pelajaran bahasa inggris simple present tense

Pelajaran Bahasa Inggris Simple Present Tense

Pelajaran bahasa inggris simple present tense bagi sebagian pelajar terlihat mudah, tetapi cukup membingungkan. Tidak sedikit yang harus mengingat-ingat rumus tenses ketika melihat soal simple present muncul saat ujian.

Jika kamu kebingungan dalam mengerjakan soal, hal tersebut bisa terjadi karena kurang latihan. Padahal, untuk menguasai sebuah bahasa, kamu tidak boleh menghafalkannya, tetapi justru menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-Ciri Simple Present Tense

Simple present tense yaitu bentuk tenses yang bisa kamu gunakan untuk pembahasan sesuatu yang sifatnya umum, berulang-ulang, atau kebenaran umum. Simple present tenses juga merupakan tenses yang paling populer, karena paling sering dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Tanda suatu kalimat menggunakan simple present tense dapat dilihat dari penggunaan kata kerja dasar atau verb 1. Simple present tense juga dapat digunakan dalam dua jenis pola kalimat, yaitu verbal dan nominal simple lresent tenses. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri-ciri dalam simple present tense:

  • Kata kerja atau verb yang digunakan pada kalimat simple present tense bentuknya adalah Bare Infinitive. Maksud dari bentuk tenses tersebut adalah kata kerja orang ketiga, dengan akhiran kalimat huruf -s, -es, atau -ies.
  • Apabila dalam bentuk kalimat verbal terdapat kalimat tanya, kamu harus menambahkan kata do/does. Lalu, tambahkan juga subject. Sedangkan pada kalimat nonverbal, harus diawali dengan adanya to be yaitu: am, is, dan are.
  • Pada kalimat simple present tense berbentuk negatif, perlu adanya penambahan do not atau don’t dan juga does not atau doesn’t. Apabila terdapat kata kerja berakhir dengan huruf s/es/ies, maka harus benar-benar dihilangkan.

Baca Juga:
Past Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh

Rumus dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Dalam pelajaran bahasa inggris simple present tense, kamu juga pasti akan belajar tentang rumus tenses tersebut. Agar lebih mudah mempelajarinya, ICAN English sebagai tempat kursus Bahasa Inggris akan membagikan informasi lengkap tentang rumus dan contoh kalimatnya.

Simple present tense sendiri dibagi dalam bentuk verbal dan nominal simple present. Disebut verbal simple present tense apabila menggunakan verb yang menunjukkan tindakan atau aksi. Sedangkan untuk nominal simple present tense menggunakan kata kerja to be, atau be.

Verbal Simple Present Tense

Berikut adalah rumus dalam verbal simple present tense:

Kalimat positif: Subject + V1 (-s/-es) + Object

Kalimat negatif: Subject + Do/ Does + Not + V1 + Object

Kalimat tanya: Do/Does + Subject + V1?

Berikut adalah contoh penggunaan verbal simple present tense:

(+) Joanna buys a drone

(-) Joanna does not buy a drone

(?) Does Joanna buy a drone?

Gunakan akhiran s/es untuk kata kerja apabila subject dalam kalimat adalah: He, She, dan It.

Baca Juga:
Cara Penggunaan Simple Present Tense

Nominal Simple Present Tense

Sedangkan untuk rumus nominal simple present adalah berikut:

Kalimat positif: Subject + to be (am/is/are) + Object

Kalimat negatif: Subject + to be (am/is/are) + NOT + Object

Kalimat tanya: To be (am/is/are) + Subject + V1?

Contoh kalimat nominal simple present yaitu:

  • Joanna is a song writer
  • Joanna is not a song writer
  • Is Joanna a song writer?

Gunakan am untuk subject I

Is untuk subject He, She, dan It

Sedangkan are untuk subject I, You, They, dan We.

Itulah penjelasan lengkap tentang pelajaran bahasa inggris simple present tense. Kamu bisa menguasai materi ini dengan singkat dan cepat apabila ikut gabung dalam kelas Bahasa Inggris.

Tentang Simple Present Tense

Simple present (disebut juga present simple atau present unlimited) adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan pengulangan, kebiasaan, atau generalisasi. Yang lebih jarang, simple present dapat digunakan untuk membicarakan tindakan yang dijadwalkan dalam waktu dekat dan, dalam beberapa kasus, tindakan yang sedang terjadi saat ini.

Simple present hanyalah bentuk dasar dari kata kerja. Soal dibuat dengan do dan bentuk negatif dibuat dengan do not.

Pada orang ketiga tunggal, ditambahkan -s atau -es. Pertanyaan dibuat dengan tidak dan bentuk negatif dibuat dengan tidak.

Simple present juga dapat menunjukkan bahwa pembicara yakin bahwa suatu fakta pernah benar, benar saat ini, dan akan benar di masa depan. Tidak penting apakah pembicara benar mengenai faktanya. Ini juga digunakan untuk membuat generalisasi tentang orang atau benda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.