapat dua kategori PTE, yaitu PTE Academic dan Rumah PTE. PTE Academic tes Bahasa Inggris online...

Mengapa Memilih PTE Academic?

Mengapa Memilih PTE Academic?

PTE academic atau Pearson Test of English merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang dirancang guna menilai kesiapan non-native speaker. Sehingga kamu bisa menggunakan tes tersebut untuk ikut dalam program pengajaran Bahasa Inggris pada tingkat lembaga perguruan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH