cara menentukan tenses bahasa inggris

Cara Menentukan Tenses Bahasa Inggris

Salah satu materi yang cukup rumit dalam bahasa Inggris adalah menentukan tenses. Ada 16 bentuk kata kerja yang bisa kamu gunakan dan menunjukkan peristiwa yang terjadi di masa lalu, sekarang dan yang akan datang. Kamu juga perlu mengetahui cara menentukan tenses agar bisa menggunakan tense yang tepat dalam sebuah kalimat.

Untuk memahami bentuk tenses, kamu tak perlu menghafal semua rumusnya, kamu hanya perlu mengetahui cara sederhana memahaminya tanpa perlu menghafal semua tenses tersebut.

Bagaimana Cara Menentukan Tenses dalam Kalimat?

Untuk bisa menggunakan tenses yang benar, kamu perlu mengetahui cara menentukan tenses yang benar. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan tenses yang tepat dan dapat menyampaikan maksud ucapan dengan benar.

Ada beberapa Langkah yang bisa kamu ambil dalam menentukan tenses mana yang akan kamu gunakan dalam kalimat bahasa Inggris.

Utarakan Maksud Ucapan

Pertama, kamu perlu berkonsentrasi kepada maksud atau makna yang ingin kamu sampaikan. Jangan terlalu fokus pada rumus tenses. Misalnya, kamu ingin mengatakan Saya menyambil uang di ATM.

Setelah itu, kamu bisa menjelaskan kapan atau berapa lama kejadian tersebut terjadi. Apakah kamu akan menggunakan waktu sekarang, waktu lampau atau waktu yang akan datang.

Baca Juga:
Mengenal Tenses dan Kegunaannya

Praktikan dalam Kata-Kata

Setelah menetapkan apa yang ingin kamu ucapkan dan kapan keterangan waktunya, kamu bisa mengucapkannya dalam beragam pilihan kalimat tenses. Sesuaikan pilihan kalimat dengan maksud yang ingin kamu sampaikan.

Misalnya, kamu ingin mengatakan kejadian tersebut terjadi di masa lampau, maka kalimatnya adalah I had withdrawn some cash before you came. Atau jika kamu ingin mengatakan kejadian tersebut terjadi di masa mendatang, maka bentuk kalimatnya adalah I want to withdraw some cash in the ATM this afternoon.

Jadi, pastikan kamu telah memikirkan apa yang ingin kamu ucapkan, lalu pikirkan juga mengenai kapan waktu kejadian terjadi dan berselang berapa lama. Jika kedua hal ini telah kamu lakukan, maka kamu bisa menetapkan tenses mana yang akan kamu gunakan.

Mengenal Tenses Populer

Tenses merupakan bentuk kata kerja berdasarkan keterangan waktu dan sifat kegiatan atau kejadian tersebut. Tenses sendiri dibagi menjadi 4 macam, yakni present, past, future, dan past future. Belajar bahasa Inggris khususnya tenses akan memudahkan kamu dalam membuat kalimat baik lisan maupun tulisan.

Keempat macam ini kemudian dibagi lagi menjadi 16 tenses. Karena cukup banyak, kamu mungkin tidak bisa menghafal semuanya secara lengkap. Semua tenses ini juga tidak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hanya beberapa tenses yang digunakan dalam keseharian.

Baca Juga:
Cara Mudah Membedakan Tenses

Beberapa tenses yang cukup populer untuk digunakan adalah simple present tense, present continuous tense, present perfect tense, simple past tense, past continuous tense, dan simple future tense.

Mengenal semua tenses memang memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris. Namun, jika tidak bisa menghafal semuanya, kamu cukup menghafal tenses yang sering digunakan sehari-hari. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English untuk konsultasi langsung dengan tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web