Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris (Formal dan Informal)

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris (Formal dan Informal)

Mengapa kamu perlu belajar penulisan tanggal dalam bahasa inggris sebagai pemula? Ini adalah pertanyaan yang bisa dimengerti. Pada panduan ini, kamu akan belajar berbagai cara menulis tanggal dan bagaimana formatnya di berbagai negara berbahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari format tanggal yang sesuai untuk digunakan dalam konteks formal dan informal. Pembelajaran ini akan memudahkan kamu untuk mengekspresikan apapun yang berhubungan dengan tanggal.

Belajar Penulisan Tanggal Bahasa Inggris

Untuk belajar penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris, dibagi dalam dua konteks yaitu formal dan informal, dengan penjelasan berikut:

Menulis tanggal dalam konteks formal

Di era ponsel pintar dan aplikasi kalender, penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris sudah tidak lagi sering dilakukan. Sehingga aturan dalam konteks formal mudah dilupakan.

Pada dokumen formal, seperti saat menandatangani kontrak, mengajukan permohonan visa, atau mengisi formulir pemerintah, tetap gunakan urutan Bulan-Hari-Tahun atau Hari-Bulan-Tahun, tergantung pada preferensi negara. Namun sebaiknya ditulis lengkap dan hindari menyingkat hari/bulan atau menggunakan angka saja, seperti contoh berikut:

  • August 12, 2022 (Benar)
  • September 7, 2019 (Benar)
  • Sept 12, 2022 (Salah)
  • 11-12-2022 (Salah)

Tergantung pada tujuan dokumen, kamu juga dapat menghilangkan tahunnya, seperti contoh: Saturday, 4 October.

Kamu juga mempunyai pilihan untuk menggunakan nomor urut daripada nomor kardinal saat menulis tanggal secara lengkap, seperti contoh: The 14th of December 2018

Saat menyusun makalah penelitian, slide presentasi, atau laporan tahunan, ada satu aturan penting yang perlu kamu waspadai: Konsistensi.

Jika kamu mengikuti panduan gaya tertentu (seperti APA Style atau The Chicago Manual of Style), beri tanggal pada karya tulis sesuai dengan aturannya. Pastikan tanggal mengikuti format lokasi. Misalnya, jangan gunakan format penulisan tanggal British untuk pembaca American dapat menimbulkan kebingungan.

Menulis tanggal dalam konteks informal

Untuk penulisan yang informal, aturan seputar format tanggal tidak terlalu ketat. Kamu dapat menerapkan gaya yang lebih santai saat mengirim catatan atau surat tertulis kepada teman atau anggota keluarga. Jangan ragu untuk menghilangkan tahunnya dan tetap menggunakan bulan dan hari, contoh: Happy b’day my cute sissy! Hope you have an amazing 14th Jan!

Kamu juga dapat menyingkat bulan atau hari untuk memberi lebih banyak ruang, contoh: The concert is on Feb 10.

Media sosial seringkali memerlukan penulisan informal dan format tanggal. Kamu dapat menghilangkan tahun, menyingkat bulan dan hari dalam seminggu, atau menulis tanggal secara lengkap.

Penggunaan tanggal juga masuk ke dalam percakapan santai sehari-hari. Misalnya, kamu sedang mengatur waktu bertemu dengan teman-teman melalui obrolan grup, dan kamu ingin menyarankan Rabu, 30 Agustus 2023. Kamu tidak perlu menulis bulan atau hari secara lengkap. Kamu dapat mengetik “August 30th” atau “on 30th of this month”.

Mengapa Harus Belajar Penulisan Tanggal

Sekarang, kamu jadi lebih tahu tentang bagaimana penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris. Selama orang dapat memahami maksud kamu, kamu dapat menggunakan format apapun yang kamu inginkan.

Perhatikan bahwa tanggal lebih dari sekedar angka; Belajar penulisan tanggal akan membantu mencatat kapan peristiwa tertentu terjadi dan membantu mencatat periode penting dalam sejarah. Tanggal membantu hal-hal yang berhubungan dengan merayakan ulang tahun, menandai hari jadi, atau sekadar mencatat detail acara penting.

Mau belajar materi lainnya agar Bahasa Inggris semakin baik? Buat waktu luang kamu lebih berguna dan efektif dengan belajar di ICAN English. Ikuti kelas sesuai pilihan, dan buat tujuan belajar agar sukses mempelajari berbagai keterampilan penting dalam Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web