Cara Menulis Tanggal dalam Kalimat Bahasa Inggris 

Cara Menulis Tanggal dalam Kalimat Bahasa Inggris 

Belajar cara menulis tanggal dalam kalimat Bahasa Inggris adalah salah satu materi dasar bagi pemula. Menuliskan tanggal dengan benar dalam kalimat bukanlah hal yang remeh. Ada aturan yang perlu dipatuhi. Kamu harus tahu kapan koma perlu disisipkan atau tidak.

Penulisan tanggal dalam kalimat akan membantu agar kamu bisa memberitakan suatu kejadian dengan penulisan yang tepat. Gunakan panduan ini agar kamu semakin memahami penulisan tanggal sesuai aturan yang berlaku dalam Bahasa Inggris.

Panduan Belajar Menulis Tanggal

Panduan ini berfokus pada cara menulis bulan (tanpa singkatan) dan menggunakan angka untuk tanggalnya.

Menulis Tanggal di Akhir Kalimat

Jika kamu ingin menuliskan tanggal secara lebih luas, kamu hanya mencantumkan bulan dan tahun, seperti: June 2022. Contoh tersebut adalah petunjuk bagaimana menulis tanggal di akhir kalimat.

  • Benar: My album was released in Malaysia on June 20, 2022.
  • Salah: My album was released in Malaysia on June 20 2022.

Penulis harus menuliskan bulan, memberi spasi sebelum menuliskan angka hari, diikuti dengan koma dan spasi, kemudian menuliskan angka tahun diikuti titik.

Baca juga:
Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris (Formal Dan Informal)

Cara Menulis Tanggal di Tengah Kalimat

Menulis tanggal di akhir kalimat adalah hal yang mudah, tetapi bagaimana jika tanggal muncul di tengah kalimat? Jika ada angka untuk tanggal, ingatlah untuk menambahkan tahun dengan koma sebelum dan sesudah angka tahun.

  • Benar: My album was released in Malaysia on June 20, 2022, and overseas in December 2022.
  • Salah: My album was released in Malaysia on June 20, 2022 and overseas in December 2022.

Jika tidak ada tanggal (yaitu, hanya bulan dan angka untuk tahun), maka koma tambahan tidak diperlukan.

  • Benar: My album was released overseas in December 2022 and in Malaysia on June 20, 2022.
  • Salah: My album was released overseas in December 2022, and in Malaysia on June 20, 2022.

Penggunaan “In” dan “On” dalam Menulis Tanggal

Jika kamu memperhatikan contoh kalimat di atas, kamu akan mengetahui adanya perubahan preposisi. Ada penulisan yang benar dan salah dalam menggunakan masing-masing preposisi ini saat menuliskan tanggal, seperti contoh berikut:

  • Benar: My album was released in Malaysia on June 20, 2022.
  • Salah: My album was released in Malaysia in June 20, 2022.

“In” digunakan saat menuliskan tanggal umum seperti bulan dan tahun. Sedangkan “on” digunakan untuk menulis hari, tanggal, dan hari libur tertentu.

Baca juga :
Cara Menulis Tanggal Lahir Dalam Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Menulis Tanggal

Cara menulis tanggal dalam Bahasa Inggris sangatlah penting karena kamu bisa menyebutkan kapan suatu peristiwa tertentu telah terjadi. Materi ini juga berkaitan dengan kebutuhan manusia dalam mendokumentasikan sejarah secara kronologis.

Penggunaan tanggal juga berguna untuk memahami bahwa suatu kejadian terjadi sebelum kejadian yang lain. Sehingga dapat diselidiki keterkaitan antar kejadian. Sejarawan menggunakan tanggal untuk menandakan era.

Buat pengalaman belajar kamu jadi lebih mudah ketika bergabung di ICAN English. Kami menyediakan tempat kursus Bahasa Inggris yang kredibel untuk meningkatkan keterampilan menulis, berbicara, dan memahami Bahasa Inggris untuk kebutuhan karir maupun akademik. Dengan belajar bersama tutor professional, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.