cara mengingat kosakata bahasa inggris

Cara Mengingat Kosakata Bahasa Inggris

Sebagus apapun grammar yang kamu miliki, jika kamu tidak bisa menghafal vocabulary, maka kamu akan kesulitan untuk memahami bahasa Inggris secara keseluruhan. Untuk itu, kamu perlu cara mengingat kosakata bahasa Inggris secara lengkap. Kosakata membuat belajar menjadi menyenangkan.

Meski banyak vocabulary yang harus dihafal, namun ada banyak cara atau strategi yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari kata dengan lebih cepat dan efisien. Untuk kamu uang sedang berusaha untuk mengingat kosakata, berikut adalah beberapa cara agar bisa mengingat kosakata dalam bahasa Inggris.

3 Tips Mengingat Kosakata Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, banyak orang memutuskan untuk bergabung dalam kursus bahasa Inggris di lembaga terpercaya, seperti misalnya ICAN Education Consultant.

Nah, sebenarnya apa saja cara mengingat kosakata bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan di rumah?

1. Gunakan Gambar

Penggunaan utama bahasa adalah komunikasi. Penting untuk memasukkan gambar ke dalam latihan menghafal yang kamu lakukan. Ini tidak hanya dapat membuat pembelajaran bahasa lebih efektif, namun juga dapat membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Baca Juga:
Kata Unik dalam Bahasa Inggris

2. Belajar dari Situasi Kehidupan Nyata

Berbicara tentang konteks: Film, acara TV, buku, podcast, atau lagu tidak hanya merupakan sumber yang bagus untuk kata-kata yang paling umum, mereka juga dapat membantu kamu menghafal kosakata karena selalu dikaitkan dengan adegan, orang, atau sebuah peristiwa.

Jadi, cobalah membaca buku atau menonton film dalam bahasa aslinya dan mengaktifkan subtitle. Lalu, kamu dapat mencari tahu apa arti katanya. Jika kamu melihat atau mendengar frasa atau kalimat yang tidak kamu pahami, maka tulis, cari dan mulailah untuk menghafal.

3. Gunakan Tools yang Tepat

Setiap orang belajar secara berbeda, jadi jika kamu belum tahu apa yang cocok untukmu, cobalah berbagai cara atau kombinasinya sebanyak mungkin. Kamu bisa menggunakan kartu Flash, aplikasi, daftar, game, atau post-it.

Untuk waktu belajarnya, kamu bisa menetapkan waktu tertentu atau secara spontan. Pendekatan manapun yang kamu pilih, pastikan untuk belajar secara nyaman dan santai agar tidak cepat merasa bosan.

Baca Juga:
Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris

Aplikasi untuk Belajar Vocabulary

Ada juga banyak aplikasi di luar sana untuk mengingat kosakat dengan baik. Kamu bisa menggunakannya secara mudah. Nah, berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan.

  • Tiny Cards:  Ini adalah aplikasi sederhana untuk mengingat kosakata. Kamu dapat menemukan kartu yang dibuat oleh orang lain atau membuatnya sendiri. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, loh.
  • Quizlet: Kamu dapat menggunakan Quizlet untuk mempelajari apa saja. Ini adalah aplikasi sederhana tanpa banyak fitur. Kamu dapat memilih untuk menggunakannya secara gratis atau berbayar dengan beberapa benefit tertentu.
  • Cram: Ini adalah aplikasi kartu flash lain yang dapat kamu gunakan untuk mempelajari apa pun, termasuk kosakata bahasa Inggris. Ini gratis dengan opsi berbayar yang menghapus iklan dan memberikan lebih banyak fitur.

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mencatat vocabulary ke dalam buku catatan. Triknya adalah dengan membawa jurnal sesering mungkin sehingga kamu menggunakannya ketika mempelajari kata atau frasa baru.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.