Cara pemula belajar bahasa Inggris

Cara Pemula Belajar Bahasa Inggris

Agu 22, 2022 | Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris bisa bermanfaat untuk komunikasi sebab bahasa tersebut merupakan bahasa internasional. Penggunaannya sudah tersebar luas dalam berbagai bidang yaitu bisnis, akademis, budaya, dan sebagainya. Jika kamu berencana belajar, kamu harus tahu cara pemula belajar bahasa Inggris yang tepat.

Belajar bahasa Inggris sejak masih kecil dianjurkan karena otak anak usia 0 sampai 3 tahun masih dalam fase yang fleksibel. Sehingga anak mudah dalam menerima informasi, sebagaimana dijelaskan dalam publikasi Michigan State University.

Baca Juga: MENGENAL ARTI GERUND DALAM BAHASA INGGRIS

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Sebagai pelajar bahasa Inggris, kamu harus mengetahui tips yang tepat untuk belajar terutama jika kamu adalah seorang pemula. Terdapat beberapa cara pemula dalam belajar Bahasa Inggris, sebagaimana berikut:

1. Memakai alat bantu visual

Belajar bahasa Inggris menggunakan gambar dan alat visual lainnya akan sangat membantu karena mempermudah pemahaman. Kamu bisa menghubungkan kata dengan visual melalui video, gambar, ataupun diagram.

Mulailah dengan belajar kosa kata dengan menyebutkan bagian wajah dan gunakan foto orang sebagai alat visual. Guanakan gambar yang disukai saat belajar karena akan menambah semangat dan rasa ingin mempelajarinya.

2. Dengarkan musik dan pelajari semua liriknya

Menggunakan musik untuk media belajar bahasa Inggris bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Menurut publikasi Florida National University, musik dapat mengaktifkan otak kiri dan kanan dengan bersamaaan. Hasilnya, kedua belahan otak bisa memaksimalkan pembelajaran dan meningkatkan daya ingat kamu.

Musik merupakan sumber yang baik dalam mempelajari bahasa Inggris yang lugas. Dengarkan lagu yang populer sebab akan lebih sering diputar di dalam mobil, radio, atau mall agar terbiasa.  Pilihlah lagu yang liriknya tidak vulgar atau kasar. Contoh lagu yang bisa kamu pilih, misalnya Wake me up-Avicci, Hello-Adele, All of Me-John Legend. Baca lirik lagu dan dengarkan, lalu terjemahkan kata dan kalimat serta coba lafalkan.

3. Membaca teks bahasa Inggris

Membaca bisa dari mana saja, seperti buku, surat kabar, situs web, email, media sosial. Membaca adalah langkah terbaik untuk peningkatan kosakata.

Bacaan pada artikel, cerita dan percakapan bisa membantu dalam mengetahui dan memahami arti kata-kata bahasa Inggris. Membaca juga bisa untuk mengulangi kata sehingga akan membantu kamu mengingat.

Lewat proses membaca, kamu yang belajar bahasa Inggris akan meningkatkan akurasi dan kemahiran berbicara. Akurasi didefinisikan penggunaan kosakata, tata bahasa dan pengucapan yang tepat dan benar.

4. Menonton televisi atau film berbahasa inggris

Belajar dengan menonton film asing adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.  Menurut Rajshahi University, menonton film berbahasa Inggris bisa meningkatkan kemampuan mendengarkan dan keterampilan berbicara.

Pengucapan kosakata yang benar bisa ditingkatkan dengan menonton film berbahasa Inggris. Cara tersebut merupakan cara pemula belajar bahasa Inggris untuk menguasai pemahaman dengan belajar frasa umum keseharian yang tentunya berguna untuk komunikasi.

5. Catat setiap kosakata baru

Biasakan membawa buku agar ketika kamu menemukan kosakata baru bisa ditatat untuk menambah kosakata kamu. Kamu bisa mencoba memakai kosakata dalam kalimat, agar kamu tahu bagaimana kata itu dipakai dalam kehidupan nyata.

6. Belajar dari video Bahasa inggris topik favorit

Cara ini sangat bagus untuk melatih pemahaman dan komunikasi bahasa Inggris kamu. Menonton wawancara dan ulasan bisa membantu kamu menjadi terbiasa dengan percakapan dalam bahasa Inggris. Video yang bisa kamu gunakan tidak harus wawancara atau ulasan formal.

Baca Juga: MACAM KATA GANTI SUBJEK DALAM BAHASA INGGRIS

Mendaftar Kursus Bahasa Inggris Secara Daring Untuk Pemula

Untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris, kamu bisa pakai cara ikut kursus bahasa Inggris di ICAN English. Mempelajari dasar dalam bahasa Inggris bisa menjadi fondasi untuk pemahaman dan praktik bahasa Inggris.

Selain itu, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan keahlian. Apabila kamu ingin belajar bahasa Inggris percakapan untuk liburan ke luar negeri, tersedia kursus yang disesuaikan dengan tujuan kamu. Ada juga kursus dalam bahasa Inggris untuk bisnis internasional, menulis, membaca, dan banyak lainnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH