Cara meningkatkan vocab bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Vocab Bahasa Inggris

Jan 31, 2022 | Bahasa Inggris

Cara meningkatkan vocab bahasa Inggris adalah dasar untuk membantu kamu  menguasai bahasa Inggris. Vocabullary atau kosakata adalah materi dasar yang harus dikuasai oleh pemula dalam belajar bahasa Inggris. Jika kamu tidak tertarik untuk menguasai kosakata bahasa Inggris, maka akan kesulitan untuk menyusun kalimat dan sulit menguasai bahasa Inggris.

Dengan memperluas pengetahuan dan kosakata, kamu bisa berkomunikasi lebih jelas. Selain itu, mempelajari kata baru dalam bahasa Inggris bisa membuat kamu lebih mudah mengungkapkan apa yang ingin disampaikan loh. Apalagi jika belajar bahasa Inggrisnya ditemani dengan teman maupun orang sekitar, pasti lebih menyenangkan.

Baca Juga: PERBEDAAN GRAMMAR DAN VOCAB

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Vocab Bahasa Inggris

Untuk membantu meningkatkan kemampuan hari dalam bahasa Inggris, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini. 

Lebih Sering Membaca

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah sering-sering membaca buku Bahasa Inggris. Semakin sering kamu baca buku, seperti novel, majalah, dan surat kabar, maka semakin banyak kosakata yang akan dipelajari. Ketika mempelajari dan menemukan kosakata baru coba cari arti dari kosakata tersebut dan catat dalam buku kecil. Jauh lebih baik jika kamu berhasil menghafal kosakata tersebut dalam satu hari.

Manfaatkan Kamus dan Ensiklopedia 

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan kamus dan ensiklopedia. Coba gunakan versi yang disukai, berupa cetak maupun aplikasi. Kamus yang berkualitas memang  jauh lebih baik jika dibandingkan dengan penerjemah Google.

Kapanpun kamu menemukan kosakata baru, segera cari artinya untuk mengetahui cara pengucapan dan makna. Sedangkan ensiklopedia dapat digunakan untuk mencari antonim dan sinonim dari kata atau frasa tersebut. 

Praktekan Kosakata Tiap hari

Setelah mengumpulkan semua kosakata baru yang kamu dapatkan melalui novel maupun surat gambar, cobalah untuk mempraktekkan kosakata tersebut dengan pengucapan yang benar. Dengan terus mempraktekkan kosakata tersebut, akan semakin terbiasa  bagi kamu dan mudah untuk mengingatnya.

Manfaatkan Permainan 

Selanjutnya kamu bisa menggunakan permainan untuk mempelajari kosakata. Menggunakan permainan akan membuat proses belajar kamu lebih menyenangkan. Permainan yang bisa digunakan seperti scrabble, acak kata,  puzzle, dan lain sebagainya. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan permainan tersebut. Jadi kamu bisa belajar untuk mencari kosakata baru di mana saja dan kapan saja. Apabila ada kosakata baru yang belum pernah diketahui, segera catat dan cari tahu artinya untuk bisa dipraktekkan sehari-hari.

Baca Juga: MACAM VOCAB YANG MUDAH UNTUK PEMULA

Kenapa Harus Belajar Vocabullary Lebih Dulu?

Kenapa para pemula belajar Bahasa Inggris memulainya dari vocalbulary terlebih dahulu? Ada berbagai macam alasan yang mendukung pembelajaran vocabulary diperkenalkan terlebih dahulu, seperti berikut. 

  • Vocabullary yang sangat mudah untuk dipahami dan dipelajari oleh para pemula sebab tidak memiliki aturan aturan atau rumus layaknya belajar grammar. 
  • Mempelajari kosakata bisa mendukung keempat skill dan grammar
  • Ketika mendengarkan percakapan bahasa Inggris dengan beberapa kosakata yang sulit dipahami, maka akan semakin mudah untuk mengetahui makna dari apa yang kita dengarkan.
  • Belajar speaking juga berawal dari kosakata, sebab kamu harus menyampaikan ide atau konsep tertentu. Untuk bisa menyampaikan ide tersebut dengan dalam bahasa Inggris, maka vocabullary sangat penting untuk dipelajari. 
  • Memiliki kemampuan mengumpulkan banyak kosakata juga bisa membantu menguasai proses reading atau membaca dalam bahasa Inggris. Proses membaca tersebut akan menyenangkan karena kamu bisa memahami setiap kata yang digunakan. 
  • Ketika digunakan untuk writing atau menulis Kosakata tersebut dapat digunakan untuk menyusun atau mengungkapkan ide-ide dalam sebuah tulisan. 
  • Menguasai kosakata juga bisa lebih mudah untuk memahami struktur dan fungsi pada grammar. 

Mempelajari kosakata adalah bagian penting bagi kamu yang ingin memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Dalam satu hari cobalah untuk menghafalkan minimal 30 kosakata baru dan terapkan dalam percakapan agar bisa dipraktekkan secara langsung. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH