Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Saat ini, belajar bahasa Inggris menjadi hal yang harus dilakukan oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari kebutuhan mencari pekerjaan dan menempuh pendidikan di luar negeri yang terus meningkat. Secara teori, cara sederhana belajar bahasa inggris bagi pemula memang sulit dilakukan. Terdapat banyak kata, jenis kalimat, cara pelafalan serta cara penulisan yang harus dipelajari. 

Ada beberapa cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. Dengan belajar yang tepat, kamu akan mudah meningkatkan keahlian berbahasa Inggris.

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Cara sederhana belajar bahasa Inggris yang tepat tentu menjadikan kamu lebih cepat belajar. Berikut adalah beberapa cara belajar bahasa Inggris bagi pemula yang sederhana dan cepat:

Belajar Kata-kata Untuk Percakapan Dasar / Basic Conversation

Memahami kata-kata dasar adalah langkah tepat sebelum kamu lebih jauh belajar bahasa Inggris. Hal tersebut juga sangat berguna untuk melakukan percakapan sehari-hari. Sebagai contoh, Thank you (Terima kasih), No Problem (Tidak masalah), dan masih banyak lagi.

Cara sederhana belajar bahasa Inggris bagi pemula seperti di atas terbilang sangat efektif. Kamu dapat memulai mengucapkan kata-kata dasar sebagai percakapan sehari-hari. Dari basic conversation, kamu dapat memahami kalimat sederhana yang sering digunakan dalam percakapan.

Baca Juga:
Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris untuk Remaja

Pahami Bentuk-bentuk Kata / Tenses

Bagian penting dan paling dasar ketika belajar bahasa Inggris adalah tenses atau bentuk kata. Tenses aslinya adalah sebuah bentuk kata kerja yang ada dalam bahasa Inggris dengan maksud memberi tahu kondisi waktu tertentu saat terjadi sebuah peristiwa.

Waktu yang dimaksud bisa mengenai masa lalu, masa sekarang atau masa kini, serta masa depan. Tenses terletak dibagian pertama atau di bab awal karena tenses memang dasar saat belajar bahasa Inggris. 

Jika tenses bisa kamu kuasai dan pahami kemungkinan akan membantu kamu pintar dalam bahasa Inggris sebanyak 60%. Tenses yang kamu pahami dengan baik akan membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris seperti menulis atau berbicara dengan benar.

Jadi, tenses adalah perpaduan atas dua komponen paling dasar sehingga tidak dapat dipisahkan antara waktu dan peristiwa. Bagian penting ini jangan sampai kamu lewatkan saat belajar bahasa Inggris agar kamu bisa berkomunikasi dengan baik dan benar.

Cara Pelafalan / Pronunciation Melalui Rekaman

Salah satu cara yang dibilang masih efektif untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula yaitu merekam suara saat pelafalan atau pronunciation. Dengan cara ini, kamu bisa mendengarkan dan menilai apakah kamu sudah benar atau belum dalam pelafalan. Kemampuan dalam belajar bahasa Inggris bisa ditingkatkan sesuai dengan target yang kamu inginkan.

Untuk merekam suara, kamu bisa memakai aplikasi gratis atau software yang banyak tersedia pada gadget. Rekam suara dan putar untuk mengetahui apakah sudah benar pelafalannya. Ulangi cara tersebut sampai kamu bisa menilai bahwa kamu telah mengucapkan kata dengan benar. Kamu pun bisa memanfaatkan bantuan fitur speaking dari Google Translate tanpa bayar.

Membeli Buku Belajar Bahasa Inggris

Jika kamu suka membaca buku, bisa membeli buku belajar bahasa Inggris agar membantu melancarkan berbahasa Inggris. Membaca buku adalah alternatif bagi kamu yang lebih suka irit karena tidak perlu membeli kuota untuk menonton YouTube.

Melatih Tata Bahasa / Grammar Dengan Cara Menulis Cerita

Grammar atau tata bahasa merupakan sebuah ilmu yang memiliki tujuan mempelajari beberapa kaidah yang mengatur tentang memakaian bahasa. Ilmu tersebut juga termasuk bagian dari bidang ilmu berguna dalam mempelajari bahasa yakni ilmu linguistik.

Seseorang harus mempelajari beberapa aturan yang sudah terstruktur mengenai susunan kalimat, pemakaian kata, sampai frasa yang dipakai yaitu dalam grammar. Terdapat 8 bagian yang ada pada grammar sering juga disebut part of speech.

Bagian-bagian yang ada pada grammar saling melengkapi agar menjadi sebuah kalimat. 8 bagian dari grammar yaitu pronoun (kata ganti), Noun (kata benda), Verb (kata kerja), Adjective (kata sifat), Adverb (kata keterangan), Determiner (kata pembatas), Preposition (kata depan), Conjunction (kata hubung). 

Belajar grammar yaitu dengan cara belajar menulis cerita yang pastinya menggunakan bahasa Inggris. Hal ini yang dilakukan oleh para pemula.

Kamu bisa menulis artikel yang singkat kira-kira sampai 300-500 kata untuk sehari, lalu kamu bisa meminta bantuan kepada saudara atau teman yang paham dengan bahasa Inggris agar membantu melakukan pengecekan artikel buatan kamu.

Agar peningkatan berbahasa Inggris semakin bagus, kamu bisa menulis artikel 1-2 sehari yang rutin selama satu bulan. Kamu juga bisa menulis cerita menggunakan bahasa Inggris secara baik dengan menerapkan beberapa tahapan mulai dari membaca cerita, mencatat kosakata, membaca kembali, menyusun pertanyaan, dan menceritakan ulang.

Baca Juga:
Tahap Awal Belajar Bahasa Inggris Dasar

Cara Belajar Bahasa Inggris di Tempat Kursus

Jika dalam waktu dekat kamu harus menguasai Bahasa Inggris dengan tujuan lebih serius, seperti syarat kerja atau kuliah, cara sederhana belajar bahasa inggris saja tidak cukup. Kamu harus melakukan hal yang lebih, yaitu dengan memilih belajar di tempat kursus Bahasa Inggris.

ICAN English akan memberikan solusi tepat dengan banyak pilihan program kursus untuk banyak kalangan. Anak-anak, pelajar remaja, hingga karyawan bisa memilih program kelas yang kami sediakan dengan metode belajar yang intensif dan interaktif.

Dengan cara belajar yang menyenangkan, tutor yang profesional akan merancang materi pembelajaran sesuai kebutuhan personal. Dengan cara inilah, kamu bisa melatih keterampilan berbahasa Inggris sesuai target.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi