cara penilaian toefl, cari tahu di sini!

Cara Penilaian TOEFL, Cari Tahu Di sini!

Mengetahui cara menghitung skor TOEFL merupakan hal yang cukup perlu dilakukan. Karena hal ini nantinya dapat membantu kamu untuk mengetahui perkiraan skor TOEFL ketika sedang melakukan simulasi tes. Selain itu, cara penilaian TOEFL pun menjadi penting untuk memperkirakan berapa soal yang harus dikerjakan saat TOEFL agar mencapai skor minimal.

Cara menghitung skor TOEFL memang cukup kompleks. Karena biasanya penilaian dilakukan di setiap bagian atau skill TOEFL. Lalu akan diakumulasikan, hasil dari akumulasi itulah yang nantinya menjadi skor akhir. Penilaian untuk setiap skillnya pun cukup kompleks. Mengingat TOEFL memang memiliki cara penilaian nya sendiri.

3 Cara Penilaian TOEFL Secara Universal

Secara umum, penilaian TOEFL PBT, CBT, dan iBT memiliki cara yang sama. Biasanya terdapat tabel konversi yang berlaku secara universal. Tabel ini yang nantinya akan menjadi patokan dalam menilai setiap skill pada TOEFL. Tak hanya mencari tahu, pastikan kamu juga mempersiapkan diri secara maksimal. Bergabung dalam kursus persiapan TOEFL akan membantu kamu mempelajari berbagai materi dalam tes ini.

Setelah mengetahui tabel konversi, terdapat cara lainnya untuk mendapatkan skor akhir. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menghitung Sesuai Tabel Konversi pada TOEFL

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menghitung skor TOEFL sesuai tabel konversi untuk masing-masing skill. Skill pertama adalah listening. Listening biasanya memiliki 50 soal. Skor untuk listening adalah 24 – 68. Pada soal listening, jumlah soal biasanya terdapat 40 dan skornya adalah 20-68. Terakhir adalah soal reading dengan jumlah soal 50.

Skor pada soal reading adalah 21-67. Setiap jawaban benar biasanya memiliki skornya masing-masing. Untuk mengetahui setiap skornya, maka kamu dapat mencoba mencari tabel konversi resmi TOEFL. Sesuaikanlah jawaban benar yang kamu dapatkan dengan skor pada tabel konversi tersebut. Simpan setiap skor yang sudah didapatkan untuk diakumulasikan.

Baca Juga:
Pendaftaran Tes TOEFL yang Perlu Kamu Tahu

2. Menghitung Skor Total untuk TOEFL

Cara berikutnya adalah menghitung total skor yang didapatkan pada ujian TOEFL. Caranya adalah mengakumulasikan semua skor yang telah didapatkan pada tabel konversi. Misalnya, skor listening yang didapatkan adalah 54, untuk structure and written expression adalah 48. Sedangkan skor yang didapatkan untuk skill reading adalah 60.

Setelah itu, jumlahkan keseluruhan skor yang telah didapatkan. Maka akan mendapatkan angka 162. Lalu, kalikan angka tersebut dengan sepuluh. Maka akan menghasilkan angka 1620. Terakhir adalah membaginya dengan angka 3. Maka akan didapatkan angka 540 yang merupakan skor akhir untuk TOEFL kamu.

Baca Juga:
Tips Menghadapi Tes TOEFL

3. Level Kemampuan untuk Skor TOEFL

Dari skor ini, kamu akan mengetahui pula kemampuan berbahasa inggris. Skor 310-420 merupakan tingkat elementary. Skor 420 – 480 adalah tingkat low intermediate. Skor 480 – 520 adalah high intermediate. Sedangkan 525-677 adalah tingkat advance.

Cara penilaian TOEFL ternyata cukup banyak langkah-langkahnya. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui cara menghitung skor TOEFL. Sehingga dapat memperkirakan target skor dan soal yang harus dikerjakan ketika menghadapi tes TOEFL.  Jika ingin mengetahuai tentang skor TOEFL bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web