Belajar bahasa Inggris TOEFL

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris TOEFL

Feb 8, 2022 | TOEFL

Demi mendapatkan skor TOEFL yang maksimal, kamu perlu melakukan beberapa persiapan penting. Selain mengikuti kursus persiapan TOEFL, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris TOEFL sendiri di rumah untuk meningkatkan pemahaman terhadap ujian yang satu ini.

TOEFL sendiri dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika. Untuk kamu yang akan kuliah di luar negeri, tes ini akan sangat diperlukan sebagai persyaratan masuk kuliah di hampir seluruh universitas di luar negeri.

Baca Juga: CARA MELATIH SKILL LISTENING TOEFL

Tips Belajar TOEFL

TOEFL sendiri biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam dan memiliki empat bagian ujian, yakni grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, dan writing.

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris TOEFL di rumah.

1. Biasakan Diri dengan Bahasa Inggris

Salah satu cara paling menyenangkan yang bisa kamu lakukan adalah menonton film bahasa Inggris. Atau, kamu juga bisa mendengarkan musik berbahasa Inggris. Pilihlah berbagai film yang menggunakan bahasa formal, seperti film documenter yang bisa kamu lihat di Youtube atau sumber internet lainnya.

Cara belajar TOEFL ini akan meningkatkan kemampuan listening kamu dalam mengenali kata-kata bahasa Inggris. Kamu juga bisa belajar grammar dengan cara ini.  

2. Seringlah Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris

Jangan menunggu hingga kamu benar-benar mahir. Cobalah untuk terus berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris. Akan lebih baik jika kamu sering berkomunikasi, agar dapat meningkatkan kemampuan yang telah kamu miliki.

Sangat penting untuk tidak takut salah dan mampu menerima kritik serta saran dari orang lain jika kamu melakukan kesalahan. Kamu bisa menggunakan saran ini untuk memperbaiki kesalahan kamu sebelumnya.

3. Baca dan Pahami Banyak Tipe Soal

Bacalah banyak soal latihan, sehingga kamu bisa mengenali banyak tipe soal dalam TOEFL. Apalagi, kini ada banyak lembaga yang mengadakan TOEFL preparation. Mengenali soal-soal akan memudahkan kamu memahaminya.

Dengan TOEFL preparation, maka akan membantu kamu untuk menghadapi soal test TOEFL yang sangat mirip dengan soal sebenarnya. Kamu bisa mengukur kemampuan kamu dengan persiapan TOEFL ini. Biasanya, kamu akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan sebagai bukti bahwa kamu sudah menguji kemampuan kamu.

Baca Juga: TIPS BELAJAR TOEFL ITP

Berbagai Format Tes TOEFL

Tes TOEFL yang berlaku saat ini adalah paper based test (PBT) dan internet based test (iBT). Keduanya memiliki perbedaan sendiri. Perbedaan mendasar antara keduanya adalah:

Internet Based Test (iBT).

  • Reading Section: 60-80 menit (36-56 pertanyaan)
  • Listening section: 60-90 menit (34-51 pertanyaan)
  • Short break: 10 menit
  • Speaking section: 20 menit (6 tugas)
  • Writing section: 50 menit (2 esai)

Paper Based Test (PBT)

  • Listening section: 30-40 menit (50 pertanyaan)
  • Writing section: 25 menit (40 pertanyaan)
  • Reading section: 55 menit (50 pertanyaan)
  • TWE test: 30 menit (Menulis 1 esai)

Dengan mengetahui perbedaannya, maka kamu bisa belajar bahasa Inggris TOEFL dengan tepat. Kamu bisa memperkirakan di bagian soal mana yang kamu kurang kuasai, sehingga bisa ditingkatkan terlebih dahulu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH