5 Tahap Awal Belajar Bahasa Inggris Dasar

5 Tahap Awal Belajar Bahasa Inggris Dasar

Tahap awal belajar Bahasa Inggris dimulai dari dasar. Apabila kamu ingin belajar Bahasa Inggris, memulai dari dasar akan membantu agar kamu bisa lebih paham dengan kalimat yang lebih rumit.

Kamu bisa belajar grammar Bahasa Inggris dan percakapan. Jika sudah memahami apa saja tahap dasar tersebut, akan lebih mudah untuk mempelajari materi berikutnya.

5 Tahap Awal Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris terbilang rumit jika kamu belum memahami tingkatan dasar. Berikut adalah tahapan dasar dalam Bahasa Inggris yang harus kamu pelajari:

1. Tenses

Bentuk kata atau tenses adalah elemen paling mendasar untuk belajar Bahasa Inggris. Tenses merupakan kata kerja yang berguna untuk menggambarkan kondisi terjadinya suatu peristiwa berdasarkan waktu. Misalnya, waktu di masa lalu, di masa sekarang, dan di masa depan.

Memahami tenses adalah hal paling dasar dalam belajar Bahasa Inggris. Tenses sering menjadi materi yang ditampilkan di halaman depan pada berbagai macam buku panduan belajar Bahasa Inggris. 

Jika kamu bisa memahami seluruh tenses yang ada, maka kamu sudah mampu memahami 60% penggunaan Bahasa Inggris. Terdapat hingga 16 tenses yang harus kamu pelajari.

2. Belajar Listening

Setelah belajar tenses, tahap berikutnya yang harus kamu pelajari adalah listening atau keterampilan mendengarkan. Listening adalah skill dalam Bahasa Inggris yang dapat diterapkan dalam mendengarkan berbagai kosakata.

Jika kamu memiliki pemahaman listening yang baik, maka kamu akan terbiasa dengan berbagai istilah asing. Kamu juga dapat memahami apa yang disampaikan oleh orang lain dalam Bahasa Inggris.

3. Belajar Reading

Apabila sudah menguasai keterampilan listening, hal selanjutnya yang harus ditingkatkan adalah keterampilan membaca atau reading. Kamu bisa memulai belajar membaca beberapa kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris.

Salah satu contoh teks untuk belajar Reading adalah descriptive text. Semakin banyak teks yang kamu baca, maka akan meningkatkan kepekaan dalam memahami struktur kata berbahasa Inggris.

Membaca juga meningkatkan jumlah kosakata yang akan kamu kuasai. Hal ini karena ketika sedang membaca, kamu akan menemukan beberapa kosakata baru.

Semakin sering membaca juga akan memberikan lebih banyak referensi. Sehingga, kamu bisa mengoreksi atau melatih keterampilan menulis berbahasa Inggris. Hal ini akan memberikan banyak manfaat, terutama dalam keterampilan Bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari.

4. Menulis

Tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebagai pemula dalam Belajar Bahasa Inggris adalah latihan menulis. Writing adalah keterampilan menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sesuai untuk menghasilkan kalimat yang dapat dipahami.

Seseorang yang memiliki keterampilan menulis Bahasa Inggris akan lebih mudah mengoreksi kalimat yang kurang tepat. Misalnya, kamu bisa belajar menulis kalimat aktif, kalimat pasif, kalimat negatif, kalimat positif, dan lainnya.

Jadi, keterampilan menulis akan kamu dapatkan kalau kamu sudah menguasai tiga skill sebelumnya, yaitu tenses, listening, dan reading. Jika sudah mahir menulis, tahap selanjutnya yang dapat dipelajari adalah keterampilan berbicara atau speaking.

5. Speaking

Untuk pemula, berbicara dalam Bahasa Inggris mungkin akan sangat menantang, mengapa? Hal ini karena belum terbiasa berbicara Bahasa Inggris. Sehingga, akan merasa kurang percaya diri karena takut salah.

Padahal, metode belajar untuk meningkatkan keterampilan speaking adalah dengan memaksa diri sendiri untuk mulai berbicara. Kamu bisa memulainya dengan berbicara di depan cermin. Atau, kamu juga dapat menggunakan beberapa frasa bahasa Inggris ketika sedang berinteraksi dengan keluarga ataupun teman.

Baca Juga:
Game Bahasa Inggris untuk Melatih Reading

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Sebagai pemula, tahap awal belajar Bahasa Inggris di atas bukanlah cara yang mudah dilakukan. Jika tidak mempunyai komitmen, kamu akan mudah merasa putus asa dan berhenti belajar Bahasa Inggris di tengah jalan.

Pemula seharusnya belajar dengan cara memiliki partner atau tutor yang akan mengarahkan proses pembelajaran jadi lebih mudah. Seorang tutor paham tentang apa saja tahap dan kegiatan belajar yang tepat untuk membantu pemula. Misalnya, dengan memilih materi sesuai level kemampuan belajar secara bertahap.

Inilah alasan mengapa seorang pemula sebaiknya ikut kursus Bahasa Inggris di tempat yang tepat. Tutor yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi mengajar mampu memecahkan masalah atau kesulitan yang dihadapi oleh pemula. Untuk itu, kamu bisa langsung gabung di kelas General English ICAN English. Semua tahap awal belajar akan lebih mudah bersama kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web