Mudah! Begini Cara Menjawab Soal Bahasa Inggris Essay

Mudah! Begini Cara Menjawab Soal Bahasa Inggris Essay

Memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara menjawab soal Bahasa Inggris essay adalah hal penting. Model pertanyaan dalam bentuk essay sering digunakan dalam tes seleksi masuk Universitas atau tes pekerjaan. Akan tetapi ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar dapat mengerjakan soal essay tersebut dengan lebih mudah.

Umumnya, soal-soal essay selama ujian memiliki sejumlah petunjuk atau instruksi. Untuk memulai mengerjakannya, kamu dapat menggunakan pensil atau stabilo agar dapat mengidentifikasi beberapa kata kunci untuk essay tersebut.

5 Tips Menjawab Soal Bahasa Inggris Essay

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai cara menjawab soal Bahasa Inggris essay:

1. Pahami Jenis Pertanyaan

Kamu harus mengidentifikasi tipe pertanyaan yang ada. Biasanya, berbagai pertanyaan pada essay bertujuan untuk memeriksa apakah kamu telah memahami materi yang diujikan.

Ada tiga tipe pertanyaan yang paling sering digunakan dalam essay. Pertama, pertanyaan menggunakan Exploratory words dengan tujuan melatih kemampuan menjelaskan suatu konsep yang rumit. Biasanya, soal dengan exploratory words menggunakan kata berikut: Define, Describe, Explain, Solve, dan lainnya.

Prompt kedua pada soal essay adalah menggunakan Direction words. Tujuannya agar kamu bisa belajar mempertahankan atau melawan suatu argumen, ditandai dengan kata berikut: Defend, Debate, Argue, Contend, dan lainnya.

Jenis ketiga yaitu comparative words yang meminta kamu untuk mengambil dua topik dan menulisnya untuk membandingkan. Prompt yang biasanya digunakan ditandai dengan kata berikut: Differentiate, Distinguish, Comparative, dan Contrast.

2. Cari Tahu Detil Pertanyaan

Pertanyaan yang diberikan rata-rata adalah “How” atau “Why” atau lainnya untuk menguji pemahaman. Pertanyaan 5W 1H artinya kamu harus menjawab soal tersebut dengan detail. Pertanyaan Bagaimana dan Mengapa ini perlu penjelasan yang cukup panjang, untuk itu kamu perlu memahami dengan benar seperti apa pertanyaan yang diberikan dan jawaban apa yang ingin kamu tuliskan.

3. Rentang Kata

Guru harus membaca dan menilai essay per siswa. Sehingga, biasanya guru akan mengatur rentang kata dalam essay yang harus dikerjakan. Perhatikan jumlah kata yang harus ditetapkan. Jika tidak mampu memenuhi syarat tersebut, guru dapat mengurangi jumlah nilai.

4. Buat Jawaban Essay Terstruktur

Sekarang, kamu sudah memahami apa yang harus kamu tulis. Kamu perlu memahami apa saja jawaban kamu. Kalau kamu hanya menulis tiap kalimat tanpa perencanaan, maka seperti ada informasi yang tertinggal dalam essay, dan ini akan mengurangi poin nilai.

Untuk itu, kamu perlu membuat kerangka terlebih dahulu. Buat catatan singkat terkait apa saja poin yang ingin kamu sampaikan untuk menjawab beberapa bagian pertanyaan. Berikan penomoran pada setiap poin yang ingin kamu sampaikan di awal, hingga di akhir paragraf sehingga menjadi essay yang logis. Tulis apa saja kata kunci relevan sesuai topik.

5. Tulis dengan Rapi

Ketika menjawab soal Bahasa Inggris essay, pastikan menulisnya dengan rapi. Kamu ingin agar essay yang kamu tulis bisa mudah dibaca oleh guru. Jika sulit dibaca, maka guru akan memberikan nilai yang tidak sesuai dengan konten essay. Untuk tulisan essay yang dicetak, pastikan hasil cetakan benar-benar jelas. 

Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan artikulasi yang sangat jelas pada tugas essay tersebut. Hasil tulisan tersebut harus dapat dikomunikasikan dengan jelas. Gunakan prinsip berbahasa Inggris yang baik dalam tulisan. Contohnya, gunakan thesis statement yang jelas, sertakan penjelasan yang jelas beserta detail untuk mendukung poin utama.

Baca Juga:
Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris

Belajar Menulis di ICAN English

Cara menjawab soal essay Bahasa Inggris bukanlah hal mudah. Bahkan, bisa membuat siapa pun merasa stres karena takut salah. Kemampuan memahami pertanyaan, membentuk jawaban, dan tetap fokus adalah cara tepat untuk meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan essay.

Mengembangkan keterampilan diri untuk memberikan jawaban terbaik pada ujian essay membutuhkan waktu dan tenaga. Kamu bisa memulainya dengan menjawab secara terstruktur, mulai dari bagian introduction, main body, dan conclusion.

Mau lebih jago menulis dalam Bahasa Inggris? Ikuti program-program belajar intensif kami di kelas General English ICAN English. Kami menawarkan kursus Bahasa Inggris yang dibagi dalam beberapa kelas agar siapa saja dapat bergabung sesuai kebutuhan belajar personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi