catatan tentang simple present tense

Catatan Tentang Simple Present Tense

Catatan tentang simple present tense yang harus diketahui oleh setiap orang yang tengah mempelajari bahasa inggris. Simple present tense sendiri merupakan bentuk tenses yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari ketika kamu mulai berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Sehingga, penting untuk memahami bentuk tenses ini.

Meskipun bentuk kalimat ini sering digunakan untuk berkomunikasi, tetapi dalam penerapannya tentu tidak boleh asal dan ada aturannya. Ketika kamu asal berbicara menggunakan simple present tense, maka bisa jadi apa yang kamu ucapkan tersebut memiliki makna yang berbeda dengan apa yang hendak kamu utarakan.

Catatan Tentang Simple Present Tense yang Perlu Diperhatikan

Untuk mengenali suatu kalimat merupakan simple present tense, terdapat berbagai cara yang bisa digunakan. Penting untuk kamu mengenali cara-cara tersebut agar tak salah menggunakannya. Materi ini perlu diketahui agar kamu dapat mempelajari materi lainnya yang lebih rumit. Kursus bahasa Inggris di ICAN English bisa membantu kamu belajar berbagai materi bahasa Inggris dari mulai yang mudah hingga sulit.

Di bawah ini merupakan berbagai catatan tentang simple present tense yang perlu dipahami.

Simple Present Tense Memiliki Dua Jenis Berbeda

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya kalimat simple present tense memiliki dua jenis berbeda. Jenis, kalimat simple present tense yang pertama yakni bentuk verbal. Pada bentuk ini kamu tidak usah menggunakan to be ketika hendak membuat kalimatnya. To be tersebut diganti menjadi verb, rumusnya yaitu; subjek + verb 1 (-s/es) + objek.

Jenis simple present tense yang kedua yaitu bentuk nominal. Sebaliknya, pada jenis ini tidak menggunakan verb dalam pembentukan kalimatnya, melainkan menggunakan to be setelah subjek. Untuk lebih memahaminya kamu bias menyimak rumus berikut; subjek + to be (am/are/is) + objek.

Waktu Penggunaan Simple Present Tense

Catatan mengenai simple present tense berikutnya yaitu, tentang keterangan waktu yang digunakannya. Seperti namanya, present yang berarti saat ini, maka keterangan waktu yang digunakan dalam pembentukan kalimat ini juga menunjukan waktu sekarang. Sehingga, kalimat ini kerap digunakan untuk menunjukan suatu peristiwa atau kegiatan yang sedang terjadi.

Ciri-Ciri Kalimat Simple Present Tense

Selanjutnya, untuk lebih memahami terkait simple present tense, kamu perlu tahu mengenai ciri-ciri pembentuk kalimatnya. Ciri yang pertama yaitu, predikat yang ada dalam simple present tense berbentuk bare infinitive, yang berarti untuk kata kerja orang ketiga dalam bentuk kalimat ini menggunakan akhiran huruf is, dan ies

Ciri yang kedua yaitu, untuk bentuk kalimat verbal, kalimat Tanya diawali dengan kata do/does sesuai dengan subjek yang digunakan. Kata do untuk subjek I, you, we, they dan kata does untuk subjek he, she, it. Sedangkan, untuk bentuk kalimat nominal kalimat Tanya diawali oleh to be am, are, atau, is.

Fungsi Simple Present Tense

Catatan tentang simple present tense selanjutnya yaitu, kalimat simple present tense memiliki berbagai fungsi. Pertama, kalimat ini digunakan untuk mengungkapkan ekspresi atau perasaan. Kemudian, kalimat ini juga berfungsi untuk menyatakan suatu perintah atau instruksi.

Fungsi lain dari kalimat ini yaitu sebagai suatu ungkapan yang digunakan untuk menyatakan suatu acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Kemudian, simple present tense juga digunakan untuk menyatakan suatu kebenaran umum, dan sebagai kalimat yang memperlihatkan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan di kehidupan sehari-hari.

Kegunaan Simple Present Tense

Selanjutnya, kalimat simple present tense memiliki berbagai kegunaan. Pertama, kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang rutin atau berulang yang merupakan suatu kebiasaan. Berikutnya, kalimat ini juga digunakan untuk menyatakan sebuah kebenaran umum yang tidak terbantahkan dan semua orang sepakat akan hal tersebut.

Kegunaan selanjutnya yaitu, untuk menuliskan sebuah rencana atau jadwal yang akan dilakukan di masa depan. Lalu, bisa juga digunakan untuk membuat kalimat yang berisikan perintah atau instruksi, dan untuk menyatakan suatu perasaan yang bersifat emosi atau pikiran.

Baca Juga:
Pelajaran Bahasa Inggris Simple Present Tense

Contoh Kalimat Simple Present Tense

Setelah mengetahui berbagai penjelasan mengenai kalimat simple present tense, berikutnya kamu juga perlu tahu mengenai contoh kalimatnya. Pertama untuk bentuk simple present tense verbal contohnya; I go to school everyday by bus (saya pergi ke sekolah setiap hari dengan bus). Verb  yang digunakan dalam kalimat tersebut yaitu go.

Selanjutnya, untuk bentuk kalimat simple present tense nominal yang menggunakan to be setelah subjek. Contohnya; we are in the same school (kami dari sekolah yang sama). To be yang digunakan dalam kalimat tersebut menggunakae are untuk menunjukan subjek yang jamak yaitu we (kami)

Dengan mengetahui berbagai catatn tentang simple present tense, maka kamu akan lebih paham terkait konsep penggunaanya. Selain itu, kamu juga bisa membedakan kalimat ini dengan melihat berbagai ciri-ciri yang terkandung dalam struktur pembentuk pola kalimatnya. Sehingga, akan lebih memudahkan proses belajar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi