cara mudah membedakan tenses

Cara Mudah Membedakan Tenses

Cara mudah membedakan tenses penting dilakuan ketika belajar bahasa Inggris, sehingga bisa kamu lakukan secara cepat. Bagi para pemula, belajar Bahasa Inggris terutama tenses adalah tantangan besar. Biasanya, banyak yang bingung ketika ingin menerjemahkan dari Bahasa Indonesia sampai ke Bahasa Inggris.

Contohnya ketika kamu dihadapkan dengan dua pola kalimat berbeda seperti berikut:

  • I ate noodle
  • I have eaten noodle

Dari kedua contoh tersebut, pola tenses yang digunakan berbeda. Pertama menggunakan simple past dan kedua menggunakan present perfect. Bahkan jika diterjemahkan, artinya sama yaitu saya sudah makan mie. Akan tetapi, maknanya saja berbeda karena adanya perbedaan waktu.

Pada contoh kalimat kedua, kamu bisa menggunakan pola kalimat tersebut apabila kamu baru saja makan, sehingga masih ada efek yang terasa, seperti kenyang. Akan tetapi, jika sudah tidak ada efeknya, maka kamu bisa menggunakan contoh pola kalimat pertama.

4 Cara Mudah Membedakan Tenses Berdasarkan Waktu

Berikut adalah tips dari ICAN English apabila kamu ingin membedakan tenses lebih mudah, dari bentuk sederhana yang terjadi sekarang ini, yang sedang terjadi, dan sedang berlangsung.

1. Tenses Untuk Yang Terjadi Sekarang

I call John. Saya menelpon John (Terjadi sederhana)

I am calling John. Saya sedang menelpon John (Sedang terjadi, sekarang ini)

I have called John. Saya baru saja sudah menelpon John.  (Baru saja sudah terjadi)

I have been calling John for four times. Saya sudah menghubungi John selama empat kali. (Sedang berlangsung sekarang ini).

2. Tenses Past

Tenses past digunakan sebagai tenses yang sudah terjadi di masa lalu, dalam bentuk sederhana, sedang terjadi, telah terjadi, atau sedang berlangsung. Berikut adalah contoh kalimat tenses yang sudah terjadi atau past:

I called John. Aku sudah menelpon John (Sudah terjadi di masa lalu)

I was calling John. Saya sedang menelpon John (Sedang terjadi di masa lalu)

I had called John. Saya telah menelpon John. (Baru saja terjadi di masa lampau)

I had been calling John for four times. Saya sudah menghubungi John sebanyak empat kali. (Sedang berlangsung di masa lampau).

Baca Juga:
Cara Menentukan Tenses Bahasa Inggris

3. Future Tense

Cara mudah membedakan tenses berdasarkan waktu berikutnya yaitu tentang future tense. Jenis tense ini adalah yang akan terjadi di masa depan, baik bentuk sederhana, sedang terjadi, telah terjadi, dan sedang berlangsung. Perhatikan semua contoh kalimat berikut:

I will call John. Aku akan menelpon John (terjadi di masa depan)

I will be calling John at 10 tomorrow. Aku akan sedang menelpon John pada pukul 10 besok. (akan terjadi di keesokan sesuai waktu)

I will have called John when you comes from cafe tomorrow. Aku akan telah selesai menelpon John ketika kamu datang dari kafe besok (baru saja sudah terjadi pada waktu mendatang).

I will have been calling John for four times when you goes to cafe tomorrow. Saya akan telah menelpon John selama empat kali ketika kamu pergi ke cafe besok,(sedang berlangsung di masa mendatang).

4. Past Future

Jenis tenses ini seharusnya terjadi di masa lalu, tapi tidak terjadi karena adanya alasan tertentu, mulai dari kalimat sederhana, sedang terjadi, sudah selesai, atau sedang berlangsung.

Gunakan past tense apabila kamu ingin menceritakan hal di masa lampau, tapi tidak pernah terjadi, dan hanya tentang perencanaan, sebagaimana contoh berikut:

  • I would call John. Saya akan menelepon John (Seharusnya terjadi di masa lalu)
  • I would be calling John at 10 yesterday. Saya akan sedang menelpon John pada pukul 9 kemarin (Seharusnya sedang terjadi pada waktu kemarin)
  • I would have called John when you comes from cafe yesterday. Saya akan telah selesai menelpon John ketika kamu datang dari cafe. (seharusnya sudah tejradi di masa lampau)
  • I would  have been calling John for four times when you went to cafe yesterday. Saya akan telah menghubungi John selama empat kali ketika kamu pergi ke kafe kemarin. (Seharusnya sedang terjadi di waktu lampau)

Sekarang, kamu jadi tahu cara mudah membedakan tenses. Dari cara ini, kamu jadi tahu banyak tentang tenses untuk masa sekarang, masa sedang berlangsung, masa lampau, dan masa depan.

Baca Juga:
Macam Macam Tenses Dan Rumusnya

Cara Terbaik Memahami Tenses Dalam Bahasa Inggris

Mengenal konsep verb adalah salah satu cara agar kamu bisa paham tenses Bahasa Inggris lebih mudah. Verb dibagi dalam tiga jenis, yaitu bentuk kata dasar saat ini atau present, bentuk lampau atau past, dan bentuk past participle atau verb 3.

Selain itu, kamu bisa mengubah verb jadi bentuk ke-2 ataupun ke 3, verb dibagi dalam dua jenis, yaitu regular dan irregular. Regular yaitu menambahkan ed/d, sementara irregular mempunyai nama sendiri.

Kamu juga bisa memahami konsep dan fungsi. Dalam tenses dasar, terdapat tiga jenis. Pertama, present tense untuk menyatakan kebenaran umum, fakta juga kebiasaan. Kedua past tense tersebut mengungkapkan kegiatan terjadi di masa lalu. Future tense digunakan untuk mendeskripsikan hal di masa depan dan hal yang belum terjadi.

Ketika kamu belajar tentang cara mudah membedakan tenses, masing-masing rumus pasti punya rumus turunan berbeda. Sehingga, kamu harus belajar memahami rumus dasar terlebih dahulu agar bisa belajar turunannya. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English untuk konsultasi langsung dengan tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web