cek hasil tes ielts online

Tips Cek Hasil Tes IELTS Online

Sep 20, 2022 | IELTS

Saat telah selesai melakukan tes IELTS, maka kamu hanya tinggal menunggu skor atau hasilnya. Untuk mendapatkan hasil IELTS, biasanya akan membutuhkan waktu. Terlebih jika tesnya dilakukan secara offline atau paper based test. Walau begitu, kamu bisa mulai memperhitungkan hasil IELTS. Kamu perlu mengetahui tips cek hasil tes IELTS online. 

Hasil atau skor IELTS menjadi bagian yang paling penting. Pasalnya, tujuan utama IELTS adalah untuk mendaftar ke suatu perusahaan atau perguruan tinggi. Adapun aspek yang dinilai adalah dari skor atau hasil IELTS. Oleh sebab itu, yang dibutuhkan memanglah hasil atau skornya.

Baca Juga: BERAPA LAMA HASIL TES IELTS KELUAR?

Tips Cek Hasil Tes IELTS Online dengan Perhitungan Manual

Kamu tidak langsung mendapatkan skor setelah selesai mengerjakan tes. Karena diharuskan menunggu beberapa hari. Untuk tes yang dilakukan secara online, biasanya harus menunggu sekitar 3 sampai dengan 5 hari. Sedangkan untuk paper based test, diharuskan menunggu sekitar 13 hari. Inilah beberapa tips mengetahui hasil tes IELTS secara manual.

Tips cek hasil tes IELTS online dengan memperkirakan skor bisa kamu coba. Jika masih penasaran dengan hasil akhir yang belum diumumkan. Untuk mendapatkan skor maksimal, sebaiknya carilah lembaga yang menyediakan kelas IELTS sekaligus tes resminya. Salah satu rekomendasinya adalah lembaga ICAN English yang memiliki program cukup lengkap.

1. Tips Cek untuk Hasil Listening IELTS

Tips cek hasil tes IELTS online adalah untuk skill listening. Jika nilai atau skor kamu belum keluar dari lembaga penyedia tes. Maka, kamu bisa mencoba memperkirakannya terlebih dahulu. Saat mengerjakan IELTS, tentunya kamu mempunyai perhitungan mana saja jawaban yang sudah pasti benar, ragu, dan salah. Perkiraan itu bisa kamu sesuaikan dengan band IELTS.

Jika jawaban benar 39-40, maka skor atau band IELTS yang didapatkan adalah 9. Untuk jawaban benar 37-38, skornya 8.5. 35-35 skornya 8, 32-34 adalah 7.5, sedangkan 30-31 yaitu 7. Lalu, adapun jawaban benar 26-29 yaitu 6.5, untuk 23-25 adalah 6, dan 18-22 skornya 5.5. Jawaban benar 16-17 skornya 5, 13-15 adalah 4.5, sedangkan 11-12 yaitu 4.

2. Tips Cek untuk Hasil Reading IELTS

Berikutnya adalah tips untuk mengecek soal reading yang terdiri dari 40 soal. Sama halnya seperti listening, reading pun skor maksimalnya adalah 9. Sedangkan untuk skor paling minimalnya adalah 3. Jika perkiraan jawaban benar adalah 39-40, maka skornya 9. Untuk 37-38 adalah 8.5, 35-36 yaitu 8, sedangkan 33-34 sebesar 7.5. Skor 7 untuk jawaban benar 30-32.

Untuk skor 6.5, didapatkan jika jawaban benar adalah 27-29. Untuk jawaban benar 23-26 skornya adalah 6, 19-22 yaitu 5.5, dan 15-18 mendapatkan band 5. Skor yang cukup kecil didapatkan oleh jawaban benar 13-14 yaitu 4.5, 10-12 adalah 4, dan 3.5 untuk 8-9. Sedangkan untuk skor paling kecil yang didapatkan adalah 3, jika jawaban benar 6-7.

3. Hasil Speaking IELTS

Tips cek hasil tes IELTS online berikutnya untuk skill speaking. Pada skill ini, penilaian biasanya tergantung pada penguji reading. Karena akan terdapat beberapa kriteria yang akan dinilai. Diantaranya adalah respons untuk tugas 1 dan 2, kosakata, kelancaran berbicara, serta pronunciation. Hal tersebut menjadi penilaian utama di speaking.

Untuk skornya masih sama seperti dua skill lainnya. Skornya akan dinilai mulai dari band 1 sampai dengan 9. Semakin tinggi penilaian yang kamu dapat di setiap kriteria. Maka, akan semakin besar juga band yang didapatkan, bahkan bisa mencapai 8 atau 9.

4. Hasil Writing IELTS

Untuk skill writing, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan speaking. Penilaian biasanya tergantung penguji saat melakukan tes IELTS. Kriteria penilaiannya pun tidak jauh berbeda. Hanya saja, di writing biasanya akan terdapat penilaian untuk koherensi bahasa. Artinya, kalimat dan paragraf yang ditulis harus mudah dimengerti dan tidak rancu.

Baca Juga: CIRI SERTIFIKAT TOEFL ASLI DAN TERDAFTAR

5. Kategori Band IELTS

Nilai dari keempat skill di atas nantinya akan diakumulasikan untuk menemukan skor akhir. Skor akhir mulai dari 0 sampai 9. Setiap skor terdapat kategorinya masing-masing. Untuk skor 0-2 dikategorikan sebagai jarang menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan untuk skor 7-9 dikategorikan sebagai orang yang memang kompeten dalam bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

IELTS merupakan tes ujian berbasis bahasa Inggris untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui secara global. Pasalnya, ujian ini memiliki tingkatan yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan tes lainnya. Sehingga diperlukan belajar yang ekstra seperti kursus. Salah...

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara belajar IELTS dalam 3 bulan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti latihan percakapan, menulis, dan mendengarkan berbagai kosa kata dalam berbagai aksen bahasa Inggris. Terdapat pula berbagai metode yang bisa kamu lakukan dalam mempelajari IELTS dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH